Pilihan Kuliner Banyuwangi untuk Dicoba pas Liburan Nanti

19 September 2018, at 03:01
0
0
Pilihan Kuliner Banyuwangi untuk Dicoba pas Liburan Nanti

Banyuwangi kini sedang bersaing ketat dengan Bali. Sama-sama memiliki objek wisata unggulan, kini kabupaten di ujung Jawa Timur ini juga mulai terkenal dengan budaya dan juga kulinernya yang lezat memikat. Dalam satu tahun saja ada puluhan acara wisata dan budaya yang diselenggarakan lho!

Nggak heran jika kini penerbangan ke Banyuwangi semakin banyak. Aksesnya jadi mudah, kamu bisa jadwalkan untuk liburan ke sana. Jangan lupa juga cicipin kuliner enak yang wajib dicoba. Unik-unik dan rasanya juga cocok di lidah orang Indonesia pada umumnya. Wah apa saja ya? Langsung cari tahu di bawah ini:

Baca juga: 10 Makanan Khas Pacitan Dengan Citarasa Khas, Ngangenin!

1. Sego Tempong

sego tempong
instagram.com/annelesmana

Makanan khas Banyuwangi yang pertama adalah, sego tempong. Seperti nasi campur yang terdiri dari nasi hangat, sayur rebus, terong goreng, tempe goreng, sambal, dan ikan laut. Dijamin deh bisa menghipnotis banyak pengemar penyetan sambal yang maknyus dan pedas.

Berlokasi di : Jalan Kolonel Sugiono no.16, Kertosari.

Buka dari : 09:00-22:00 Wib

2. Sego Cawuk

sego cawuk
instagram.com/ammamamo

Legenda Banyuwangi bukan hanya berupa cerita yang asik untuk didengarkan, namun juga kuliner legendaris yang ada. Nasi yang disajikan khas dengan kuah dan parutan kelapa parut yang dicampur menjadi satu. Sebagai lauknya ada pilihan, pepes, dendeng, telur atau cecek. Nggak lupa juga kerupuk yang makin menambah renyah suasana makan. Paling terkenal sego cawuk bu Mantih.

Berlokasi di : Jalan Kalimas, Singonegaran.

Buka dari : 06:00-19:28 Wib.

3. Sego Bungkus

sego bungkus
instagram.com/no_em14n

Sego bungkusan, satu lagi kuliner khas Banyuwangi yang wajib dicoba. Walau diseluruh daerah di Indonesia ada banyak nasi bungkus lainnya, tapi setiap kota punya ciri khasnya masing-masing. Ada telur bumbu bali yang pedas, ikan asin, kering tempe, dan tahu dengan sambal yang pedas. Bisa juga ditambahi gudeg yang manisnya khas banget. Biasanya dihargai hanya enam ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Warung Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer, Jalan Jend. Sudirman, Panderejom Penganjuran.

Buka dari : 07:00-23:00 Wib

4. Pecel Pitik

pecel pitik
instagram.com/sandraasilvera

Pecel pitik ini dulunya bisa ditemui saat acara syukuran saja. Kini, sudah banyak penjual pecel pitik di pinggir jalan. Masakan khas yang mengolah ayam kampung dengan parutan kelapa muda, dihidangkan suwar-suwir. Jadi makannya enak dan praktis tanpa harus memisahkan tulang dari daging ayamnya. Nggak lupa juga bumbu pecel kacang yang pedas menambah rasa nagih di lidah.

Berlokasi di : Dusun Krajan, Kemiren.

Buka dari : -

Baca juga: Menikmati Wisata Lumajang, Jangan Lupa Cicipi Masakan khas Kota Pisang

5. Pecel Rawon

pecel rawon
instagram.com/horizonhoman

Masakan khas Banyuwangi selanjutnya masih seputar nasi. Nasi pecel rawon, sudah ada yang pernah mencobanya? Nasi pecel dengan lauk pauk dan bumbu kacang pada umumnya, hanya saja ditambah dengan kuah rawon dan irisan daging sapi. Rasanya pasti unik dan berbeda dari kuliner khas daerah lain.

Berlokasi di : RM Pecel Ayu, Jalan Adi Sucipto, Sobo.

Buka dari : 07:00-22:00 Wib.

6. Rujak Soto

rujak soto
instagram.com/yuwonooktav

Waduh, ternyata masih ada lagi kuliner khas Banyuwangi yang memadukan dua menu masakan dalam satu piring. Rujak soto contohnya, masakan ini juga ada di Madura. Hanya saja isian lebih banya, irisan daging sapi dan babat yang empuk. Bumbu rujaknya menggunakan petis hitam dengan potongan lontong. Isian sayur mayurnya juga melimpah. Biasanya dihargai sekitar dua puluh ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Basuki Rahmat no.113, Singotrunan.

Buka dari : 09:00-21:00 Wib.

7. Pindang Koyong

pindang konyong
kopiwangi.co.id

Belajar legenda Banyuwangi tentang asal usul nama kota memang menyenangkan, apalagi kalau belajarnya langsung dari warga aslinya. Berkunjung ke sana, pasti akan disuguhi pindang koyong yang dimasak dengan kuah bening belimbing wuluh dan cabai rawit. Pedas asam, wajib diwaspadai buat sobat Qupas yang punya asam lambung. Nikmat rasa kuahnya yang bikin nagih banget, bikin susah sadar diri. Enak!

Berlokasi di : Ikan Bakar Kaisar, Jalan Kepiting, Sobo.

Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

8. Sale Pisang

sale pisang
instagram.com/herlin.lay

Setelah mendengarkan banyak cerita Legenda Banyuwangi, sambil mencicipi camilan sale pisang yang manis legit. Kuliner khas Banyuwangi banget nih, manis rasanya bisa dinikmati dalam tiga aneka, ada yang gulung, goreng, dan basah. Jadi nggak bakal bosen menikmatinya deh.

Berlokasi di : Jalan KH. Agus Salim no.12A, Taman Baru.

Buka dari : 08:00-22:00 Wib.

Sudah dapat cerita Legenda Banyuwangi apa saja? pasti banyak ya, apalagi kalau sambil makan kuliner khas. Jadi makin penasaran dan banyak makan. Nggak papa, kan makin banyak ilmu juga yang didapatkan.

0 Comment