Rambut Rontok Berlebihan? Waspadai 5 Penyakit Ini

29 September 2019, at 10:00
0
0
Rambut Rontok Berlebihan? Waspadai 5 Penyakit Ini

Rambut rontok seringkali dianggap sebagai hal yang sepele bagi sebagian orang. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa kondisi tersebut terjadi karena sampo yang kurang cocok.

Padahal selain dipengaruhi oleh perawatan, rambut rontok juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan seperti berikut ini lho.

1. Anemia

anemia
healthhub.sg

Salah satu penyakit yang perlu kamu waspadai apabila rambut sering rontok adalah anemia. Kondisi tersebut terjadi karena tubuh kekurangan zat besi dan sel darah merah sehingga kulit kepala nggak mendapatkan oksigen yang cukup.

Selain rambut rontok, anemia biasanya juga ditandai dengan sakit kepala, rendahnya konsentrasi, dan dinginnya tangan dan kaki. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

2. Lupus

lupus
1health.id

Selain anemia, rambut rontok juga bisa menjadi salah satu tanda penyakit lupus. Merupakan masalah kesehatan autoimun kronis, sistem kekebalan tubuh penderita akan menyerang jaringan tubuh sendiri.

Nggak hanya rambut rontok, lupus juga dapat ditandai dengan sakit kepala, kelelahan yang berlebihan, dan pembengkakan pada sendi.

3. Alopesia Areata

rambut rontok
hellosehat.com

Hampir sama seperti lupus, alopesia areata merupakan penyakit imun. Bedanya, masalah kesehatan ini secara spesifik menyebabkan peradangan kronis yang berpengaruh pada folikel rambut sehingga dapat mengalami kebotakan dini.

Gejala lain alopesia areata adalah munculnya pola melingkar halus dan bintik pitak pada kulit kepala, jenggot, bulu mata, dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Kebiasaan Sepelemu Ini Ternyata Penyebab Kebotakan di Usia Muda

4. Hipotiroid



hipotiroid
hellosehat.com

Penyakit lain yang ditandai dengan rambut rontok adalah hipotiroid. Masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya hormon tiroid ini memengaruhi pertumbuhan rambut, kuku, dan kulit.

Hipotiroid juga bisanya ditandai dengan konstipasi, bertambahnya berat badan, hilangnya konsentrasi, tubuh mudah kelelahan, dan lain sebagainya.

5. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

pcos
honestdocs.id

Masalah kesehatan lain yang ditandai dengan rambut rontok selanjutnya adalah sindrom ovarium polikistik atau biasa disebut PCOS. Merupakan kondsisi terganggunya fungsi ovarium akibat kadar hormon yang nggak normal, penyakit ini dapat memicu kerontokan rambut.

PCOS juga dapat ditandai dengan menstrusi yang nggak lancar, adanya jerawat, serta pertumbuhan rambut pada wajah.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa penyakit yang perlu kamu waspadai apabila rambut sering rontok. Periksakan diri ke dokter apabila merasa kondisi tersebut sudah nggak wajar agar masalah bisa diidentifikasi dengan tepat.

0 Comment