Puasa Aman untuk Penderita Maag, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

11 May 2019, at 07:00
1
0
Puasa Aman untuk Penderita Maag, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Puasa merupakan tantangan tersendiri bagi penderita maag. Pasalnya, kegiatan tersebut rawan membuat masalah kesehatan ini kambuh karena lambung dalam keadaan kosong sepanjang hari.

Meskipun demikian, beberapa ahli mengatakan bahwa berpuasa dapat justru baik untuk penderita maag. Hal ini karena salah satu penyebab paling utama gangguan lambung tersebut adalah pola makan yang nggak teratur.

Sedangkan saat menjalankan puasa, kebanyakan orang memiliki waktu makan yang teratur meskipun saat berbuka dan sahur.

Baca Juga: Puasa Bukan Alasan Buat Malas, Lakukan Ini Agar Tetap Bertenaga!

Namun, puasa tetap memiliki risiko yang besar untuk membuat penderita maag menderita apabila nggak memerhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Sahur dan Buka Tepat Waktu

sahur dan buka tepat waktu
pexels.com/@kaboompics

Sebagai penderita maag, kamu wajib sahur dan berbuka tepat waktu. Nggak cuma itu, kamu juga nggak boleh melewatkan keduanya.

Sahur bisa mempertahankan tingkat normal asam lambung dan mencegah maag untuk kambuh saat sedang berpuasa. Untuk berbuka, kamu harus menyegerakannya dan jangan menunda-nunda sampai maag kambuh.

2. Makan Secara Perlahan

makan secara perlahan
pexels.com/@rawpixel

Baik saat sahur maupun berbuka, kamu disarankan untuk makan secara perlahan. Kunyahlah makanan tersebut sampai halus agar lambung nggak terkejut.

Kebanyakan orang kalap dan makan terlalu banyak saat berbuka, padahal hal tersebut nggak baik lho buat penderita maag.

makan perlahan
pexels.com/@nappy

Nggak perlu terlalu banyak, yang penting kamu makan secara bertahap. Hal tersebut harus dilakukan untuk menghindari peregangan dinding lambung yang bisa membuatnya bekerja terlalu keras.

Oleh sebab itu, kamu bisa memulai berbuka dan sahur dengan air putih, lalu konsumsilah makanan ringan yang sehat seperti buah kurma, setelah itu baru dilanjutkan dengan makan besar.

3. Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

brokoli
pexels.com/@buenosia-carol-116286

Nggak cuma pola makan saja, kamu juga harus memperhatikan menu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk menghindari maag kambuh.

Sebaiknya kamu menghindari makanan pedas untuk menu berbuka dan sahur karena bisa menyebabkan infeksi pada lambung.

kopi
pexels.com/@chevanon

Selain itu, makanan bergas seperti brokoli, kubis, jagung dan lain sebagainya serta yang mengandung lemak tinggi juga nggak sebaiknya dikonsumsi.

Untuk minuman, kamu harus menghindari kopi, soda, dan minuman yang bersifat asam lainnya karena akan meningkatkan asam lambung dan membuat tubuh lebih mudah dehidrasi.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

jangan langsung tidur setelah sahur
pexels.com/@ivan-obolensky-49889

Tidur setelah sahur merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukannya dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Padahal, hal tersebut sangat nggak dianjurkan terutama bagi penderita maag lho. Langsung tidur setelah sahur akan meningkatkan produksi asam lambung dan membuatmu mual.

5. Puasa Merokok

jangan merokok
pexels.com/@anfisa-eremina-1021202

Siapa sangka, merokok ternyata bukan hanya buruk bagi paru-paru. Kegiatan tersebut ternyata juga bisa meningkatkan asam lambung dan gas dalam tubuh.

Oleh sebab itu, penderita maag sebaiknya nggak merokok selama bulan puasa karena hal tersebut akan meningkatkan kemungkinan penyakit untuk kambuh.

6. Minum Obat Maag Setelah Sahur

minum obat maag setelah sahur
pexels.com/@rawpixel

Bagi penderita maag kronis, ada baiknya jika kamu mengonsumsi obat maag setelah sahur untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Namun, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dengan pasti keadaan penyakitmu dan obat apa yang cocok untumu.

7. Jangan Stres

jangan stres
pexels.com/@nastyasensei-sens-66707

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh penderita maag yang nggak ingin penyakitnya kambuh saat puasa adalah menghindari stres.

Jika kamu penderita maag, kamu pasti sudah tahu kan bahwa tingkat stres bisa berpengaruh pada kondisi lambungmu? Oleh sebab itu berpikir positif dan fokus pada ibadah merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan.

Nah, itu dia Sobat Qupas yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan puasa aman tanpa maag yang mengganggu.

0 Comment