Pulau di Lombok Ini Dikeramatkan, Konon Setiap yang Datang Bisa Mati!

29 June 2019, at 08:00
0
0
Pulau di Lombok Ini Dikeramatkan, Konon Setiap yang Datang Bisa Mati!

Lombok memang jadi salah satu destinasi incaran para traveler. Apalagi dengan suguhan alam yang ada, seperti pantai, gunung, atau jenis objek wisata lainnya.

Tapi di balik itu semua, sebenarnya banyak mitos mistis yang tersebar di Lombok. Contohnya seperti di Gunung Wayang, pulau keramat yang letaknya tepat di depan Pantai Selong Belanak.

Konon bagi siapapun yang nekat datang ke pulau tersebut bakal mati. Pernah seorang turis berselancar dan nekat masuk ke pulau tersebut. Tapi sayangnya, ia meninggal.

Baca juga: Meski Indah, 5 Tempat Ini Ternyata 'Mematikan' dan Dilarang Dikunjungi

gunung wayang lombok
lombokmandalika.co.id

Bukan sekali, katanya sudah banyak korban berjatuhan saat nekat ke pulau itu. Ini alasan kenapa, baik penduduk setempat enggan untuk mendekat ke sana. Mereka juga melarang para turis untuk berkunjung ke sana.

Jadi untuk menikmati keindahan alam Gunung Wayang, wisatawan cuma bisa menyaksikannya dari kejauhan.

Bisa sih mendekat ke sana. Tapi pengunjung perlu meminta izin dan harus ditemani pemangku Suku Sasak yang menjaga pulau. Bahkan ada ritual khusus yang dilakukan saat ingin masuk ke sana.

gunung wayang dari kejauhan
instagram.com/olaolalombok

Dari cerita ini, berkembang pula mitos yang menyebut bahwa pulau di Lombok tersebut merupakan tempat tinggal para makhluk halus yang menjaga pulau. Itulah kenapa banyak wisatawan yang meninggal di Pulau Gunung Wayang tanpa disertai penyebab jelas.

Baca juga: 8 Wisata di Indonesia Ini Konon Bikin Pasangan Putus Cinta, Mitos atau Fakta?

Soal mitos di Gunung Wayang ini, kamu boleh percaya atau nggak sih. Tapi sebaiknya untuk tetap menaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh penduduk setempat.

Bisa saja mitos semacam ini adalah bentuk kearifan lokal tentang konservasi alam. Sikapi secara bijaksana saja. Bukan cuma ketika kamu berkunjung ke pulau keramat di Lombok tersebut, tapi juga wisata di Indonesia yang lainnya.

0 Comment