Rawon Rampal Malang, Kuliner Berkuah Hitam yang Melegenda Sejak Tahun 1957

29 September 2019, at 17:00
0
0
Rawon Rampal Malang, Kuliner Berkuah Hitam yang Melegenda Sejak Tahun 1957

Di Malang, ada kuliner legendaris yang menyuguhkan masakan berkuah hitam. Rawon Rampal namanya. Kuliner ini sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, tapi masih menyimpan cita rasa lezat yang nggak tergantikan.

Sering kali menjadi jujukan para wisatawan, nggak heran kalau rumah makan Malang yang satu ini ramai sekali. Simak yuk, keistimewaan Rawon Rampal Malang berikut ini!

1. Rumah makan di Malang sejak 60 tahun yang lalu

rawon rampal malang
instagram.com/surabayafoodies

Tempat makan di Malang ini memang sudah berdiri sejak tahun 1957 yang lalu. Itu berarti usianya sudah menginjak 62 tahun.

Rawon Rampal didirikan oleh Mbah Syari’ah, kemudian diteruskan oleh anak-anaknya hingga hari ini. Walau pernah mengalami jatuh bangun usaha kuliner, namun tetap bertahan hingga saat ini.

2. Menyuguhkan masakan yang rasanya nggak ada duanya

harga rawon rampal malang
instagram.com/amazingindonesiafood

Cukup sederhana tempatnya, nggak begitu besar ataupun mewah. Namun selangkah saja melangkahkan kaki memasuki tempat makan ini, kamu bisa mencium aroma bau rawon yang sedap.

Menariknya, Rawon Rampal Malang senantiasa menjaga cita rasa. Bahkan cara memasaknya masih tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku dan arang. Itulah kenapa saat menikmatinya kamu akan menikmati aroma khas yang merasuk dalam masakan.

Baca juga: 8 Kuliner Batu Malang dengan Harga Murah, Cita Rasa Melegenda

3. Punya ciri khas yang tiada tandingannya

rawon rampal malang enak
instagram.com/danutapr

Kunci utamanya ada dalam bumbu rempah yang ada dalam satu suapan makan. Kuah rawon ini lebih pekat, namun nggak berlemak.

Irisan daging sapi yang cukup tebal dan empuk bikin nggak berhenti makan. Cita rasa masakan dari campuran keluak, bawang merah, bawang putih, dan kunyit terasa di lidah. Mantap banget!

4. Harga per porsinya sekitar Rp25 ribuan

harga menu rawon rampal malang
instagram.com/thomaswilion

Dalam sehari, rawon rampal Malang bisa menghabiskan lebih dari 10 kilogram daging sapi untuk rawon dan juga kuliner lain, yaitu soto.

Di rumah makan Malan ini, disajian pula babat krawis dan empal sebagai tambahan lauknya yang bisa habis masing-masing 15 kilogram dalam seharinya.

Harganya cuma Rp25 ribuan saja, cocok banget nih dinikmati dengan teh hangat di kala siang hari.

5. Lokasi Rawon Rampal Malang

lokasi rawon rampal malang
instagram.com/boodlebearph

Lokasi Rawon Rampal Malang ini berada di Jalan Panglima Sudirman No.71A, Kesatrian, Malang. Buka dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Pas banget kalau kamu mampir untuk sarapan dan makan siang.

Nah, itulah kuliner legendaris Malang yang bisa jadi rekomendasi tempat makan enak saat sesampainya di Kota Apel. Ayo, cobain juga!

0 Comment