Sasak Panyawangan, Wisata Purwakarta yang Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Bongkok

23 November 2019, at 15:00
0
0
Sasak Panyawangan, Wisata Purwakarta yang Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Bongkok

Gunung Bongkok pasti sudah nggak asing lagi buat para traveler yang suka tantangan. Tapi gimana dengan Sasak Panyawangan? Mungkin tempat wisata di Purwakarta ini masih asing buat sebagian orang.

Nggak heran sih, apalagi destinasi ini bisa dibilang masih cukup baru. Meski begitu, Sasak Panyawangan yang menawarkan atraksi sebuah jembatan dari bambu ini cukup diminati wisatawan.

Selain menawarkan tantangan, wisata Purwakarta ini juga menyajikan pemandangan berupa gunung berbatu yang eksotis. Penasaran seperti apa penampakannya? Simak deh ulasan Qupas berikut ini!

1. Jembatan bambu di Sasak Panyawangan

jembatan sasak panyawangan
instagram.com/kurdykurniawan11

Berada di antara Gunung Bongkok dan Gunung Parang, wisata Sasak Panyawangan menawarkan pemandangan yang eksotis. Karena kedua gunung di Purwakarta tersebut cenderung berbatu, jadi kamu nggak cuma akan melihat hamparan pohon dan tanaman hijau lainnya.

Menariknya lagi, ada jembatan bambu yang menyambungkan Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Jembatan ini membentang serta tampak menempel di gunung batu yang tinggi. Buat yang suka tantangan dan bukan penderita acrophobia, bisa melewati penghubung ini.

2. Pemandangan Waduk Jatiluhur dari jauh

sasak panyawangan gunung bongkok
instagram.com/rbihsan

Selain melihat gunung batu yang menjulang tinggi, Sasak Panyawangan juga menawarkan panorama Waduk Jatiluhur dari kejauhan.

Saat berkeliling di atas jembatan bambu, luasnya waduk terbesar di Indonesia tersebut terlihat dikelilingi wilayah perbukitan. Pemandangan seperti inilah yang menjadi latar favorit para pemburu foto.

3. Kolam renang dengan pemandangan gunung

kolam renang sasak panyawangan
instagram.com/windy.1110

Sasak Panyawangan bukan cuma menawarkan jembatan bambu saja. Di tempat wisata Purwakarta, Jawa Barat ini, kamu juga bisa melakukan hal lain, seperti main air di kolam renangnya.

Beda dari yang mungkin biasa kamu temui di kota, kolam renang di Sasak Panyawangan juga dilengkapi dengan pemandangan gunung.

Sayangnya, kolam renang tersebut dibuat khusus untuk anak-anak. Jadi, orang dewasa cuma bisa sekadar basah-basahan atau hunting foto saja.

Baca juga: Uji Adrenalin dengan Menginap di Hotel Gantung Purwakarta, Berapa Tarif per Malamnya?

4. Alternatif wisata saat malas ke Puncak Gunung Bongkok

flying fox sasak panyawangan
instagram.com/napsiah506

Sekarang, kamu nggak harus mendaki untuk melihat keindahan Gunung Bongkok. Karena kehadiran Sasak Panyawangan bisa membuatmu seolah lebih dekat dengan ikon Purwakarta tersebut.

Bahkan pemandangan yang terlihat dari puncaknya, kini bisa kamu saksikan dari jembatan bambu yang dibuat secara swadaya oleh pemuda setempat.

Terasa kurang menantang? Di destinasi ini juga tersedia wahana menantang seperti flying fox kok. Coba deh!

5. Cara ke Sasak Panyawangan

sasak panyawangan purwakarta
instagram.com/wazza10_all

Secara administratif, Sasak Panyawangan terletak di Desa Sukamluya, Kecamatan Tegalwaru. Kalau dari Kota Purwakarta, kamu bisa mengambil arah menuju Jalan Raya Sukatani.

Selanjutnya, kamu akan sampai di Pasar Anyar Sukatani. Dari sini, ambillah jalur ke kanan hingga menemukan pertigaan antara Gunung Lembu dan Gunung Parang. Lalu lanjutkan perjalanan ke arah kiri, dan ikuti terus jalan hingga sampai ke lokasi.

sasak panyawangan
instagram.com/adnansamsuleh

Gimana, tertarik berkunjung ke Sasak Panyawangan? Mumpung tiket masuknya cuma Rp10 ribu, lho.

FYI, saat berkunjung ke objek wisata di Purwakarta ini, nggak perlu khawatir keselamatan ya! Soalnya pihak pengelola selalu melakukan pengecekan. Kalaupun nanti ada bambu yang patah atau tali pengikatnya terlepas, maka wisata Sasak Panyawangan nggak akan dibuka.

0 Comment