Salah Membersihkan Luka Bisa Berbahaya, Begini Cara yang Benar

20 January 2019, at 09:00
1
0
Salah Membersihkan Luka Bisa Berbahaya, Begini Cara yang Benar

Membersihkan luka kecil yang sering dialami sehari-hari seperti akibat tergores pisau memang bukan hal yang sulit. Cukup dengan mencucinya dengan air kemudian ditutup dengan plester pembungkus luka.

Namun, apakah cara tersebut sudah benar? Luka sekecil apa pun memerlukan penanganan yang tepat karena hal ini akan menentukan ada atau tidaknya infeksi pada cedera tersebut. Sebab, luka luar memiliki risiko terpapar bakteri dan hal tersebut akan menghambat proses penyembuhan.

Meskipun demikian, tidak banyak orang yang memberikan perhatian pada hal ini. Selain itu, masih banyak juga mitos-mitos tentang cara membersihkan luka yang beredar dan dilakukan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan luka yang tepat? Berikut penjelasannya.

1. Luka yang Tidak Boleh Dibersihkan Sendiri

luka luar
shutterstock.com

Sebelum membersihkan luka, darah harus dihentikan terlebih dahulu, baik itu pendarahan ringan maupun berat. Akan tetapi jika pendarahan yang terjadi terlalu parah dan tidak bisa berhenti, sebaiknya cari bantuan medis.

Kehilangan banyak darah bisa menyebabkan berbagai masalah dan membahayakan nyawa. Oleh sebab itu, ada luka yang sebaiknya tidak dibersihkan sendiri.

luka yang tidak boleh dibersihkan sendiri
shutterstock.com

Misalnya seperti luka dengan area yang luas dan lebar, sangat dalam, membutuhkan jahitan, atau yang terdapat kerikil atau kotoran yang sulit diambil di dalamnya.

Sebaiknya luka-luka tersebut ditangani oleh tenaga medis yang sudah ahli agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

2. Bersihkan Tangan Sebelum Membersihkan Luka

mencuci tangan
lagizi.com

Agar luka bersih secara maksimal, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Apabila tidak ada sabun, usahakan untuk menggunakan obat anti kuman atau handa sanitizer terlebih dahulu.

mencuci tangan sebelum membersihkan luka
hellosehat.com

Selain itu, membersihkan luka yang benar juga harus menggunakan pelindung seperti sarung tangan medis. Apabila tidak dalam keadaan terdesak, hindari untuk menggunakan tangan kosong tanpa alat-alat medis yang steril.

3. Gunakan Air Mengalir

menggunakan air mengalir
ulasandunia.com

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa membersihkan luka luar hanya perlu menggunakan air panas saja. Namun, hal ini justru merupakan hal yang tidak baik. Air panas akan memberikan efek buruk pada kulit.

membersihkan luka dengan air mengalir
shutterstock.com

Hasilnya, kulit justru bisa meradang dan akan memperlambat proses penyembuhan luka. Sebaiknya gunakan air yang mengalir untuk membersihkan luka. Hal ini akan membuat kotoran-kotoran keluar dan luka menjadi steril.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami, Coba Yuk!

4. Sterilkan Luka

sterilkan luka
hellosehat.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa cara mensterilkan luka paling efektif adalah dengan menggunakan alkohol atau desinfektan.

Akan tetapi, ternyata hal tersebut kurang tepat untuk dilakukan. Desinfektan merupakan sesuatu yang tidak ramah bagi kulit.

strerilkan luka dengan antiseptik
shutterstock.com

Dari pada desinfektan, lebih baik menggunakan antisepsitk untuk membersihkan luka. Meskipun memiliki fungsi yang sama dalam mensterilkan, ternyata keduanya berbeda, lho. Antiseptik lebih aman untuk jaringan dan kulit daripada desinfektan.

5. Balut Luka

balut luka
stock.adobe.com

Ada yang mengatakan bahwa membalut luka hanya akan memperburuk keadaan. Lebih baik biarkan saja luka terbuka agar lebih cepat kering. Namun, dua pernyataan tersebut ternyata tidak benar sama sekali.

Bukan hanya dikalangan masyarakat umum, mitos tersebut pun juga menyebar di kalangan tenaga medis.

balut luka sebagai akhir proses membersihkan luka
riverinahandtherapy.com.au

Padahal, sejak tahun 1962 penelitian sudah menemukan bahwa luka yang ditutup lebih mudah sembuh daripada yang tidak. Hal ini karena luka yang di plester memiliki kemungkinan lebih kecil terkena bakteri.

Bagaimana, apakah selama ini cara membersihkan luka mu sudah benar? Atau kamu masih mempercayai mitos-mitos yang beredar perihal cara membersihkan luka?

Jika terdapat luka luar yang ringan, kamu bisa menggunakan 5 cara di atas untuk membersihkannya. Apabila luka dinilai terlalu besar, sebaiknya segera ke dokter agar lukamu dapat ditangani dengan maksimal.

Ingin mendapatkan informasi kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Qupas di Google Play Store dan Apple App Store sekarang juga!

0 Comment