Qupas Healthy

Sarapan Telur Rebus Setiap Pagi, Rasakan Manfaat Ini!

28 January 2020, at 08:00
Sarapan Telur Rebus Setiap Pagi, Rasakan Manfaat Ini!

Sarapan merupakan kegiatan yang sangat penting karena memberikan energi untuk mendukung aktivitas sepanjang hari. Akan tetapi, beberapa orang mungkin merasa menyiapkan makanan untuk makan pagi terlalu merepotkan sehingga lebih memilih untuk melewatkannya.

Buat kamu yang sering malas sarapan, Qupas punya solusinya nih! Cobalah untuk mengonsumsi telur rebus setiap pagi. Selain praktis, enak, dan mengenyangkan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat berikut ini.

1. Sumber Protein

Telur Rebus (Foto: pexels.com/@dialnutrition)
pexels.com/@dialnutrition

Manfaat sarapan telur rebus yang pertama adalah sebagai sumber protein. Pada umumnya, laki-laki membutuhkan 56 gram sedangkan perempuan 46 gram protein setiap harinya.

Mengonsumsi satu telur rebus yang mengandung 6,29 gram protein dapat memenuhi sebanyak 11 persen kebutuhan protein laki-laki dan 14 persen untuk perempuan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Telur Rebus (Foto: pexels.com/@pixabay)
pexels.com/@pixabay

Selain menjadi sumber protein, menjadikan telur rebus sebagai menu sarapan juga ternyata efektif membantu menurunkan berat badan lho.

Mengonsumsi telur rebus di pagi hari akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil dan nafsu makan lebih terkendali.

Sebuah studi juga membuktikan bahwa orang yang sarapan telur rebus akan membakar lebih banyak sisa-sisa kalori dalam tubuh sehingga berat badan bisa lebih mudah turun.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi Telur Rebus (Foto: tiranatoday.com)
tiranatoday.com

Sarapan telur setiap pagi juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan selenium di dalamnya.

Selanium sendiri merupakan nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon tiroid. Mengonsumsi satu atau dua telur untuk sarapan akan membantumu melawan infeksi.

Baca juga: 6 Manfaat Mengonsumsi Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja Ya?

4. Melindungi Kesehatan Mata

Manfaat Sarapan Telur (Foto: pexels.com/@pixabay)
pexels.com/@pixabay

Tahu nggak sih, sarapan telur ternyata juga bisa membantu melindungi kesehatan mata lho. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kandungan leutin dan zeaxanthin di dalamnya.

Kedua antioksidan tersebut dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV, menjaga kesehatan retina, dan menurunkan risiko katarak di masa tua.

5. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat Sarapan Telur Rebus (Foto: pexels.com/@iamtrangdoan)
pexels.com/@iamtrangdoan

Nggak disangka, sarapan telur rebus ternyata juga bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara lho. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kolin yang terdapat dalam kuning telur.

Selain mengurangi risiko kanker payudara, kolin juga merupakan makronutein yang membantu fungsi jantung.

6. Meredakan Stres

Ilustrasi Stres (Foto: pexels.com/@alexander-dummer-37646)
pexels.com/@alexander-dummer-37646

Mengonsumsi telur rebus untuk sarapan juga bisa meredakan stres. Pasalnya, dalam telur terkandung 9 asam amino berbeda yang dapat meningkatkan kesehatan mental dengan mengatur pelepasan seretonin.

Kamu juga bisa merasa lebih tenang, terhindar dari kecemasan, dan mendapatkan suasana hati yang menyenangkan.

Wah, ternyata ada banyak juga ya manfaat sarapan telur rebus. Meskipun demikian, Sobat Qupas tetap harus mempertimbangkan porsi yang tepat, ya!