Punya Mainan Sedikit Bikin Anak Lebih Kreatif, Kok Bisa Ya?

15 October 2019, at 17:00
0
0
Punya Mainan Sedikit Bikin Anak Lebih Kreatif, Kok Bisa Ya?

Orang tua mana sih yang nggak mau anaknya bahagia? Demi melihat senyum merekah di bibir buah hati, Ayah dan Bunda pasti rela melakukan apa saja termasuk membelikan banyak mainan.

Mungkin kamu berpikir anak akan menjadi lebih bahagia dan nggak mudah bosan, namun bernarkah demikian?

Dilansir dari laman mother.ly, secara ilmiah memiliki sedikit mainan justru berdampak baik untuk perkembangganya si kecil lho. Berikut ini beberapa dampak positifnya, termasuk menjadi lebih kreatif.

1. Memicu Kreatifitas atau Munculnya Ide Baru

anak kreatif
todaysparent.com

Memiliki sedikit mainan secara nggak langsung membuat anak-anak menjadi lebih kreatif karena memicu munculnya ide-ide baru saat ia sudah mulai bosan dengan mainan yang ada.

Pilihlah mainan edukatif yang tepat sehingga si kecil dapat mengkreasikannya menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menyenangkan.

2. Meningkatkan Konsentrasi

anak bermain
skicamelback.com

Selain memicu kreatifitas dan munculknya ide-ide baru, memiliki mainan yang sedikit juga ternyata dapat membantu meningkatkan konsentrasi buah hati.

Hal tersebut karena si kecil nggak disibukkan dengan banyaknya mainan yang harus dipilih sehingga bisa menjadi lebih fokus.

Baca Juga: 8 Mainan untuk Tumbuh Kembang Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

3. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi

meningkatkan kemampuan adaptasi
stocksy.com

Siapa sangka, memiliki mainan yang sedikit juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan adaptasi anak. Sebenarnya, hal ini juga berkaitan dengan kreatifitas si kecil.

Anak-anak yang memiliki mainan sedikit akan cenderung lebih mudah menghadapi berbagai situasi karena terbiasa mengembangkan skenario saat bermain dengan mainan yang itu-itu saja.

4. Mengurangi Risiko Stres

anak bermain
thespeechies.com

Terlalu banyak mainan ternyata dapat meningkatkan risiko stres pada anak. Hal tersebut karena si kecil cenderung mengeluarkan semua mainan yang ia miliki untuk memilih mana yang ingin digunakan.

Sebagai salah satu cara untuk mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab, orang tua biasanya akan meminta anak untuk membereskan mainannya. Sehingga, jumlah mainan yang sedikit anak mengurangi tekanan pada buah hati.

Memfasilitasi buah hati dengan berbagai mainan yang edukatif dan menyenangkan memang dibutuhkan. Namun ada baiknya apabila Sobat Qupas memberikannya secara wajar dan nggak berlebihan supaya dampak positifnya bisa maksimal.

0 Comment