Qupas Beauty

Sabun Cair vs Sabun Batang, Mana yang Lebih Bagus untuk Kulitmu?

25 February 2020, at 06:00
Sabun Cair vs Sabun Batang, Mana yang Lebih Bagus untuk Kulitmu?

Sabun mandi termasuk salah satu produk perawatan kulit dasar yang pasti dimiliki semua orang. Ya, seperti yang diketahui, fungsi utamanya adalah untuk merontokkan segala kotoran yang menempel di badan.

Di pasaran, ada berbagai jenis sabun mandi dengan aroma dan fungsi yang berbeda. Tapi kalau dilihat dari bentuknya, umumnya hanya ada dua, yaitu cair dan batangan.

Ternyata, banyak juga lho yang bertanya-tanya, kira-kira lebih bagus sabun batang atau cair ya? Kalau kamu juga penasaran, simak ulasan Qupas kali ini sampai habis!

Sabun Cair (Foto: instagram.com/sensatiabotanicals)
instagram.com/sensatiabotanicals

Dikutip dari detik.com, dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Atika, mengatakan bahwa sebenarnya fungsi dan kandungan yang dimiliki sabun cair dan batang itu sama. Hanya saja, kenyamanan yang ditinggalkan mungkin berbeda.

Umumnya, sabun cair akan meninggalkan kesan lebih segar sesaat setelah mandi. Itulah mengapa, produk yang satu ini biasanya lebih disukai oleh generasi muda.

Baca juga: 7 Rekomendasi Body Care untuk Mencerahkan Kulit Badan, Biar Nggak Dekil

Selain itu, kelebihan sabun cair terletak pada sisi higienisnya. Karena tekstur dan cara pakainya, produk yang satu ini jadi lebih terjaga kebersihannya.

Sabun Cair (Foto: instagram.com/sensatiabotanicals)
instagram.com/sensatiabotanicals

Berbeda dengan sabun batangan, yang terkadang dipakai bergantian oleh orang dalam satu keluarga. Cara seperti ini justru bisa menyebarkan kuman.

Terlebih lagi, bila salah satu anggota ada yang mengalami penyakit kulit tertentu, seperti panu contohnya. Sabun mandi batangan bisa jadi media penularan yang mudah.

Tapi kalau kamu lebih nyaman memakai sabun batangan, nggak masalah. Hanya saja, pastikan untuk nggak memakai produk body care yang satu ini secara bergantian dengan anggota keluargamu yang lain.

Sabun Batang (Foto: instagram.com/lux_id)
instagram.com/lux_id

Selain itu, sabun batangan juga harus dijaga kebersihannya secara ekstra. Pastikan wadah penyimpannya selalu kering dan bilas sabun setelah digunakan supaya nggak jadi sarang jamur dan kuman.

Nah yang perlu diperhatikan lagi adalah, baik sabun cair ataupun batangan, kamu harus membilasnya sampai benar-benar bersih ya. Sebab, sisa sabun yang masih menempel, bisa membentuk kerak putih di permukaan kulitmu lho.

Hal ini tentu saja bakal mengganggu penampilan. Hmm, nggak mau kan?

Lebih Bagus Sabun Batang atau Cair (Foto: instagram.com/lux_id)
instagram.com/lux_id

Kesimpulannya, sebenarnya nggak ada yang lebih bagus antara sabun batang atau cair. Keduanya sama-sama bisa membersihkan kotoran dan kuman secara efektif asalkan kamu selalu menjaga kebersihannya dan memakainya dengan benar.

Sebagai tips, ketika membeli sabun usahakan memilih body wash yang mampu melembapkan kulit. Apalagi bagi para pemilik kulit kering, usahakan untuk makai sabun yang mengandung gliserin dengan pH netral.

Sedangkan pemilik kulit sensitif, bisa menghindari sabun yang mengandung pewangi dan pilih yang berlabel hipoalergenik.