Punya Banyak 'Saudara', Apa Sih Perbedaan Citarasa Pecel Masing-masing Daerah Ini?

18 July 2018, at 11:22
2
0
Punya Banyak 'Saudara', Apa Sih Perbedaan Citarasa Pecel Masing-masing Daerah Ini?

Pecel merupakan salah satu  jenis kuliner tradisional yang banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Terdiri dari perpaduan aneka sayur mayur seperti tauge, sayuran hijau, timun, dan beberapa sayur pelengkap yang kemudian disajikan dengan sambal kacang yang diencerkan, pecel termasuk salah satu  jenis kuliner yang menjadi favorit banyak orang.

 

Ada berbagai jenis atau aliran pecel yang dibedakan berdasarkan kota asal pembuatannya. Masing-masing jenis pecel tersebut, misalnya pecel Blitar, pecel Ponorogo, pecel Kediri, dan masih banyak lagi jenis lainnya tidak hanya berbeda dalam segi penampilannya, tetapi juga dari citarasa yang menjadi ciri khasnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan yang menarik berikut ini.

 

Pecel Blitar

 

panduaji.net

Pecel Blitar umumnya memiliki ciri khas bumbu pecel dengan tekstur kasar yang didominasi rasa manis dan aroma kencur yang kuat. Di Kota Blitar, kuliner tradisional ini sangat mudah ditemukan di hampir setiap sudut kota. Salah satu warung pecel yang cukup direkomendasikan adalah Warung Pecel Mbok Bari yang memiliki lebih dari 7 cabang hingga saat ini. Beberapa di antaranya terletak di sekitar makam Bung Karno, Sang Proklamator Indonesia.

 

Pecel Kediri

 

kulinernasional.com

Kediri juga memiliki kekhasan tersendiri pada citarasa pecel asal daerahnya. Adanya sambal tumpang yang terbuat dari tempe yang diolah dengan aneka bumbu seperti cabe, bawang merah, garam, dan lainnya dan disajikan sebagai pelengkap pecel menjadi kekhasan dari kota yang juga terkenal dengan produksi tahunya ini.

 

Pecel Ponorogo

 

tripadvisor.co.uk

Yang membedakan pecel Ponorogo dengan daerah lain adalah jenis sayurannya yang terbilang lengkap, seperti daun beluntas, daun pepaya, daun kenikir, dan tauge kedelai yang biasanya digunakan sebagai pelengkap rawon. Tak ketinggalan juga adanya trancam yaitu perpaduan dari rajangan lamtoro atau petai cina dengan jeruk purut yang menjadi kekhasan pecel asli Kota Reog ini. Selain itu, pecel Ponorogo juga terkenal dengan tempe kepleh yang digoreng dengan tipis dan menjadi lauk pendampingnya.

 

Pecel Purwokerto

 

sajiansedap.grid.id

Pecel ternyata tidak hanya dapat ditemukan di Jawa Timur saja, melainkan juga di daerah Jawa Tengah tepatnya di Purwokerto. Yang menjadi keunikan dari pecel Purwokerto adalah penyajian bunga kecombrang atau yang sering disebut dengan bongkot sebagai sayuran pelengkapnya. Aroma bunga kecombrang yang wangi akan terasa nikmat saat dipadukan dengan bumbu kacang dan tempe mendoan atau tempe kemul sebagai lauk pendampingnya.

 

Perbedaan citarasa pecel dari satu kota ke kota lainnya merupakan salah satu kekayaan kuliner tradisional khas Indonesia yang patut dilestarikan. Jadi, jika kamu mengunjungi kota-kota di mana pecel berasal, jangan lupa sempatkan diri untuk mencobanya ya.

0 Comment