Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah

25 September 2018, pada 08:41
0
0
Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah

Kalau ngomongin soal Pancake, duh siapa sih yang nggak suka? Rasanya yang manis dan legit dengan aneka legit es krim dan buah-buahan yang menambah nagih. Pancake memang lebih banyak ditawarkan di kafe atau restoran mewah. Tapi sekarang dah nggak perlu ke sana, jauh-jauh dan mahal-mahal deh.

Cukup aja bikin dirumah, tentu dengan bahan yang seadanya. Bahan yang nggak perlu ribet sampai beli ke Mall dengan harga yang mahal, cus deh langsung buka seluruh lemari di dapurmu. Resep camilan ini mudah untuk dipraktikkan kok:

Baca juga: Resep Bakwan Goreng yang Super Gurihnya Ingin Nambah

1. Pancake Original

Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah
realfood.tesco.com

Cobain deh bikin pancake yang dengan tekstur lembut tanpa mengembang besar. Biar makin terasa original susu murni, siapkan terlebih dahulu susu cairnya ya. Dan lagi, bahannya cuman lima macam saja.

Bahan yang diperlukan :

  • 12 sdm tepung terigu
  • 190 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam secukupnya

Cara Membuatnya :

  • Campurkan terlebih dahulu terigu, gula, dan garam dengan mencampur dalam satu wadah.
  • Lalu pecahkan telur dan aduk dengan susu cair hingga teksturnya mengental.
  • Pecahkan telur dengan memisahkan kuning dan putih telurnya.
  • Lalu kocok putih telur hingga mengembang dan tambahkan adonan tepung.
  • Ambil adonan secukupnya dan panaskan di teflon seperti menggoreng telur.
  • Jika sudah kecokelatan angkat dan tiriskan.

2. Pancake Dorayaki

Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah
ziziadventures.com

Ternyata kamu bisa membuat dorayaki dari pancake, ada resep pancake paling yang hanya terbuat dari tujuh bahan saja. Nah, jadi ingin mencobanya kan? Rasanya lembut dan seperti kue kekinian lainnya, enak dimakan kapan saja.

Bahan yang diperlukan :

  • 12 sdm tepung terigu
  • 190 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 3 sdm gula pasir
  • ¼  sdt garam secukupnya
  • 1 kotak selai kacang
  • 1 sdt sode kue

Cara membuatnya :

  • Campurkan terlebih dahulu tepung dan soda kue dalam satu mangkuk, jangan lupa ayak terlebih dahulu sebelum menyatukan.
  • Di mangkuk yang beda, kocok susu dan gula. Aduk hingga merata.
  • Masukkan juga bahan kering seperti tepung dan soda kue kedalam adonan yang sudah dikocok tadi.
  • Setelah itu, ambil satu sendok besar adonan ke dalam teflon. Lalu biarkan dulu jangan dibalik hingga mengeluarkan gelembung kecil.
  • Lalu, tiriskan ke dalam piring. Beri isian selai kacang yang manis.
  • Sekarang dorayakimu sudah siap santap.

Baca juga: 4 Resep Kue Kering Bahan Murah dan Gampang Dibuat

3. Buttermilk Pancake

Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah
recipeland.com

Pancake original yang lainnya adalah buttermilk pancake yang bisa dibuat singkat saat pagi hari. Resep yang satu ini juga bisa bikin kenyang seharian. Pokoknya cocok untuk masakan rumahan deh.

Bahan yang diperlukan :

  • 240 g tepung terigu
  • 30 g gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • ¼ sdt garam
  • 2 butir telur
  • 450 g buttermilk

Cara membuatnya :

  • Masukkan tepung terigu, gula, baking powder, soda, dan garam dalam satu mangkuk yang berbeda sambil diayak.
  • Pada mangkuk yang lainnya, kocok buttermilk, putih telur. Diikuti dengan adonan kering seperti terpung terigu dan yang lainnya. kocok menggunakan mixer hingga mengembang.
  • Panaskan teflon dan ambil satu sendok besar adonan.
  • Bentuk lingkaran, jika sudah kecokelatan tiriskan.
  • Hidangkan dengan butter diatasnya, yang akan meleleh dengan suhu hangat pancake.

4. Pancake dengan pisang dan kacang

Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah
cbc.ca

Resep pancake dengan pisang dan kacang ini bisa banget dibuat dirumah. Apalagi kalau di restoran atau kafe menu pancake seperti ini bisa habis tiga puluh lima ribu rupiah. Dengan resep ini, kamu jadi hemat banyak lho.

Bahan yang diperlukan : 

  • 200 g tepung terigu
  • 1 sdm gula halus
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 1 buah pisang ambon
  • 400 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • 25 g margarin yang sudah di lelehkan
  • 250 g kacang yang sudah dihancurkan

Cara membuatnya :

  • Campurkan tepung terigu, gula, garam, dan baking powder dengan diayak terlebih dahulu.
  • Aduk susu, putih telur, dan margarin yang sudah di lelehkan
  • Jika sudah, campurkan semua adonan menjadi satu. Lalu, tuang dengan sendok sayur yang besar secara perlahan di atas teflon.
  • Tiriskan jika sudah bewarna kecokelatan dan isi dengan potongan pisang kupas dan kacang. Jika ingin nikmat lagi, beri olesan selai cokelat agar lebih manis.

Itulah sekian resep pancake yang bisa kamu coba buat dirumah. Biar waktu di rumah nggak cuman diisi dengan tiduran dan main telepon genggam. Apalagi kalau kamu berhasil membuatnya bisa kamu pamerkan ke teman-teman di media sosialmu. Jangan lupa juga bagikan resep lezat ini di kolom komentar ya.

0 Komentar