Salah Kaprah tentang Persepsi Penyebab Ambeien, Ternyata Ini yang Benar

17 January 2019, at 09:00
0
0
Salah Kaprah tentang Persepsi Penyebab Ambeien, Ternyata Ini yang Benar

Ambeien atau wasir merupakan kondisi pembengkakan atau peradangan di sekitar pembuluh darah vena. Pembengkakan tersebut terdiri dari dua macam, internal dan eksternal.

Bagaimana pun bentuknya, masalah kesehatan ini akan tetap membuatmu tersiksa dan merasa kesakitan. Duduk menjadi tidak nyaman, pedih, sakit, dan gatal. Kamu juga akan kesulitan saat buang air besar.

Banyak orang yang salah persepsi terhadap penyebab penyakit ini. Ternyata, ambeien disebabkan dapat disebabkan oleh hal-hal yang terbilang sepele seperti berikut.

1. Mengejan Terlalu keras

mengejan terlalu keras
shutterstock.com

Jarang diketahui, mengejan terlalu keras merupakan penyebab yang paling umum bagi penyakit ambeien. Mengejan dengan keras akan membuat anus tertekan.

Akibatnya, otot akan membengkak dan ini lah yang disebut sebagai wasir atau ambeien tersebut.

Kamu akan merasakan sakit yang terutama saat buang air besar. Jika penyakit sudah parah, maka anusmu juga bisa mengeluarkan darah.

mengejan terlalu keras menyebabkan ambeien
hellosehat.com

Sebaiknya, mulai sekarang hindari mengejan terlalu keras. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan baik bagi pencernaan.

Hal ini baik dilakukan agar buang air besar menjadi lancar dan kamu tidak perlu mendorongnya terlalu kuat agar keluar. Selain itu, usahakan juga untuk tidak menahan buang air besar.

Mengejan terlalu keras juga dapat menyebabkan hernia, anus terluka, dan lain sebagainya.

2. Mengangkat Beban Berat

mengangkat beban berat
wahyuphysio.com

Selain mengejan terlalu keras, mengangkat beban berat ternyata juga merupakan penyebab ambeien. Masalah kesehatan tersebut bisa muncul ketika kamu mengangkat beban terlalu berat selama berkali-kali.

Hal ini karena akan terjadi penumpukan tekanan pada rektum. Selanjutnya, kamu akan mengalami pembengkakan pembuluh darah karena hal tersebut berpengaruh pada aliran darah.

terlalu gemuk mengakibatkan wasir atau ambeien
wartanasional.com

Sebaiknya, kamu tidak terlalu sering melakukan aktivitas tersebut. Atau, lakukan lah olahraga fisik rutin agar otot menjadi terlatih dan tidak terlalu terbebani oleh beban.

Usahakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Terlalu gemuk juga akan meningkatkan risiko masalah kesehatan tersebut.

3. Duduk Terlalu Lama

duduk terlalu lama
ihsindy.com

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan ambeien. Pasalnya, kegiatan berdiam diri ini akan menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus akan terisi dengan banyak darah.

Pada akhirnya, aliran darah tersebut akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin besar. Seperti itu lah kemudian mundul benjolan di anus yang berupa wasir.

duduk lama menyebabkan wasir atau ambeien
sblaw.vn

Jika kamu merupakan pekerja kantoran, duduk merupakan kegiatan yang tak terelakkan. Sebaiknya kamu rutin berdiri setiap 30 menit sekali. Kamu bisa berjalan menaiki tangga, mengambil air, foto copy, dan lain sebagainya.

Usahakan juga untuk berolahraga ringan setiap ada waktu luang. Selain sehat, kegiatan tersebut juga akan membuat buang air besarmu menjadi lancar.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Muncul dari Masalah Susah BAB

4. Kehamilan

kehamilan
medicalnewstoday.com

Siapa sangka, kehamilan ternyata juga merupakan faktor penyebab masalah kesehatan ini. Hal ini karena seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka perut ibu hamil juga akan ikut berkembang.

Tekanan yang terjadi di rahim tersebut kemudian menekan pembuluh darah di usus besar. Ini lah yang menyebabkan adanya benjolan pada anus.

kehamilan meningkatkan risiko wasir atau ambeien
ccrmivf.com

Untuk mengatasi masalah kesehatan ini pada saat hamil, kamu bisa banyak minum air dan makan makanan sehat yang mengandung serat.

Selain itu, cobalah untuk melakukan senam kegel, jangan duduk terlalu lama atau gunakan alas bantal berbentuk donat, dan kompres anus menggunakan es untuk mengurangi bengkak.

5. Usia

usia
hellosehat.com

Penyebab yang satu ini memang agak sulit dihindari. Semakin bertambah usia, akan semakin banyak penyakit yang rentan menyerang, termasuk ambeien.

Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang menua membuat jaringan pembuluh darah melemah dan meregang. Di sekitar anus dan rektum, akan terjadi hal yang sama sehingga dinding anus rentan bengkak.

usia meningkatkan risiko wasir
christenprice.com

Sebaiknya rutin berolahraga ketika usia masih muda, sehingga ketika tua risiko gangguan kesehatan ini tidak terlalu besar.

Mengonsumsi makanan yang berserat dan sehat juga wajib dilakukan pada usia berapa pun.

Itu dia 5 penyebab masalah kesehatan. Meskipun terlihat sepele, namun penyakin ini sangat mengganggu. Apabila sudah terlanjur mengalaminya, sebaiknya jangan diabaikan.

Segera periksakan ke dokter apabila kamu meresa sakit dan tidak nyaman. Ambeien bisa pecah dan menyebabkan pendarahan yang serius apabila dibiarkan.

0 Comment