Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

27 July 2018, pada 02:36
3
0
Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

Sektor pariwisata di Pulau Madura belakangan ini tampaknya semakin menggeliat. Satu persatu objek wisata alam yang biasanya tersembunyi dan jarang dijadikan destinasi liburan, mulai populer dan ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Sebut saja salah satunya adalah Pulau Gili Labak yang terkenal dengan pemandangan biota bawah lautnya dan juga Pulau Kangean yang merupakan surga baharinya Pulau Madura.

 

Pulau Kangean terletak di sebelah timur Pulau Madura, untuk menuju ke Pulau Kangean, kamu harus mengawalinya dengan naik kapal dari Pelabuhan Kalianget, SumenepUniknya. Meski berada di kawasan Madura, para penduduk menggunakan Bahasa Portugis dalam pembicaraan sehari-hari. Sebab, mayoritas warga Pulau Kangean merupakan perpaduan antara orang Jawa, Kalimantan, Bali dan Sulawesi serta penjajah Belanda yang turut menempati wilayah ini.

 

frontonehotelmadura.com

Pulau Kangean menyuguhkan hamparan pasir putih yang indah dengan pemandangan alam berbagai macam pepohonan lebat membuat suasana asri di sekelilingnya. Selain itu gugusan terumbu karang yang masih subur dan menjadi tempat tinggal ikan kecil membuat pemandangannya semakin tampak eksotis. Di samping itu ada berbagai spot menarik yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau Kangean, seperti :

 

Jembatan ajaib

 

Banyak rumor yang beredar mengenai sejarah terbentuknya jembatan Pulau Kangean ini, salah satunya adalah adanya hamparan bebatuan mirip jembatan di perairan yang muncul secara tiba-tiba di masa lalu. Jembatan batu itu kemudian populer dengan sebutan Jembatan ajaib Pulau Kangean.

 

Goa Kuning

 

Meski merupakan goa buatan yang dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian warga dari penjajah Belanda,Goa Kuning menawarkan keunikan tersendiri yaitu adanya beberapa perabotan rumah tangga seperti lemari dan tempat memasak yang seluruhnya terbuat dari batu.

 

Pemandian Olbek

 

Memiliki tempat yang sejuk dengan dikelilingi pepohonan rindang, banyak yang mempercayai bahwa Pemandian Olbek mengandung air ajaib yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit, meningkatkan kesehatan, dan bahkan membuat wajah terlihat awet muda. Tak heran banyak pengunjung yang berbondong-bondong membawa air pemandian yang dianggap mujarab ini.

 

Pulau Mamburit

 

Pulau ini merupakan sudut terbaik untuk melihat pemandangan Pulau Kangean dari jauh. Di tempat ini para wisatawan dapat melakukan aktivitas air seperti diving dan snorkeling untuk menyakisikan keindahan bawah laut. Selain itu, yang unik dari Pulau Mamburit adalah banyaknya pohon sukun yang tumbuh di sekitar pulau dan menciptakan sensasi berteduh yang menyejukkan.

 

Menarik sekali, bukan? Yuk, segera rencanakan liburanmu ke Pulau Kangean dari sekarang.

0 Komentar