Saat Kekasih Melamar Namun Hati Belum Siap, Begini Cara Mengikapinya

31 March 2019, at 01:00
0
0
Saat Kekasih Melamar Namun Hati Belum Siap, Begini Cara Mengikapinya

Semua orang pasti menginginkan akhir yang bahagia seperti kisah-kisah dalam dongeng untuk cerita cintanya.

Menjalin sebuah hubungan memang tidak mudah, akan selalu ada cobaan yang hadir di dalamnya. Namun hal tersebut tidak menghalangi keinginan untuk menuju tahap yang lebih serius.

Meskipun demikian, tidak semua orang menempatkan pernikahan pada tujuan yang utama. Mungkin beberapa orang masih ingin membahagiakan orang tua atau menggapai impian yang lainnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Sering Diabaikan, 5 Persiapan Pernikahan Ini Penting untuk Dilakukan

Lalu bagaimana apabila kekasih sudah melamar namun kamu belum siap untuk menikah? Jangan bingung, lakukan ini untuk menghadapinya.

1. Ungkapkan Perasaan

ungkapkan perasaan
pexels.com/@huy-phan-316220

Dilamar oleh kekasih pasti akan memberikan kebahagiaan yang tidak ternilai. Meskipun belum siap menikah, kamu akan diselimuti oleh rasa haru karena tindakan tersebut.

Walau tergerak karena pasangan yang serius, kamu tetap tidak boleh membohongi hati. Jujurlah kepada pasangan bahwa kamu masih belum siap menuju pelaminan.

mengungkapkan perasaan
pexels.com/@freestocks

Jelaskan apa yang membuatmu belum siap, misalnya karena masih ingin membahagiakan orang tua, melanjutkan sekolah, mengejar karir, dan lain sebagainya.

Tekankan juga pada pacar bahwa ketidaksiapan tersebut bukan disebabkan oleh dirinya. Katakan padanya bahwa kamu akan menjadi yakin seiring dengan berjalannya waktu.

2. Berikan Pengertian, Bukan Penolakan

berikan pengertian
pexels.com/@mael-balland-873203

Ketika pacar melamar namun kamu belum siap menikah, rasa bimbang dan tidak enak terhadap kekasih akan menyelimutimu.

Kamu tidak boleh memendamnya sendirian karena hal tersebut justru akan membuatnya salah paham. Berdiskusilah dengan pasangan tentang apa yang kamu inginkan.

Ungkapkan pada kekasih bahwa kamu juga memiliki rencana untuk menikah dengannya. Bahwa dalam bayanganmu, ia ada di masa depan tersebut.

berikan pengertian bukan penolakan
pexels.com/@rawpixel

Diskusikan dengan pasangan tentang apa yang membuatmu belum siap. Mulai dari rencana penyelesaian pendidikan, akan bekerja sampai kapan, dan kapan target pernikahan.

Intinya, tegaskan padanya bahwa kamu tidak menolak lamaran tersebut namun meminta waktu lebih untuk menundanya.

Jelaskanlah dengan cara yang baik dan berhati-hati, maka pasangan akan lebih bisa mengerti. Jangan menunjukkan bahwa seolah-olah ia memaksamu.

Berikan pengertian bahwa pernikahan bukan hal remeh dan membutuhkan kesiapan serta persiapan yang matang dari dua belah pihak.

Baca Juga: Inilah yang Akan Terjadi Jika Kamu Menikah Hanya Karena Kesepian

3. Membuat Tabungan Pasangan

membuat tabungan bersama
pexels.com/@rawpixel

Pada kurun waktu penundaan tersebut, ada baiknya jika kamu dan pasangan membuat tabungan bersama sebagai persiapan pernikahan.

Hal ini akan membuatmu dan pasangan lebih yakin untuk melangkah ke pelaminan. Selain itu, membuat tabungan bersama juga akan menjadi bukti bahwa kamu juga serius.

membuat tabungan pasangan
pexels.com/@rawpixel

Dengan demikian, impian-impian yang ingin diwujudkan sebelum menikah bisa dikejar dan persiapan keuangan untuk acar tersebut pun bisa terpenuhi.

4. Memperbaiki Diri

memperbaiki diri
pexels.com/@olly

Saat rencana pernikahan sudah ada, ini saatnya kamu dan pasangan menguatkan hubungan dengan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Jika masih ada sifat-sifat yang kekanakan atau yang tidak disukai oleh pasangan, ada baiknya untuk dibicarakan bersama agar menemukan titik temu yang bagus bagi kedua belah pihak.

memperbaiki diri demi pasangan
pexels.com/@olly

Perbaikan diri perlu dilakukan agar nantinya dalam kehidupan rumah tangga kamu dan pasangan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selain itu, hal tersebut juga akan membuat komitmen yang dijalani menjadi lebih kuat dan hubungan bisa langgeng serta minim masalah.

Baca Juga: 10 Tanda yang Akan Diberikan Pasangan Jika Sudah Siap Menikah

Nah, itu dia Sobat Qupas hal-hal yang perlu kamu lakukan apabila pacar sudah melamar namun masih ada ketidaksiapan dalam hatimu.

Jangan memaksakan diri dan diskusikanlah hal tersebut dengan pasangan, ya. Jika kamu melakukannya dengan baik dan sabar, pacar pasti akan mengerti dan menerima hal tersebut.

0 Comment