Punya Anak Kembar? Lakukan Ini Agar Kasih Sayang Tetap Seimbang

01 October 2019, at 17:00
0
0
Punya Anak Kembar? Lakukan Ini Agar Kasih Sayang Tetap Seimbang

Memiliki anak kembar memang lucu dan menggemaskan. Meskipun demikian, membesarkan anak kembar tentu saja lebih sulit dari kelihatannya.

Selain dibutuhkan tenaga dan biaya yang lebih besar, orang tua pun harus memiliki trik khusus agar buah hati nggak merasa iri dan mendapatkan kasih sayang yang seimbang.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips parenting yang bisa orang tua terapkan dalam mengasuh anak kembar secara adil.

1. Jangan Pernah Membandingkan Satu Sama Lain

mengasuh anak kembar
pexels.com/@renatoabati

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat buah hati merasakan kasih sayang yang seimbang dan nggak iri dengan saudara kembarnya adalah dengan nggak membandingkan keduanya.

Baik dilakukan secara langsung maupun nggak, membandingkan anak akan memberikan dampak buruk bagi perkembangannya.

2. Ajarkan untuk Saling Bekerjasama, Bukan Berkompetisi

membesarkan anak kembar
pexels.com/@pixabay

Sebagai saudara kembar, bukan mustahil muncul rasa kompetitif diantara keduanya. Entah dalam hal yang remeh atau sesuatu yang besar, buah hati mungkin ini menjadi lebih unggul dibandingkan saudaranya.

Oleh sebab itu, orang tua juga perlu mengajarkan kepada anak-anak untuk saling menjaga dan bekerja sama.

3. Perlakukan Keduanya dengan “Istimewa”

mendidik anak kembar
pexels.com/@victoria-borodinova-392079

Dalam mengasuh anak kembar, orang tua memang perlu memberikan kasih sayang sama besar. Namun bukan berarti kamu harus memperlakukan buah hati dengan cara yang sama.

Perlakukanlah anak dengan cara yang “istimewa”. Meskipun buah hati memiliki fisik sama yang persis, namun sifat, kesukaan, dan lain sebagainya pasti berbeda. Jangan menganggap kebutuhan mereka sama.

Sehingga, orang tua perlu memahami bahasa cinta masing-masing dari mereka dan menerapkannya dengan cara yang istimewa.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

4. Terima Perbedaan

anak kembar
pexels.com/@thatguycraig000

Selain nggak boleh membandingkan si kecil dengan kembarannya, orang tua juga seharusnya belajar menerima perbedaan si kembar.

Bagaimana pun, masing-masing anak terlahir dengan keistimewaan masing-masing. Dengan menyadari bahwa perbedaan adalah sesuatu yang wajar dan nggak perlu dipusingkan, orang tua akan menjadi lebih mudah berlaku adil kepada si kembar.

5. Ajarkan untuk Berbagi

anak kembar lucu
pexels.com/@pixabay

Orang tua juga sebaiknya mengajarkan anak untuk saling berbagi sehingga risiko adanya konflik dan iri hati diantara keduanya menjadi lebih sedikit.

Nggak hanya itu, mengajarkan si kembar untuk berbagi juga membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan saling menyayangi.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips parenting untuk mendidik anak kembar yang bisa kamu terapkan untuk buah hati.

0 Comment