Qupas Healthy

Ria Irawan Sempat Dinyatakan Sembuh Sebelum Meninggal, Mengapa Kanker Bisa Kambuh Lagi?

06 January 2020, at 08:00
Ria Irawan Sempat Dinyatakan Sembuh Sebelum Meninggal, Mengapa Kanker Bisa Kambuh Lagi?

Berita duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Aktris kawakan Ria Irawan, meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo dini hari tadi (6/1/2020) setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening yang dideritanya.

Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada getah bening ini memang sudah diderita Ria sejak lama, namun perempuan dengan nama asli Chandra Ariati Dewi ini sempat dinyatakan sembuh pada awal tahun 2014 setelah menjalani berbagai pengobatan termasuk kemoterapi.

Lima tahun setelahnya, yaitu pada September 2019, Ria kembali dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya yang memburuk. Kanker kelenjar getah bening yang sempat dinyatakan sembuh ternyata kambuh lagi.

ria irawan
instagram.com/riairawan

Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Normal kah apabila sel kanker kembali aktif beberapa tahun setelah tubuh dinyatakan bersih?

Baca juga: Jangan Sampai Terlambat, Waspadai Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Sejak Dini!

Menurut Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, M.Epid, yang merupakan spesialis Hematologi Onkologi, secara umum kanker nggak bisa disembuhkan secara total.

Pengobatan seperti kemoterapi yang pernah dijalani oleh Ria Irawan hanya berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker yang ada, namun nggak bisa menghilangkan seutuhnya.

kanker bisa kambuh
bbc.com

Hal tersebut selaras dengan apa yang diungkapkan oleh Dr. dr. Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, Ketua Yayasan Kanker Indonesia. Pengobatan kanker seperti kemoterapi sulit membuat pasien sembuh 100 pesen, apalagi bagi yang sudah stadium akhir.

Kasus kanker yang kambuh beberapa tahun setelah dinyatakan sembuh bukan hanya terjadi pada Ria Irawan, namun juga pada banyak pasien lainnya. Hal tersebut berlaku untuk segala jenis kanker.

Hal tersebut dipengaruhi oleh karakteristik kanker yang terdiri dari banyak sel dan apabila sudah besar sulit untuk dimusnahkan seluruhnya. Sel kanker kecil yang tersisa akan berkembang dan memunculkan kembali kanker beberapa tahun kemudian.

kanker ria irawan
medicalnewstoday.com

Maka dari itu, pasien kanker yang sudah dinyatakan sembuh sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali untuk mencegah dan mengantisipasi adanya sel kanker lain.

Umumnya, kanker benar-benar bisa disembuhkan apabila dapat diidentifikasi dan diobati saat masih stadium awal. Maka dari itu, sangat penting untuk menyadari apabila terjadi sesuatu yang aneh dalam tubuh.

Nah, itu dia Sobat Qupas alasan mengapa kanker bisa kambuh lagi setelah dinyatakan sembuh seperti yang dialami oleh Ria Irawan sebelum meninggal.