Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Sikap Optimis Ternyata Bikin Kamu Berumur Panjang!

02 October 2019, at 10:00
0
0
Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Sikap Optimis Ternyata Bikin Kamu Berumur Panjang!

Optimisme merupakan sikap positif yang nggak hanya berpengaruh pada keberhasilan karir seseorang. Hal tersebut ternyata juga memiliki dampak terhadap kondisi kesehatan.

Sejumlah penelitian pun telah mengungkapkan bahwa sikap optimis bisa membuat kamu panjang umur dan memiliki manfaat lain seperti berikut ini.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

penyakit jantung
healthyindians.co.in

Tahukah kamu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Buletin Psikologi pada April 2012, orang yang optimis memiliki risiko terkena serangan jantung yang lebih kecil.

Selain itu, sebanyak 200 studi yang ditemukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa perasaan positif seperti optimisme dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke sebanyak 50 persen.

2. Mencegah Stres

stres
hellosehat.com

Selain dapat menguruangi risiko penyakit jantung, bersikap optimis juga mampu mencegah stres. Optimisme membuat seseorang memandang segala hal dari sisi positif.

Orang yang optimis cenderung lebih percaya diri dan menganggap kegagalan sebagai sebuah proses menuju keberhasilan sehingga nggak mudah tertekan.

3. Meningkatkan Keinginan Berolahraga

olahraga
pexels.com/@pixabay

Profesor dari Preventive Medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine mangatakan bahwa memiliki sikap optimis berkaitan dengan keinginan melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Sehingga dengan kata lain, sikap optimis mendorong atau meningkatkan keinginan seseorang untuk berolahraga dan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Selain Enak, Makan Cokelat Bisa Buat Panjang Umur Lho!

4. Orang Optimis Cenderung Memilih Makanan Sehat

makanan sehat
medicalnewstoday.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh JACC mengungkapkan bahwa orang yang memiliki sikap optimis cenderung memilih makanan yang lebih sehat, seperti sayur dan buah-buahan.

Hal tersebut secara nggak langsung akan membuat kamu merasa lebih baik, baik secara fisik maupun mental.

5. Optimisme Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

sikap optimis
pexels.com/@olly

Manfaat sikap optimis lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon stres yang berkurang.

Sebauh studi yang dilakukan oleh mahasiswa Harvard University menyebutkan bahwa orang-orang yang terbiasa optimis pada usia 25 tahun ternyata jauh lebih sehat pada usia 45 sampai 60 dibandingkan yang nggak menerapkan sikap tersebut.

manfaat sikap optimis
pexels.com/@i-love-simple-beyond-388899

Nggak cuma itu, penelitian di Amerika menyebutkan bahwa perempuan yang optimis memiliki risiko 14 persen lebih rendah terhadap kematian akibat penyakit berbahaya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat sikap optimis yang perlu kamu ketahui. Ternyata nggak cuma bikin percaya diri, tetapi juga membuatmu lebih panjang umur!

0 Comment