Qupas Travel

Pulau Talam, Secuil Surga di Tapanuli Tengah yang Konon 'Diciptakan' oleh Seorang Putri Raja

20 March 2020, at 04:00
Pulau Talam, Secuil Surga di Tapanuli Tengah yang Konon 'Diciptakan' oleh Seorang Putri Raja

Pulau Talam mungkin masih asing bagi kebanyakan traveler. Berada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, wisata cantik ini memang bisa dibilang masih jarang terekspos.

Meski begitu, kamu perlu tahu seperti apa keindahannya supaya setelah wabah corona ini mereda, bisa menjadikan pulau ini sebagai destinasi liburanmu. Scroll down deh!

1. Pulau yang unik di Indonesia

Wisata Pulau Talam (Foto: instagram.com/danilakbar_siregar)
instagram.com/danilakbar_siregar

Bisa dibilang tempat wisata di Indonesia ini cukup unik karena warna lautnya bergradasi. Jadi bukan hanya memancarkan nuansa biru seperti samudera pada umumnya.

Perpaduan warna hijau lumut dan biru cerah justru akan kamu saksikan di sini. Gradasi ini sebenarnya tercipta karena adanya ganggang yang berada di dasar laut dan cerahnya langit yang terpancar.

2. Legenda Pulau Talam

Kepulauan Mursala (Foto: instagram.com/heny_kasih)
instagram.com/heny_kasih

Pulau Talam juga sama seperti sejumlah wisata di Indonesia lainnya yang memiliki legenda. Konon, destinasi di Sumatera Utara ini tercipta setelah talam Putri Runduk terjatuh saat menyelamatkan diri dari seorang raja dari Benua Eropa, Raja Janggi.

Katanya, kecantikan putri raja tersebut membuat sang raja terpikat dan ingin mempersuntingnya. Putri Runduk yang sudah memiliki kekasih, yaitu Datuk Atam pun menolaknya. Nggak terima, Raja Janggi menyerang kerajaan sang putri.

Putri Runduk juga sempat memberi syarat pada raja untuk menarik negerinya ke daratan sorkam sebelum ayam berkokok menjelang fajar. Tapi kemudian ia curang dengan membangunkan ayam saat usaha Raja Janggi hampir berhasil.

Pulau Talam (Foto: instagram.com/dadozhuharahap)
instagram.com/dadozhuharahap

Lari setelah usahanya itu, sang putri membawa perlengkapan istana seperti talam dan sendok. Sayangnya, peralatan itu jauh ke tengah laut dan membentuk pulau seperti talam dan sendok.

Entah benar atau nggak, salah satu versi cerita ini dipercaya oleh masyarakat setempat. Bahkan kisah Putri Runduk yang merupakan legenda Kota Sibolga pun dikenang dengan dibangunnya jalan dan diberi nama Jalan Putri Runduk, Jalan Janggi, dan Jalan Datuk Itam yang posisinya berdekatan.

Baca juga: Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Bikin Malas Pulang

3. Cara ke Pulau Talam

Pulau Talam Sumatera Utara (Foto: instagram.com/kmanakita)
instagram.com/kmanakita

Untuk mencapai Pulau Talam yang merupakan bagian dari Kepulauan Mursala, kamu perlu melewati rute Medan-Tebing Tinggi-Parapat-Pematangiantar-Kisaran-Tapanuli Utara-Sibolga. Terutama jika menggunakan kendaraan pribadi.

Selanjutnya, kamu harus menyeberang menuju Kepulauan Mursala dari Pantai Kalangan. Sementara kendaraan dititipkan di kawasan tersebut.

4. Tips liburan ke Pulau Talam

Pulau Talam Tapanuli Tengah (Foto: instagram.com/urban_traveller)
instagram.com/urban_traveller

Nggak ingin ribet saat liburan ke tempat ini? Kamu bisa sewa jasa trip wisata yang mmebuka tour ke Kepulauan Mursala..

Biasanya jasa guide ini sudah satu paket dengan penginapan. Dan biayanya mungkin akan jauh lebih murah dibandikan jika liburan secara mandiri.

Gimana, Pulau Talam cukup menarik untuk dikunjungi? Tahan dulu egomu dan tunda dulu liburannya. Setelah musibah nasional ini berakhir, kamu bisa bebas kok liburan ke salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini.