Sakit Mata Bisa Menular Melalui Pandangan, Mitos atau Fakta?

23 December 2018, pada 09:00
2
0
Sakit Mata Bisa Menular Melalui Pandangan, Mitos atau Fakta?

Kamu mungkin pernah mengalami mata merah secara hampir bersamaan dengan keluarga satu rumah, teman kantor, atau teman sekolah.

Awalnya hanya dialami oleh satu orang, beberapa hari kemudian banyak yang tertular. Fenomena ini menyebabkan banyak orang mengatakan bahwa sakit mata dapat menular melalui pandangan.

Kebanyakan orang mempercayai teori ini dan hanya sebagian kecil yang mempertanyakannya. Benarkah demikian? Apakah yang menyebabkan sakit mata jenis ini sehingga dapat ditularkan hanya dengan saling melihat? Pasti kamu juga pernah berpikir seperti itu kan?

Nah, berikut ini penjelasan tentang mata merah, penyebabnya, penularannya dan bagaimana cara untuk mencegahnya!

1. Mata Merah Menular Melalui Pandangan Hanya Mitos

pakai kacamata hitam karena mata merah
istyle.id

Penderita sakit mata biasanya sengaja menggunakan kacamata hitam sebagai upaya pencegahan agar penyakitnya tidak tertular kepada orang lain. Kalau tidak, mereka akan mengunci diri di rumah karena teman-temannya takut tertular.

Akan tetapi, hal tersebut ternyata hanya sebuah mitos belaka, lho.

menutup mata karena takut tertular sakit mata
hellosehat.com

Mata merah tidak menular melalui pandangan atau udara seperti halnya flu, batuk, atau gangguan pernapasan lainnya yang ditularkan melalui bersin.

Terdapat mekanisme penyebaran kuman dari penderita mata merah ke orang-orang disekelilingnya, meskipun tidak segamblang dan sejelas bersin pada flu.

2. Penularan Mata Merah

penularan mata merah
girlyvirly.com

Biasanya meskipun bukan melalui udara, penularan jenis sakit mata yang satu ini tidak terdeteksi. Mekanisme penularan mata merah yang disebabkan oleh konjungtivitis virus yaitu melalui berpindahnya kuman dari lendir mata penderita ke tangan orang yang sehat.

kuman mata
hellosehat.com

Apabila kuman sudah ada di tangan mata orang yang sehat dan dia menyentuh matanya tanpa mencuci tangan, maka dia akan terinfeksi juga. Penularan akan makin mudah terjadi jika imunitas orang tersebut sedang dalam keadaan lemah atau menurun.

Baca Juga: Jangan Dikucek, Inilah 8 Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh dan Aman

3. Penyebab Mata Merah

menyentuh mata dengan tangan kotor
newssummedup.com

Mata merah merupakan salah satu penyakit mata yang paling sering terjadi. Kondisi ini apabila terjadi secara mendadak biasanya konjungtivitis, atau perandangan pada selaput konjungtivita mata.

Selaput ini merupakan selaput tipis bening yang melapisi seluruh mata dan tidak terlihat dalam kondisi normal.

bahan kimia
rcchem.co.id

Namun jika terjadi iritasi mata, maka pembuluh darah akan melebar dan membuat mata terlihat merah.

Selain peradangan pada selaput konjungtivita, mata merah juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi kuman (bakteri atau virus), masuknya benda asing ke mata, alergi, dan cipratan bahan kimia.

4. Pencegahan Mata Merah

cuci tangan pakai sabun
klikdokter.com

Kamu bisa terhindar dari penularan mata merah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih.

Hal tersebut terkait dengan menghindari menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan handuk bersih, tidak bertukar handuk, alat make up mata, atau alat perawatan mata.

perawatan mata
hellosehat.com

Bagi yang sedang menderita mata merah, sebaiknya hindari menyentuh lendir di mata atau cuci tangan setelah menyentuh mata.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran kuman atau penyakit kepada orang lain.

Nah, sudah jelas kan? Jadi buat kamu yang sakit mata, tidak perlu menggunakan kacamata merah karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi penularan mata.

Sakit mata akibat konjungtivitis ringan memang dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena mata merupakan bagian tubuh yang sensitif.

0 Komentar