Pilihan Olahraga Aman untuk Penderita Penyakit Jantung yang Bisa Kamu Lakukan

25 September 2019, at 10:00
0
0
Pilihan Olahraga Aman untuk Penderita Penyakit Jantung yang Bisa Kamu Lakukan

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Akan tetapi, nggak semua orang memiliki kondisi tubuh yang mendukung untuk melakukan hal tersebut.

Beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung justru menjadikan olahraga sebagai kegiatan berbahaya dan bisa berakibat fatal. Padahal, kegiatan tersebut juga bisa membuat kondisi fisik penderita membaik apabila dilakukan secara tepat dan benar lho.

Berikut ini beberapa pilihan olahraga aman bagi penderita penyakit jantung yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa melakukan pemanasan ya!

1. Berjalan Kaki

jalan kaki
picpanzee.com

Mengutip dari American College of Sport Medicine, olahraga paling mudah yang dapat dilakukan oleh pasien penyakit jantung adalah jalan kaki.

Olahraga tersebut dapat menggerakkan hampir seluruh tubuh. Membiasakan diri untuk berjalan di pagi hari selama 30 menit bisa menurunkan risiko metabolik seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

2. Bersepeda Santai

bersepeda
pexels.com/@elina-sazonova-912559

Selain berjalan kaki, penderita penyakit jantung juga bisa melatih fisik dengan melakukan olahraga sepeda santai.

Merupakan olahraga yang nggak terlalu berat, kegiatan tersebut dapat membuat otot jantung bekerja dengan intensitas ringan sehingga nggak berakibat fatal.

3. Meditasi

meditasi
pexels.com/@theformfitness-446016

Olahraga aman bagi penderita penyakit jantung lainnya adalah meditasi. Meskipun bukan merupakan kegiatan yang melatih otot, namun aktivitas tersebut punya banyak kebaikan untuk kesehatan.

Meditasi berguna untuk mengatur intensitas napas dan membuat tenang batin serta pikiran.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini 5 Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Kasur

4. Aerobik

aerobik
stylecraze.com

Aerobik merupakan olahraga yang melibatkan gerak otot besar tubuh dengan gerakan-gerakan yang energik namun nggak membuat kerja jantung terbebani.

Olahraga ini nggak hanya meliputi jalan kaki, namun juga berenang, senam, naik-turun tangga, dan lain sebagainya yang memperkuat jantung dan otot-otot tubuh.

5. Angkat Beban

angkat beban
hellosehat.com

Tahukah kamu, ternyata angkat beban merupakan salah satu olahraga yang disarankan bagi penderita penyakit jantung lho.

Penelitian menunjukkan bahwa mengangkat beban dalam satu jam setiap minggu dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa pilihan olahraga bagi penderita penyakit jantung yang aman dan dapat dilakukan. Kamu mau coba yang mana?

0 Comment