Qupas Healthy

Rajin Nonton Konser Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur, Kok Bisa Ya?

16 January 2020, at 08:00
2
Rajin Nonton Konser Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur, Kok Bisa Ya?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memiliki usia yang panjang. Biasanya orang akan menerapkan pola hidup sehat, rajin olahraga, diet makanan, dan lain sebagainya.

Namun ternyata, ada kegiatan lain yang bisa bikin kamu panjang umur lho. Menurut sebuah penelitian, rajin nonton konser atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan seni seperti menonton teater, mengunjungi galer seni, dan lain sebagainya juga memiliki efek serupa.

Penelitian yang dilakukan oleh University Collage London terhadap 6.710 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas ini mengevaluasi seberapa individu terlibat dalam aktivitas seni, seperti melihat pameran, konser, pergi ke galeri seni, dan pertunjukan teater atau opera.

nonton konser
pinterest.com

Diukur dari masa awal penelitian, yaitu tahun 2004 sampai 2005, partisipan dipantai selama rata-rata 12 tahun. Hasilnya, orang yang rajin terlibat dalam kegiatan seni sebulan sekali atau lebih memiliki risiko 31 persen lebih rendah mengalami kematian dini dibandingkan yang nggak.

Baca juga: Berkebun, Hobi Sederhana yang Bisa Buat Siapapun Panjang Umur

Studi yang diterbitkan dalam The British Medical Journal ini juga menyebutkan bahwa orang yang terlibat dalam kegiatan seni antara 1 sampai 2 kali dalam setahun memiliki risiko kematian lebih rendah sebanyak 14 persen dibandingkan mereka yang nggak pernah terlibat sama sekali.

Meskipun nggak secara langsung membuktikan bahwa terlibat dalam kengiatan seni dapat bikin panjang umur, namun penelitian tersebut menemukan bahwa hal itu dapat mendukung kesehatan, baik fisik maupun psikis.

seni bikin panjang umur
newenglishartclub.co.uk

Penyuka seni ditemukan memiliki skor lebih tinggi pada tes ingatan dan berpikir. Mereka juga secara umum lebih aktif secara fisik dan sosial.

Pada dasarnya, aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara umum dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Selain itu, aktif secara sosial juga bisa membuat orang terhindar dari stres dan lebih bahagia.

Jadi, itulah mengapa orang-orang yang sering terlibat dalam kegiatan seni biasanya memiliki umur yang lebih panjang Sobat Qupas. Wah, jadi makin suka nonton konser nih!

Alma Erin Mentari
17/01 - 01:07
Oh keren juga ya, manfaatnya!
Muhammad Harits N
16/01 - 08:15
waw