Sangat Sepele, Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Merusak Rambut

14 February 2019, at 20:00
0
0
Sangat Sepele, Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Merusak Rambut

Demi mendapatkan tampilan rambut yang sehat dan cantik, para wanita terkadang rela merogoh kantong cukup dalam untuk melakukan perawatan ke salon.

Namun sayangnya, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang jarang disadari dan bisa merusak rambut. Akhirnya perawatan salon yang dilakukan pun jadi percuma.

Nah, nggak mau kan pastinya mengalami hal ini? Untuk itu, Qupas telah merangkum kebiasaan sepele sehari-hari yang bisa merusak rambut. Seperti berikut ini!

1. Terlalu banyak memakai kondisioner

terlalu banyak memakain kondisioner membuat rambut rusak
stylecraze.com

Produk kondisioner diciptakan untuk membuat tekstur rambut lebih lembut dan berkilau sehat. Namun kamu perlu hati-hati juga dalam menggunakannya.

Mengaplikasikan kondisioner dalam jumlah banyak tak selamanya akan membuat rambut jadi lembut. Malahan bisa menyebabkan kerontokan karena kandungan sulfat di dalamnya.

Baca juga: Tak Mau Rambut Jadi Cepat Lepek? Hindari Kebiasaan Ini dari Sekarang

Untuk itu, cukup gunakan kondisioner sebanyak dua kali dalam seminggu saja. Dan balurkan dari tengah hingga ujung rambut.

Sebab, menggunakan kondisioner dari kulit kepala justru jadi penyebab rambut lepek dan mudah berketombe.

2. Mengikat rambut dengan sangat kencang

mengikat rambut dengan kencang membuat rambut rusak
stylecraze.com

Mengikat rambut dengan gaya ponytails bisa jadi cara paling simpel untuk tampil stylish saat kamu tak punya waktu untuk merapikan rambut.

Namun, usahakan untuk tidak mengikatnya dengan terlalu kencang. Sebab, menurut seorang stylist dari Colorado, Dani Everson, hal ini bisa merusak rambut. Terutama pada garis rambut bagian depan.

3. Menggunakan alat styling saat rambut basah

menggunakan catok saat rambut basah membuat rambut rusak
stylecraze.com

Sering terburu-buru dan langsung menggunakan catok sesaat setelah keramas? Baiknya jangan lakukan kebiasaan ini lagi mulai sekarang.

Alasannya, alat styling seperti catok panas yang menghantam rambut basah bisa membuat folikel rambut terbakar.

Akibatnya, rambutmu akan jadi rapuh dan mudah patah.

4. Salah memilih tipe hair extensions

hair extension membuat rambut rusak
stylecraze.com

Prosedur hair extensions memang bisa membuat rambut tampak lebih tebal dan panjang. Penampilan juga terlihat semakin memesona.

Namun sayangnya, cara mempercantik diri yang satu ini bisa meningkatkan risiko mengalami kebotakan. Apalagi kalau kamu tak melakukan perawatan sehari-hari dengan benar dan memilih tipe hair extensions yang salah.

Untuk itu, pastikan untuk mengunjungi salon yang terpercaya dan konsultasikan terlebih dahulu tipe hair extensions yang cocok dengan kondisi rambutmu.

Baca juga: Terbukti Ampuh, 10 Shampo ini Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok

5. Menggunakan sisir yang kotor

sisir yang kotor membuat rambut rusak
tidymom.net

Digunakan setiap hari, sisir akan jadi tempat bersarangnya bakteri, penumpukan sel-sel kulit mati, residu produk perawatan rambut, dan kotoran lainnya.

Bila sisir ini jarang dibersihkan, semua kotoran tersebut tentu saja akan kembali menempel pada rambut juga kulit kepala dan bisa menimbulkan masalah seperti ketombe dan lain sebagainya.

Maka dari itu, usahakan untuk rutin mencuci sisirmu setidaknya satu minggu sekali.

6. Terlalu sering memakai dry shampoo

memakai dry shampoo membuat rambut rusak
whatwomanneeds.com

Dry shampoo juga bisa jadi trik untuk tampil cantik dalam sekejap. Tapi bila digunakan terlalu sering, efek yang dibawanya ternyata cukup mengerikan.

Seorang dermatologist dari New York, Dhaval G. Bhanusali, MD mengatakan bahwa, terlalu sering mengaplikasikan dry shampoo membuat rambut jadi mudah rontok hingga mengalami kebotakan.

Sebagai tips, agar terhindar dari risiko kebotakan baiknya gunakan dry shampoo maksimal dua kali dalam seminggu.

7. Tidur dengan rambut yang masih basah

tidur dengan rambut basah membuat rambut rusak
foxnews.com

Sebagian orang mungkin suka untuk mandi dan keramas di malam hari. Kamu juga? Tapi jangan sampai tertidur dikala rambit masih basah ya.

Sebab, gesekan antara sarung bantal dan rambut yang masih basah selama tidur akan membuat lapisan luar dari rambut jadi kasar.

Akibatnya, rambut bisa kehilangan nutrisinya dan jadi mudah rontok serta bercabang.

8. Masih menggunakan hairspray ketika tidur

tidur dengan hairspray membuat rambut rusak
glamtainment.com

Hairspray biasa digunakan dalam acara-acara tertentu untuk membuat penampakan rambut terlihat lebih rapi. Tapi, pastikan untuk membersihkannya sebelum kamu pergi tidur.

Sebab, sisa hairspray yang menempel semalaman bisa merusak rambutmu. Supaya aman, keramaslah dan gunakan kondisioner untuk mencegah berbagai masalah setelah penggunaan hairspray.

Baca juga: Pilihan Shampo Terbaik untuk Memperbaiki Rambut Rusak

Dan jangan lupa, tunggu hingga rambutmu benar-benar kering sebelum terlelap tidur.

Nah, itulah kebiasaan sepele sehari-hari yang sering dilakukan dan bisa membuat rambut jadi rusak. Gimana, kamu pernah melakukannya juga?

0 Comment