Sarat Pesan Mendidik, 5 Film Anak Ini Wajib Ditonton Bareng Si Kecil

14 September 2019, at 20:00
0
0
Sarat Pesan Mendidik, 5 Film Anak Ini Wajib Ditonton Bareng Si Kecil

Nonton film bisa jadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan orang tua dan anak. Tapi kadang ada perasaan bingung untuk memilih tayangan mana yang pas ditonton si kecil. Karena selain memberi hiburan, kebanyakan orang tua berharap film anak yang ditonton sang buah hati bakal memberikan pesan moral.

Seperti beberapa film kartun anak berikut ini. Bukan cuma menampilkan gambar menggemaskan, ada pesan mendidik yang tersimpan di dalamnya. Apa saja sih judulnya? Scroll down ya!

1. Coco

coco
vanityfair.com

"Coco" termasuk film animasi terbaru. Kisahnya tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel yang sangat mencintai musik. Sayang, ia tumbuh di dalam keluarga yang benci musik dan percaya bahwa itu adalah sebuah kutukan. Miguel pun berjuang mempertahankan mimpinya sampai berpetualang ke dunia orang yang sudah mati.

Dalam film anak ini bukan cuma digambarkan sisi ceria dan lucu. Banyak juga pesan mendidik uang didapat dari "Coco", mulai dari:

  • Mengigatkan anak pada kejujuran
  • Membantu anak memahami bahwa keluarga adalah harta paling berharga
  • Mengajarkan anak untuk nggak menyerah saat meraih cita-cita

2. Zootopia

zootopia
imdb.com

"Zootopia" adalah film kartun anak yang rilis di Indonesia pada Februari 2016 lalu. Ceritanya tentang seekor kelinci bernama Judy Hoppps yang masuk akademi kepolisian di Zootopia Police Department (ZPD).

Beda dari teman-temannya yang merupakan badak hingga macan dan dinilai lebih cocok masuk akademi kepolisian, Judy justru dianggap lemah karena bertubuh mungil. Ia pun selalu diberikan tugas remeh seperti menjadi petugas parkir.

Bukan cuma lucu dan bikin gemes, Zootopia yang ditonton anak-anak ini punya pesan mendidik, yaitu berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh. Selain itu, makna lainnya adalah nggak menganggap remeh orang lain dan senantiasa percaya pada kemampuan sendiri.

3. The Good Dinosaur

the good dinosaur
dinopedia.fandom.com

Film anak bertajuk "The Good Dinosaur" sudah rilis pada November 2015 lalu. Kisahnya tentang persahabatan antara anak kecil dengan dinosaurus jenis Apatosaurus bernama Arlo. Arlo harus menempuh perjalanan panjang dan mengharuskannya lebih berani.

Apalagi ia nggak sendiri, melainkan bersama anak manusia yang ikut membantu. Dari film animasi keren ini, ada beberapa pesan moral yang bakal didapat, seperti:

  • Belajar tentang persahabatan
  • Belajar mengelola rasa takut
  • Membuat anak belajar tentang tanggung jawab
  • Sabar dalam melakukan segala sesuatu
  • Membantu si kecil belajar tentang kebaikan

Baca juga: 8 Film Animasi Terbaik Ini Ternyata Simpan Pesan Tersembunyi, Sudah Tahu?

4. Inside Out

inside out
psmag.com

"Inside Out" (2015) bercerita tentang gadis kecil berusia 11 tahun bernama Riley yang menghadapi kegelisahan karena ia harus pindah ke San Fransisco karena ayahnya pindah kerja. Saat kepindahannya ini, Riley pun harus menyesuaikan diri dengan suasana baru, entah dari rumah, sekolah, sampai teman.

Kondisi ini yang membuat Riley merasakan beragam emosi dalam dirinya, seperti senang, sedih, marah, takut, sampai jijik menjadi satu. Menariknya, kelima peresaan ini digambarkan hidup dan punya markas yang berpusat di pikiran Riley.

Nah, dari film anak ini pula ada beberapa pesan moral yang bakal didapat, seperti:

  • Mengenalkan jenis perasaan pada anak
  • Memberi pengarahan dalam mengelola emosi pada anak
  • Belajar menyesuaikan emosi saat ingin menyampaikannya

5. Kung Fu Panda

kung fu panda
reliancehvg.co.in

Film animasi ini pertama kali rilis di Indonesia sekitar Juni 2008 lalu. Bukan cuma menggemaskan, kisahnya pun sarat akan makna. Apalagi di balik kelucuan Po, pribadinya luar biasa dan ia pun punya kekuatan yang nggak disangka.

Saat nonton film kartun ini, banyak pelajaran yang bakal didapat orang tua maupun anak. Baik itu tentang meraih mimpi dan cita-cita, maupun terkait usaha yang nggak bakal membohongi hasil.

Nah, itulah rekomendasi film anak yang bisa ditonton Papa Mama maupun si kecil. Selain ceritanya seru dan gambarnya menggemaskan, ada pesan moral di balik tontonan tersebut.

0 Comment