Rutin Makan Jamur Bisa Bikin Awet Muda, Sudah Dibuktikan oleh Penelitian Lho!

13 September 2019, at 10:00
0
0
Rutin Makan Jamur Bisa Bikin Awet Muda, Sudah Dibuktikan oleh Penelitian Lho!

Siapa sih yang nggak tahu jamur? Bahan makanan yang satu ini memang bisa dengan mudah ditemukan dan menjadi salah satu kegemaran masyarakat Indonesia.

Memiliki banyak jenis, jamur memiliki rasa yang berbeda-beda namun tetap enak dan mudah diolah menjadi berbagai masakan.

Apabila kamu merupakan pecinta bahan makanan tersebut, bersyukur dan berbahagialah! Pasalnya, jamur diklaim dapat meningkatkan kesehatan, membuat awet muda, dan menjadikanmu panjang umur.

manfaat jamur
columbusalive.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah orang dari Universitas Penn State menyebutkan bahwa jamur memiliki dua kandungan antioksidan yang ampuh mengatasi penuaan.

Kedua antioksidan tersebut adalah ergothioneine dan glutathione. Mengonsumsinya secara rutin akan membantu tubuh melawan penuaan dan menyehatkan secara menyeluruh.

Baca Juga: Benarkah Jamur Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes? Yuk Simak Faktanya!

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa kedua antioksidan tersebut memang terdapat pada berbagai sayur dan buah. Akan tetapi, jamurlah yang memiliki komponen tersebut dalam jumlah yang paling tinggi.

makan jamur
medicalnewstoday.com

Eits, tapi nggak semua jamur memiliki ergothioneine dan glutathione yang tinggi ya! Dari 13 jenis jamur yang diteliti, telah ditemukan bahwa varian jamur porcini dan jamur kancing putih lah yang paling efektif membuatmu awet muda.

Ergothioneine dan glutathione akan membantu mengurangi dan mencegah proses penuaan yang terjadi akibat oksidasi dan radikal bebas saat proses pengubahan makanan menjadi energi terjadi.

jamur porcini
vanityfair.it

Melihat khasiatnya yang luar biasa dalam melawan penuaan dan radikal bebas penyebab penyakit, sebaiknya kamu nggak perlu ragu menjadikan jamur sebagai salah satu menu makanan sehat andalan.

Akan tetapi meskipun demikian, Sobat Qupas tetap perlu waspada karena beberapa jenis jamur mungkin beracun dan dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara sering.

0 Comment