Qupas Weekend

Rekomendasi Drama Korea Terbaik yang Mengangkat Isu Body Shaming

19 December 2019, at 08:00
2
Rekomendasi Drama Korea Terbaik yang Mengangkat Isu Body Shaming

Mengomentari bentuk fisik seseorang dengan maksud merendahkan atau disebut body shaming seakan jadi bentuk bullying yang langgeng di masyarakat. Bahkan terkadang tindakan ini nggak begitu kentara karena hanya dianggap sebagai candaan.

Padahal, imbas dari body shaming bisa sangat serius. Misalnya menyebabkan seseorang kehilangan percaya diri hingga depresi. Isu ini pun nggak jarang diangkat ke layar lebar. Seperti pada film Indonesia terbaru berjudul "Imperfect" yang mulai ditayangkan hari ini di bioskop contohnya.

Selain itu, masih banyak lho tontonan berkualitas yang mengangkat fenomena tersebut. Nah, kali ini Qupas sudah merangkum deretan drama Korea tentang body shaming yang nggak boleh kamu lewatkan. Apa saja?

1. My ID is Gangnam Beauty (2018)

my id is gangnam beauty 2018
asianwiki.com

Drama yang diadaptasi dari webtoon populer ini sukses mendapatkan mencuri perhatian penonton karena ceritanya yang sangat menarik. "My ID is Gangnam Beauty" menceritakan tentang kehidupan gadis bernama Kang Mi Rae yang jadi korban bullying sejak kecil.

Akibat rasa percaya diri yang rendah, Mi Rae pun memutuskan untuk melakukan operasi plastik sebelum masuk ke universitas. Tapi drama di kehidupannya nggak berhenti di situ.

Meski sudah cantik, Mi Rae kembali mendapatkan pandangan negatif dan nggak sedikit yang menyebutnya monster plastik.

2. Birth of Beauty (2014)

birth of beauty 2014
8tracks.com

Drama Korea terbaik yang penuh dengan pesan moral ini mengisahkan tentang Sa Geu Ran. Wanita gemuk yang menikah dengan pria tampan dan kaya raya.

Karena bentuk fisiknya, Geu Ran jadi target body shaming. Bahkan oleh suami dan keluarganya. Konflik pun semakin memanas saat suaminya ternyata selingkuh dan ingin bercerai.

Situasi itulah yang mendorong Geu Ran untuk menghilang hingga dianggap mati oleh semua orang. Tapi usut punya usut, ia punya kehidupan baru lho. Seperti apa kelanjutannya? Nonton sendiri deh daripada penasaran.

Baca juga: 5 Film Tentang Body Shaming Ini Bikin Kita Lebih Menghargai Orang Lain

3. The Miracle (2016)

the miracle 2016
narvii.com

"The Miracle" termasuk salah satu mini drama Korea terbaik yang menceritakan tentang saudara kembar bernama Kwon Shi Ah dan Kwon Si Yeon. Sayangnya, penampilan maupun kepribadian keduanya sama sekali nggak mirip

Shi Ah tumbuh sebagai gadis yang cantik dan populer di sekolahnya. Sedangkan Shi Yeon memiliki ukuran tubuh dua kali lebih besar dari saudara kembarnya.

Itulah yang membuat Shi Yeon selalu didiskriminasi dan diejek oleh teman-teman di sekolahnya.

4. Oh My Venus (2015)

oh my venus 2015
imgur.com

"Oh My Venus" mengikuti kisah Kang Jo Eun (Shin Min Ah) yang awalnya dikenal sebagai Daejeon Venus karena sangat cantik. Namun setelah menjadi pengacara, penampilannya justru berubah drastis.

Jo Eun punya masalah dengan berat badannya dan mengalami obesitas. Penampilan terbarunya ini kemudian menjadi bahan gosip diantara rekan kerjanya.

Itulah deretan drama Korea terbaik yang mengangkat isu body shaming. Selain menarik, banyak pesan moral yang bisa dipetik dari ceritanya lho.