Ragam Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit, Lebih dari Sekadar Membasmi Jerawat

05 November 2019, at 18:00
0
0
Ragam Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit, Lebih dari Sekadar Membasmi Jerawat

Centella asiatica, atau di Indonesia dikenal dengan tanaman pegagan termasuk jenis tumbuhan liar yang kerap dipakai sebagai bahan meracik produk perawatan wajah, khususnya skincare untuk jerawat.

Tapi kalau kamu sadar, ekstrak centella asiatica juga sering ditambahkan ke produk perawatan kulit lainnya lho. Karena khasiatnya memang bukan sekedar ampuh mengobati jerawat.

Lalu, apa saja manfaat centella asiatica untuk kecantikan? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Meredakan Peradangan

wajah berjerawat
imgix.net

Bukan cuma satu, centella asiatica punya sederet kandungan yang baik untuk mengobati jerawat. Sebut saja saponin, minyak esensial, flavonoid, dan sterol.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dimilikinya juga bisa menenangkan kulit yang meradang dan menumpas bakteri penyebab jerawat. Itulah mengapa, tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan utama dalam skincare anti-acne.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

peradangan di kulit wajah
instagram.com/elsheskin

Centella asiatica punya kandungan bernama triterpenoid. Senyawa ini mampu membantu mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat.

Lebih jauh lagi, triterpenoid juga bisa menunjang pembentukan sel kulit baru dan menyembuhkan luka yang dipicu oleh berbagai sebab lho. Mulai dari luka bakar, robek, hingga bekas luka pasca operasi.

Baca juga: 5 Krim Malam Terbaik yang Efektif untuk Merawat Kulit Berjerawat

3. Melembapkan Wajah

wajah lembap
instagram.com/holikaholika_official

Kulit yang terjaga kelembapannya bakal terhindar dari berbagai masalah. Kabar baiknya, centella asiatica kaya akan vitamin, antioksidan, dan saponin yang mampu memperkuat lapisan pelindung kelembapan.

Terlebih lagi, kandungan saponin terbukti ampuh dalam mencegah penguapan dan mempertahankan kadar air di kulit. Hasilnya, wajah bakal terhidrasi dengan baik dan terlihat segar.

4. Mencegah Penuaan Dini

wajah keriput
instagram.com/lorealskin

Jangan heran kalau centella asiatica bisa ditemukan dalam skincare anti-aging. Karena tanaman ini mengandung asiaticoside dan madecassoside.

Dua kandungan itu dikatakan bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Mulai dari garis-garis halus, kerutan, dan kulit yang kendur.

5. Mengurangi Stretch Mark dan Selulit

stretch mark
pregnancyskinexpert.com

Meski bukan masalah kulit yang berbahaya, penampakan selulit yang terlihat bergelombang dan stretch mark yang berupa garis-garis kemerahan sering kali membuat orang kehilangan rasa percaya diri.

Nah, ekstrak centella asiatica kabarnya juga bisa mengurangi tampilan selulit dan stretch mark lho. Tapi bagi ibu hamil yang seringnya bermasalah dengan stretch mark, baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Selulit dengan Stretch Mark

Perlu diingat, meski centella asiatica termasuk tanaman herbal, tapi harus dipastikan lagi apakah kandungannya aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Nah, itulah 5 manfaat centella asiatica untuk wajah dan area kulit tubuh lainnya. Ternyata nggak cuma ampuh melawan jerawat ya!

0 Comment