Pesona Wisata Pulau Moyo, Permata Tersembunyi di NTB yang Bikin Mata Nggak Berkedip

11 September 2019, at 15:00
0
0
Pesona Wisata Pulau Moyo, Permata Tersembunyi di NTB yang Bikin Mata Nggak Berkedip

Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa sedang menjadi sorotan. Pasalnya, di wilayah ini serangkaian acara yang tergabung dalam Festival Pesona Moyo 2019 tengah dilakukan. Tepatnya tanggal 9 sampai 16 September, acara tersebut menyuguhkan keindahan alam dan budaya di Pulau Moyo.

Bicara soal Pulau Moyo, kamu pernah mendengarnya nggak sih? Bisa dibilang, tempat ini ibarat surga tropis di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan saking cantiknya, Putri Diana dan Mick Jagger sempat mampir ke tempat ini.

Lalu, sebenarnya ada apa saja sih di Pulau Moyo, sampai tempat wisata di NTB ini turut menarik perhatian para pesohor dunia? Intip yuk ulasan di bawah ini supaya tahu lebih banyak tentang destinasi ini!

1. Takat Sagele

takat sagele
instagram.com/ijonk_re

Tepatnya di kawasan Labuan Aji Takat Sagele berada. Musim kemarau adalah waktu paling tepat untuk mengunjunginya. Hal tersebut karena ombaknya lebih tenang. Kamu pun bisa santai di atas gundukan karang dan pasir putih nan unik di sini.

Lebih lengkap lagi kalau bisa menyentuh airnya yang menyegarkan plus jernih. Di wisata NTB ini, kamu juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut, menikmati syahdunya senja dan suasana tenang di kawasan pesisir.

Fyi, saat air laut sedang pasang, Takat Sagale cuma terlihat di bagian ujungnya Sedangkan saat surut bakal terlihat gundukan setinggi 2 meter. Oleh karena itu, waktu paling pas untuk datang ke lokasi saat pagi atau siang hari.

2. Air Terjun Mata Jitu

air terjun mata jitu
instagram.com/masteguh78

Wisata Nusa Tenggara Barat yang juga sering dijuluki dengan sebutan Queen Waterfaal ini sempat dikunjungi mendiang Putri Diana, lho. Pesonanya memang memukau sih. Bentuknya pun unik, dan terbentuk kolam alami dan bisa digunakan untuk berenang.

Letak air terjun ini tersembunyi di balik Hutan Pulau Moyo. Untuk mencapainya, kamu perlu sewa perahu nelayan ke Desa Ai Bari dengan waktu tempuh sekira 2 jam perjalanan. Dari Desa Ai Bari, kamu masih perlu naik ojek motor selama 20 menit waktu perjalanan atau jalan kaki kurang lebih selama 1,5 jam.

3. Air Terjun Diwu Mbai

air terjun diwu mbai
instagram.com/yanu_unay

Selain Air Terjun Mata Jitu, wisata di Pulau Moyo ini juga nggak kalah cantik. Namanya Air Terjun Diwu Mbai. Bentuknya pun cukup unik, meski undakannya nggak sebanyak Air Terjun Mata Jitu.

Di sekeliling air terjun yang terletak di Labuan Aji, barisan pepohonan berumur puluhan tahun yang tinggi menjulang bakal tersaji di hadapanmu. Menariknya, di sini ada ayunan tali tambang diikat di salah satu pohon dekat air terjun. Kalau berani, kamu bisa terjun dengan menggunakannya. Biar mirip adegan di film "Tarzan" atau "The Jungle Book" gitu!

Baca juga: Bebaskan Jiwa Petualangmu di 4 Ayunan Atas Air Ini, Semuanya Ada di Indonesia Lho!

4. Pantai Tanjung Pasir

tanjung pasir moyo
instagram.com/ers_ega

Selain di Tangerang, Banten, Pantai Tanjung Pasir ternyata juga ada di Pulau Moyo. Tempat wisata di Sumbawa ini nggak kalah cantik. Garis pantainya panjang dan keindahan alam bawah lautnya pun memesona.

Beda dari wilayah pesisir di Tangerang, Pantai Tanjung Pasir di Moyo ini punya hamparan pasir putih yang luas. Air lautnya biru dan jernih. Saat berada di sini, kamu bisa sekadar main air di pinggiran atau coba menyelam sambil menyapa para 'penghuni' lautan.

5. Air Terjun Sengalo

air terjun sengalo
instagram.com/denzbeau

Kalau air terjun di Nusa Tenggara Barat ini belum terlalu banyak diekspor di media sosial. Meski begitu, Sengalo recommended untuk kamu kunjungi saat berada di Pulau Moyo.

Perjalanan menuju Air Terjun Sengalo memang nggak mudah. sKamu harus menyisir pantai menuju Desa sebotok, lalu lanjut naik motor dan jalan kaki selama kurang lebih 30 menitan.

Meski terkesan melelahkan, begitu sampai di lokasi, nggak ada kata penyesalan. Tempatnya masih asri. Di sini pun ada kolam alami untuk bisa berenang dan berendam dengan air yang menyegarkan.

6. Pantai Poto Jarum

pantai poto jarum
instagram.com/nurul_firdha

Ciri khas dari Pantai Poto Jarum ini adanya bebatuan besar yang mudah ditemui di sekitar bibir pesisir. Karena termasuk wilayah yang dilindungi, maka kamu nggak bakal menemukan bangunan di sekitarnya. Ombak di kawasan pesisir ini tenang. Keindahan alamnya pun cantik. Cocok banget buat snorkeling.

Untuk mencapai lokasi, diperlukan waktu kurang lebih selama 60 menit dengan perahu nelayan jika berangkat dari Pantai Tanjung Pasir.

Itu dia beberapa wisata Pulau Moyo yang bisa kamu kunjungi sambil menyaksikan Festival Pesona Moyo 2019. Gimana, tertarik mampir ke destinasi air terjun atau pantai dulu nih?

0 Comment