Rujak Es Krim Pak Nardi, Dessert Tradisional di Kota Jogja untuk Atasi Tenggorokan Kering

17 November 2019, at 09:00
0
0
Rujak Es Krim Pak Nardi, Dessert Tradisional di Kota Jogja untuk Atasi Tenggorokan Kering

Saat berlibur ke suatu daerah, kamu pasti pernah merasa teriknya sinar matahari yang menyengat kan? Kalau sudah begitu, tenggorokan rasanya kering seketika.

Di daerah Jogja, ada kuliner legendaris yang menawarkan semangkuk es krim dengan rasa spesial dan beda dari lainnya. Namanya Rujak Es Krim Pak Nardi.

Biar nggak penasaran lagi, simak deh ulasan singkat tentang pionir es krim rujak di Jogja yang satu ini!

1. Kuliner pinggir jalan favorit di Jogja

kuliner pinggir jalan di Jogja
instagram.com/hendrikpyong

Bukan berada di sebuah ruko, Rujak Es Krim Pak Nardi ada di warung yang dibentuk dari terpal warna biru sebagai atapnya. Kedai yang begitu sederhana, namun banyak dicari oleh wisatawan.

Itu karena kuliner Jogja legendaris ini, memiliki cita rasa yang khas. Sulit rasanya mencari kudapan menyegarkan yang punya rasa unik seperti rujak es krim ini.

2. Proses pembuatannya manual

proses pembuatan rujak es krim pak nardi
instagram.com/kulinermulu.id

Rujak Es Krim Pak Nardi ini ternyata adalah hasil dari coba-coba. Dimana ada rasa pedas dari rujak yang dibuat dari cacahan buah-buahan, lalu dipadukan dengan es krim vanila atau stroberi.

Cara pembuatan es krim pun masih manual lho. Bahan pembuatnya juga sederhana, seperti tepung hunkwe, gula, dan tepung maizena.

Setelah itu, di masukkan dalam tabung khusus dan diputer biar adonan menjadi mencair. Cara memutarnya pun nggak boleh sembarangan, biar tekstur es krimnya menjadi lembut.

3. Tambahan parutan buah biar lebih menyegarkan

rujak es krim pak nardi enak
instagram.com/jogjaculinary

Untuk olahan rujaknya sendiri terbuat dari cacahan bengkoang, nanas, timun, pepaya, dan kedondong.

Setelah itu disiram dengan es krim vanila dan saus jawa yang sudah dicampur dengan bawang putih sebelumnya. Oh ya, untuk saus jawa-nya kamu bisa mengambil sesuai selera lho.

Baca juga: 8 Restoran di Jogja yang Punya Dimsum Enak dan Cita Rasanya Khas, Bikin Lidah Bergoyang!

4. Harganya murah meriah banget

es krim pak nardi enak
instagram.com/streetfoodstories

Untuk menikmati kuliner tradisionalnya Jogja ini nggak perlu rogoh kocek terlalu dalam kok. Pasalnya, harga seporsi menu rujak es krim ini cuma Rp7 ribu saja.

Bayangkan dengan uang kurang dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa menikmati sepiring menu menyegarkan ini. Apalagi kamu nggak bakal menemukannya di daerah lain.

5. Lokasi Rujak Es Krim Pak Nardi

lokasi rujak es krim pak nardi
instagram.com/jogjakakilima

Lokasi rujak es krim pak Nardi berada di Jalan Harjowinatan Purwo Kinanti Pakualaman, Jogja. Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 3 sore.

Biar nggak kehabisan, ada baiknya kamu ke sana saat siang hari. Pas banget kan tuh, di saat matahari sedang bersinar terik-teriknya.

Gimana Sobat, Kamu jadi ingin mampir ke kuliner Jogja murah meriah ini nggak?

0 Comment