Sawah Kreasi, Wisata Jogja Terbaru ala Tanbo Art Jepang

29 January 2019, at 04:00
1
0
Sawah Kreasi, Wisata Jogja Terbaru ala Tanbo Art Jepang

Jogja selalu bisa membuat para traveler untuk selalu merasa rindu. Terlebih lagi karena wilayah ini kaya akan pariwisata.

Bahkan kali ini ada wisata terbaru di Jogja yang nggak kalah menarik dari destinasi liburan yang lain. Sebut saja "Sawah Kreasi".

Menghilangkan pikiran tentang area persawahan yang kotor dan kurang menarik, munculnya "Sawah Kreasi" justru semakin menarik wisatawan.

Lantas sebenarnya apa sih yang menarik dari tempat wisata di Jogja ini? Biar nggak semakin penasaran, langsung saja deh simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Apa itu Sawah Kreasi?

sawah kreasi jogja
instagram.com/sawahkreasi

Sebenarnya tempat wisata di Jogja ini sama seperti area persawahan pada umumnya. Tapi ada satu yang spesial. Apa itu?

Baca juga: Eksotisnya Wisata di Jogja Ini Sampai Bikin Malas Pulang

Yap! Di sini ada seni lukis bertemakan tokoh kartun favorit hingga hewan-hewan menggemaskan lainnya.

Begitu melihat lukisan-lukisan lucu ini, mungkin kamu akan ingat dengan Tanbo Art, seni melukis yang diciptakan masyarakat Jepang pada sebidang lahan pertanian layaknya kanvas.

wisata terbaru jogja sawah kreasi
instagram.com/sawahkreasi

Ide dari Sawah Kreasi sendiri muncul dari seorang pemuda bernama Fuad Nasir Al Falaq, lulusan Pariwisata UGM yang ingin mengembangkan desanya sebagai destinasi wisata.

Sawah Kreasi sendiri mulai diresmikan sejak tahun lalu, yakni Mei 2018. Menariknya lagi, pada musim ketiga yang dimulai pada 12 Januari 2019, para traveler disuguhkan gambar lucu bertemakan "Kung Fu Panda".

2. Daya Tarik Sawah Kreasi Jogja

panorama di sawah kreasi jogja
instagram.com/sawahkreasi

Wisata Jogja terbaru 2019 ini tentu memiliki daya tarik tersendiri. Selain dapat menikmati panorama hamparan sawah yang menghijau, para traveler pasti nggak akan tahan untuk hunting foto di sini.

Dengan background sawah serta seni lukis yang menggemaskan, pasti hasil jepretan kian menarik.

Perlu kamu ketahui juga, karya pertama dari sang pengelola adalah gambar beruang dengan tulisan 'Hello' yang telah hadir sejak Juni 2018 lalu.

daya tarik sawah kreasi jogja
instagram.com/ikhzann

Fuad melakukan uji coba pertama kalinya pada sebidang lahan milik orang tuanya. Ia menggunakan padi hijau sekaligus ungu yang berasal dari Jepang untuk proses penggarapan 'Tanbo Art'.

Untuk membuat pola, Fuad menggunakan tali yang dibentuk sesuai desain gambar di atas sawah yang sudah selesai di garap.

Proses menanamnya pun dibantu ibu-ibu yang tinggal di Desa Sumberharjo. Sampai kurun waktu dua minggu sampai satu bulan, pola gambar sudha bisa dilihat.

3. Lokasi Sawah Kreasi Jogja

lokasi sawah kreasi jogja
instagram.com/sawahkreasi

Kamu punya hobi untuk explore Jogja lebih mendalam? Maka bisa saja Sawah Kreasi jadi tujuan wisatamu.

Lokasi Sawah Kreasi sendiri ada di Bleber Lor, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Jogja. Dari pusat Kota Gudeg, waktu tempuhnya kurang lebih 40 menitan.

alamat sawah kreasi jogja
instagram.com/sawahkreasi

Sementara untuk estimasi jarak dari pusat kota ke tempat wisata Jogja ini hanya sekitar 18,5 kilometer. Nggak jauh juga dari rumah Domes Teletubbies.

Untuk rutenya, kamu bisa melalui Jalan Berbah-Prambanan. Bisa juga memilih Jalan Raya Solo-Jogja.

4. Harga Tiket Masuk Sawah Kreasi Jogja

harga tiket masuk wisata sawah kreasi jogja
instagram.com/sawahkreasi

Foto di sawah yang hijau sekaligus menikmati karya seni yang unik dan bernilai, siapa sih yang nggak mau? Apalagi kalau harga tiket masuknya murah.

Baca juga: Super Murah! Harga Tiket Masuk Wisata di Jogja Ini Anti Bikin Kantong Jebol

Seperti di Sawah Kreasi ini yang hanya mematok tiket senilai lima ribu rupiah saja. Dengan tarif tersebut, kamu tentu sudah bisa puas menikmati panorama di tempat wisata Jogja ini.

Tapi ingat! Gambar-gambar lucu tersebut hanya bisa dinikmati selama 3 sampai 3,5 bulan saja sebelum masa panen datang.

tiket masuk wisata sawah kreasi jogja
instagram.com/sawahkreasi

Kalau sudah panen, maka Sawah Kreasi akan ditutup sementara sampai gambar selanjutnya hadir kembali.

Jadi, kapan nih liburan ke wisata Jogja terbaru tersebut? Mumpung gambar-gambar lucunya masih ada, lho. Kamu juga bisa hunting foto dengan background sawah yang super eksotis. Yuk, buruan datang!

By the way, untuk kamu yang ingin tahu info tentang travel lebih banyak dan mudah, bisa langsung download aplikasi Qupas melalui Play Store dan App Store secara gratis. Asyik, kan?

0 Comment