Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

05 April 2019, at 09:00
3
0
Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

Sektor pariwisata Pulau Madura tampaknya mulai menggeliat. Semakin banyak objek wisata alam di Madura yang dulu tersembunyi sekarang justru kian populer. Salah satunya Pulau Kangean.

Meski dibilang populer, tapi ada juga yang belum tahu soal tempat wisata di sebelah timur Madura ini. Termasuk kamu? Well, kalau gitu kenalan dulu yuk sama Pulau Kangean!

Baca juga: Wisata Madura Ini Bikin Kamu Lupakan Bali

1. Pulau di Sumenep yang Dekat dengan Bali

pulau kangean
instagram.com/syarif_dw

Kepulauan Kangean berada di sebelah udara Pulau Bali dan juga dekat dengan Lombok. Tapi secara administratif wilayah ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Sumenep, Madura.

Kepulauan ini terdiri dari 60 gugusan pulau yang luas wilayahnya sekitar 487 kilometer persegi.

2. Bahasa Pulau Kangean

kangean island
instagram.com/dotdee_soft

Beda dari masyarakat Madura lainnya, warga Kangean punya bahasa khas tersendiri yang merupakan adaptasi dari Bahasa Madura, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Bahasa Bajo, dan juga istilah-istilah yang muncul sendiri di kalangan warga setempat.

Munculnya semua bahasa itu karena konon asal-usul orang Kangean merupakan campuran dari orang Madura, Sapudi-Raas (Podey), Cina, Arab, Banjar, Melayu, Bawean, Jawa, Bali, Bugis-Makassar,dan Mandar.

3. Surga Bahari di Madura

sunset pulau kangean
instagram.com/erwin_haria

Bisa dibilang wilayah ini adalah surga tersembunyi di Madura. Keindahan alam lautnya memang cantik. Bukan sekedar ada pasir pantai berwarna putih dan ombak yang tenang. Air lautnya juga jernih.

Cocok banget untuk kamu yang hobi snorkeling. Soalnya kamu bisa menyaksikan biota laut seperti karang, koral, hingga ikan-ikan cantik di sini.

4. Spot Keren Lain di Pulau Kangean

kangean island madura
instagram.com/dannynurris

Pulau Kangean juga punya beberapa pemandangan alam selain pesisir pantai. Misalnya saja seperti area persawahan hinggga perkebunan jati.

Bahkan ada pula beberapa spot wisata yang sayang untuk kamu lewatkan, seperti:

  • Jembatan Ajaib: Merupakan hamparan bebatuan mirip jembatan di perairan yang muncul secara tiba-tiba di masa lalu.
  • Goa Kuning: Konon dulu digunakan sebagai tempat persembunyian warga dari penjajah Belanda. Di dalamnya ada sejumlah perabotan rumah yang terbuat dari batu.
  • Pemandian Olbek: Konon mengandung air ajaib untuk menyembuhkan segala macam penyakit, meningkatkan kesehatan, dan membuat wajah tampak awet muda.

Baca juga: Sederet Gili di Madura Serasa di Lombok, Wisata Mewah Tapi Murah!

5. Akses ke Pulau Kangean

pulau kangean sumenep
instagram.com/wahyudiekwa_

Lokasi Pulau Kangean ada di timur Madura. Untuk menuju kesana, kamu perlu menuju ke Pelabuhan Kalianget. Kamu pun bisa menggunakan 2 jenis transportasi, yakni kapal ferry dan kapal cepat.

Kapal ferry perjalanan waktunya lebih lama. Sedangkan kapal cepat memang hanya perlu waktu sekira 4 jam. Tapi harga tiketnya lebih mahal. Satu lagi, jadwal penyeberangannya dari pukul 09.00-13.00 WIB saja.

6. Harga Tiket Masuk Pulau Kangean

pulau kangean madura
instagram.com/itta_hayati

Kamu nggak perlu membayar tiket masuk untuk ke Pulau Kangean. Jadi cuma perlu menyediakan budget transportasi saja.

Menariknya lagi, kalau bawa kendaraan pribadi, kamu pun bisa menitipkannya di petugas tiket Pelabuhan Kalianget tanpa biaya tambahan.

7. Penginapan di Pulau Kangean

penginapan sumenep hotel resort musdalifah
instagram.com/dnbbeautycare_hq

Akomodasi di sekitar Pulau Kangean bisa dibilang agak sulit. Kabarnya ada 1 penginapan yang ada di pusat Kota Arjasa, yaitu di Ibukota Kangean. Tarifnya sekitar Rp100.000,00. Tapi info tersebut dari beberapa tahun lalu. Kemungkinan tarifnya juga ikut berubah.

Alternatif lainnya bisa menumpang di rumah warga maupun camping. Bisa juga cari penginapan di sekitar Sumenep. Tapi konsekuensinya, kamu nggak bisa terlalu lama main di Pulau Kangean.

Baca juga: Cantiknya Pantai Gili Labak di Madura Bikin Susah Move On!

8. Kulineran di Pulau Kangean

lepet kamboya
kangean.net

Bukan cuma kekayaan alam dan budaya, Pulau Kangen juga punya makanan khas. Saat liburan ke sini, kamu bisa coba masakan seperti pes-pes, kue lanon, keripik tekai, gurubik/burubik, kamboya, sangngar-sangngar, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah pesona Pulau Kangean yang sayang untuk dilewatkan. Gimana, tertarik untuk main ke sana? Yuk, langsung rencanakan liburanmu ke pulau yang ada di Madura itu!

0 Comment