Salah Waktu Mandi Berisiko Kematian Loh, Yuk Simak Jam yang Tepat untuk Bersihkan Diri!

20 November 2018, at 07:00
1
0
Salah Waktu Mandi Berisiko Kematian Loh, Yuk Simak Jam yang Tepat untuk Bersihkan Diri!

Mandi adalah sebuah aktivitas membersihkan tubuh dengan cara mengguyur sekujur tubuh menggunakan air. Tujuannya adalah meluruhkan bakteri yang menempel pada tubuh sehingga terhindar dari risiko penyakit akibat bakteri tersebut.

Selain bisa membersihkan tubuh, mandi pun juga bisa memberi kesegaran. Sehingga kebanyakan orang bisa melakukan kegiatan ini berkali-kali dalam sehari hanya untuk menghilangkan gerah.

Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya mandi juga ada aturan serta jadwal yang harus dipatuhi?

Sebab ternyata ada beberapa waktu yang dilarang untuk mandi karena bisa menjadi hal buruk bagi kesehatan. Bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak.

Ya, mandi di waktu yang tidak tepat ternyata bisa memberikan efek berbahaya. Maka dari itu, simak yuk waktu mana saja yang aman untuk mandi serta yang membahayakan.

Baca juga: Kenapa Gemericik Air Hujan Bisa Menenangkan? Inilah Penjelasan Ilmiahnya

Waktu yang Berbahaya untuk Mandi

1. Setengah Jam Setelah Waktu Ashar

mandi habis ashar
hellosehat.com

Waktu Ashar di Indonesia jatuh pada sekitaran pukul 15.00 WIB. Jadi, selepas jam 3 sore, kamu tidak disarankan untuk mandi karena pada jam tersebut kondisi darah dalam tubuh sedang dalam keadaan panas. Ditakutkan tubuh menjadi kaget sehingga menimbulkan rasa letih yang terlalu besar hingga berujung kematian mendadak.

2. Setelah Waktu Magrib

mandi habis magrib
hellosehat.com

Waktu Magrib terjadi pada saat terbenamnya fajar, sekira pukul 17.30 WIB. Nah, di waktu ini organ tubuh akan melemah, khususnya jantung.

Maka dari itu, tidak dianjurkan buat kamu yang mandi setelah waktu magrib karena bisa mengalami kematian mendadak akibat jantung yang dikagetkan dengan suhu air.

3. Selepas Isya

mandi malam
pexels.com

Kalau waktu mandi yang satu ini memang sudah cukup terkenal akan risikonya. Ya, mandi di malam hari akan memberikan berbagai macam dampak negatif, seperti reumatik, sakit tulang, pembekuan darah, sampai paru-paru basah.

Jadi, jangan terlalu sering mandi selepas waktu isya ya!

Waktu Mandi yang Dianjurkan

1. Pagi Hari

mandi pagi
pexels.com

Mandi di pagi hari adalah sebuah kegiatan wajib yang harus kamu lakukan. Sebab selain bisa membuaat tubuh bersih, membersihkan di waktu ini juga bisa membuang sisa racun dari proses detoks ketika kamu tidur semalam.

Hebatnya lagi, kandungan ozon air di pagi hari cukup tinggi sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar dan awet muda.

2. Mandi Pada Waktu Ashar

mandi ashar
amazonaws.com

Mandi setelah waktu ashar memang berbahaya/ Tapi berbeda halnya ketika kamu mandi bertepatan dengan jam ini.

Sebab waktu ashar dipercaya sebagai waktu kembalinya stamina yang telah hilang akibat aktivitas biologis sepanjang hari.

Nah, itulah waktu yang tepat untuk mandi dan ada pula jam yang berbahaya untuk membersihkan diri.

Mulai sekanrang, jangan asal mandi ya supaya tidak terjadi hal-hal yang menakutkan ya!

0 Comment