Pola Asuh yang Nggak Pas Bisa Bikin Anak Obesitas, Begini Penjelasannya

19 September 2019, at 17:00
0
0
Pola Asuh yang Nggak Pas Bisa Bikin Anak Obesitas, Begini Penjelasannya

Pola asuh anak ternyata nggak hanya berpengaruh pada perkembangan dan pembentukan karakternya saja, melainkan juga pada kondisi fisik si buah hati.

Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa pola asuh yang nggak tepat bisa menjadi salah satu penyebab obesitas, lho!

Penelitian gabungan yang dilakukan oleh UNICEF, WHO, dan ASEAN pada tahun 2016 menyebutkan bahwa Indonesia memiliki persentasi sebesar 12 persen untuk anak obesitas. Cukup banyak ya?

anak makan
time.com

Obesitas sendiri terjadi saat berat badan jauh melebihi berat normal yang diagnosisnya harus dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, kondisi tersebut sangat berbahaya karena bisa membuat si kecil mengalami stres dan terserang berbagai penyakit kronis.

Orang tua perlu ingat bahwa obesitas berbeda dari kelebihan berat badan biasa dan ada banyak faktor yang dapat memengaruhinya.

Baca Juga: 4 Penyebab Balita Mogok Makan yang Perlu Orang Tua Ketahui, Apa Saja Ya?

Pola asuh memanjakan anak dengan menuruti segala permintaannya merupakan salah satu yang perlu diwaspadai. Hal tersebut termasuk membebaskan si kecil untuk mengonsumsi segala makanan dengan hanya memberikan uang jajan tanpa diimbangi dengan pengarahan.

anak obesitas
thehealthcaretoday.com

Nggak hanya itu, orang tua juga seringkali mengabaikan faktor kandungan gizi dan nutrisi makanan atau camilan yang dikonsumsi oleh buah hati.

Padahal, pemilihan makanan atau camilan yang asal tersebut bisa menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya obesitas pada anak lho Bunda. Apalagi kalau hal tersebut disertai dengan kebiasaan duduk terlalu lama di depan televisi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya orang tua mulai mengubah pola asuhnya menjadi lebih tegas dan mulai membiasakan gaya hidup sehat di keluarga.

pola hidup sehat
pinterest.com

Selain itu, orang tua juga perlu mengajak anak untuk beraktivitas bersama sehingga si kecil tetap aktif bergerak.

Meskipun kelihatannya sepele, namun obesitas bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, gangguan jantung, masalah pada hati, ginjal, serta sendi lho.

Baca Juga: Waspada Dampak Buruk Membiarkan Balita Nonton TV, Ini 8 Efek Sampingnya

Anak yang mengalami obesitas biasanya akan mengalami berbagai keluhan seperti sesak napas, konsentrasi menurun, dan kesulitan untuk bergerak.

Sobat Qupas nggak mau kan si kecil mengalami masalah kesehatan di atas? Yuk sesuaikan pola asuh menjadi lebih tepat dan sehat!

0 Comment