Qupas Beauty

Ragam Fungsi Blotting Paper Selain Hilangkan Kilap di Wajah, Kamu Sudah Tahu?

21 February 2020, at 08:00
Ragam Fungsi Blotting Paper Selain Hilangkan Kilap di Wajah, Kamu Sudah Tahu?

Blotting paper atau lebih dikenal dengan nama face paper adalah kertas yang memiliki daya serap tinggi. Biasanya, produk ini dipakai untuk menghilangkan minyak atau kilap di wajah.

Daya serapnya yang baik membuat kertas minyak wajah jadi salah satu barang wajib yang ada di tas wanita. Tapi tahu nggak sih, ternyata kegunaannya lebih dari sekedar menghilangkan kilap lho.

Mau tahu fungsi blotting paper lainnya? Simak ulasan Qupas berikut ini sampai habis!

1. Membantu aplikasi makeup

Fungsi Kertas Minyak Wajah (Foto: newwomanindia.com)
newwomanindia.com

Kertas minyak wajah sebenarnya bisa membantumu sejak pagi hari, lebih tepatnya sesaat setelah kamu mengaplikasikan skincare. Produk perawatan seperti pelembab dan sunscreen seringkali meninggalkan kesan berminyak di wajah.

Kalau nggak diatasi dulu, makeup yang kamu pulaskan nantinya pasti nggak akan menempel dengan baik. Untuk itu, coba hilangkan kesan berminyak yang diakibatkan oleh skincare dengan face paper.

Setelah itu, barulah kamu mengaplikasikan base makeup tanpa khawatir hasilnya bakal terlihat cakey.

2. Pengganti setting spray

Fungsi Face Paper (Foto: amazon.com)
amazon.com

Dari sekian banyak produk makeup, ada setting spray yang ditujukan untuk membuat riasan tetap ditempat alias tahan lebih lama. Sayangnya, harga item yang satu ini terkadang cukup menguras kantong.

Tapi tenang, kamu bisa memanfaatkan blotting paper untuk menggantikan fungsi setting spray lho. Caranya, tepuk face paper pada wajah yang sudah memakai makeup untuk menghilangkan minyak yang ada.

Setelah itu, barulah pulaskan bedak supaya riasanmu menempel sempurna dan tahan lama.

Baca juga: Sudah Pakai Primer Tapi Makeup Nggak Mau Nempel di Wajah? Ternyata Ini Penyebabnya

3. Membuat lipstik tahan lama

Kegunaan Blotting Paper (Foto: instagram.com/emilia_clarke)
instagram.com/emilia_clarke

Meskipun diklaim bisa tahan selama berjam-jam, formula lipstik terkadang tetap saja luntur setelah dipakai untuk makan dan minum. Kamu juga bisa lho memanfaatkan blotting paper sebagai beauty hacks untuk mengatasi masalah ini.

Caranya pun sangat mudah. Aplikasikan lip cream atau lipstik favoritmu seperti biasanya. Kemudian tempelkan face paper selama beberapa menit supaya minyak atau emollient yang ada bisa terserap.

Setelah itu, aplikasikan lipstik lagi supaya warnanya semakin intens dan tahan lama.

4. Pengganti dry shampo

Memakai Dry Shampoo (Foto: facetocurls.com)
facetocurls.com

Rambut lepek, tapi belum sempat keramas dan harus tampil stand out? Biasanya dry shampoo akan diandalkan untuk mengatasinya. Tapi bagaimana kalau kamu nggak punya produk yang satu ini?

Tenang, kamu bisa menggunakan face paper untuk menyerap minyak penyebab rambut lepek. Gosokkan secara perlahan hingga rambut mengembang kembali.

Nah, itulah sederet beauty hacks dengan kertas minyak wajah. Ternyata fungsinya cukup banyak ya.