Sambut Bulan Puasa dan Libur Lebaran, 5 Wisata di Purworejo Ini Siap Bius Kaum Milenial

05 May 2019, at 19:00
0
0
Sambut Bulan Puasa dan Libur Lebaran, 5 Wisata di Purworejo Ini Siap Bius Kaum Milenial

Soal wisata, Jawa Tengah ternyata juga menyimpan pesona yang nggak kalah dari Jogja. Seperti di Purworejo yang punya segudang destinasi alam cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Seperti sederet tempat wisata di Purworejo yang belakangan ini semakin digenjot. Apalagi untuk menyambut bulan puasa dan liburan lebaran 2019.

Sobat Qupas mudik ke Purworejo? Yuk mampir ke destinasi yang terdiri dari air terjun sampai perbukitan dengan spot foto hits ini!

Baca juga: Purworejo Punya Glamping De Loano, Tempat Camping Paling Mewah!

1.  Curug Gunung Putri

wisata curug gunung putri
instagram.com/risvena.rv

Kalau boleh dibilang, Curug Gunung Putri ini adalah salah satu air terjun cantik di Indonesia. Meski letaknya jauh dari pusat Kota Purworejo dan akses ke sana cukup rumit, tapi nggak akan menyesal saat mampir ke sini.

Dari Purworejo, kamu perlu waktu sekira 90 menitan untuk bisa sampai ke lokasi curug. Bahkan jalanan berkelok akan kamu lewati. Selama perjalanan, panorama lembah, tebing sampai hamparan pohon menjulang tinggi bisa kamu saksikan.

curug gunung putri
instagram.com/aam_riyanto

Wisata air terjun ini tingginya sekitar 70 meter. Bukan cuma aliran airnya yang unik, perpaduan antara pemandangan bukit dan hutan pinus di sekitarnya kian menyita perhatian.

Belum lagi soal legenda yang beredar di kalangan warga setempat yang menyebut bahwa kawasan wisata ini adalah tempat persembunyian Pangeran Diponegoro di era perjuangan bangsa dalam merebut kekuasan dari pemerintah Belanda sekitar tahun 1825-1830.

Lokasi Curug Gunung Putri : Singolopo, Cepedak, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : 07.00-18.00 WIB

2. Curug Kyai Kate

curug kyai kate purworejo
instagram.com/kidungalam

Curug Kate bisa dibilang surga tersembunyi di Purworejo. Suasananya masih terbilang sepi dan untuk menuju ke sana harus melalui pemukiman warga.

Kalau dulu jalanan di sana masih berupa tanah berbatu, sempit dan banyak turunan yang curam. Bahkan kamu perlu jalan kaki selama kurang lebih 25 sampai 35 menit untuk sampai ke lokasi air terjun di Jawa Tengah tersebut.

Tapi mungkin dengan adanya perbaikan dari pihak pemerintah setempat, akses untuk ke Curug Kyai Kate akan lebih mudah.

wisata curug kyai kate purworejo
instagram.com/kidungalam

Menurut akun Instagram @kidungalam, sebenarnya jalan tersebut bisa dilewati motor sampai bibir air terjun. Tapi kalau jenis matic, mendingan hindari deh.

Curug ini punya ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang sangat deras mengalir ke sungai. Kadang warga sekitar memanfaatkan area air terjun sebagai spot memancing juga.

Lokasi Curug Kyai Kate : Desa Gunungcondong, Bruno, Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : -

3. Curug Muncar

wisata curug muncar purworejo
instagram.com/arie.sm

Wisata di Purworejo yang masih berupa air terjun ini juga nggak kalah cantik. Dulu mungkin dikenal tempat liburannya para petualang. Tapi kalau sudah dikelola, kemungkinan besar curug di Jawa Tengah ini bisa dikunjungi oleh siapapun.

Salah satu daya tarik tarik dari wisata air terjun ini adalah ketinggiannya yang mencapai 90 meter dengan debit air sedang. Tepat di bawahnya, ada kolam alami dengan air yang jernih.

curug muncar purworejo
instagram.com/iyan_sasdianto

Untuk kamu yang bawa motor trail, kemungkinan bisa mencapai titik lokasi air terjun tanpa jalan kaki. Tapi kalau membawa roda empat, kamu masih harus memarkirkan kendaraanmu dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Gimana, tertarik untuk coba tantangan baru? Tapi mungkin dengan adanya perbaikan jelang Ramadan dan libur lebaran, akses akan semakin baik.

Lokasi Curug Muncar : Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : -

Baca juga: Air Terjun di Indonesia Ini Punya Kolam Alami Sebening Kristal, Lho!

4. Curug Kaliurip

taman wisata curug kaliurip purworejo
instagram.com/hermawan_zamil

Destinasi yang juga dikenal sebagai Taman Wisata Curug Kaliurip ini baru saja diresmikan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, tepatnya pada 16 April 2019 lalu.

Wisata air terjun di Purworejo ini punya ketinggian sekitar 30 meter dan kolam alami dengan kedalaman kurang lebih 8 meter.

taman wisata curug kaliurip
instagram.com/anggoro.stywn

Dengan adanya pembenahan, beragam fasilitas seperti gasebo pertemuan, wahana outbond, area panahan, musala, dan toilet bisa dinikmati semua pengunjung.

Daya tarik lain dari objek wisata di Purworejo ini adalah akses jalan yang cukup baik. Kamu pun akan mudah menemukannya karena lokasi air terjun cuma sekitar 3 kilometer dari pusat kecamatan.

Lokasi Curug Kaliurip : Krajan Dua, Kaliurip, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk : Belum ada alias gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : 06.00-17.00 WIB

5. Puncak Khayangan Sigendol

puncak khayangan sigendol purworejo
instagram.com/desi.nurmawati

Salah satu wisata hits di Jawa Tengah ini menawarkan spot apik yang ada di daerah perbukitan. Ada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, kamu akan disuguhi oleh pemandangan lembah, bukit, pepohonan, maupun rumah warga.

Selain itu, di tempat ini juga disegiakan sejumlah spot foto berbentuk perahu sampai bunga matahari. Keren kan? Menariknya lagi, kamu juga bisa camping dan menemukan spot golden sunrise, lho.

Lokasinya memang sedikit jauh dari pusat Kota Purworejo, yakni sekitar 30 kilometer ke arah barat. Tapi dijamin nggak akan menyesal saat berkunjung ke sini.

wisata puncak khayangan sigendol purworejo
instagram.com/anii.sf

Apalagi kamu juga bisa mampir ke wisata di kawasan Bruno lain yang nggak kalah instagenik.

Lokasi Puncak Khayangan Sigendol : Giyombong, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : 07.00-18.00 WIB

Itulah sederet wisata Purworejo yang siap memukau para milenial. Kira-kira pas ngabuburit dan libur lebaran nanti, kamu ingin mampir ke mana dulu nih?

0 Comment