Sebagai Pecinta Cokelat, 5 Risiko Kesehatan Ini Harus Kamu Waspadai

10 April 2019, at 00:00
0
0
Sebagai Pecinta Cokelat, 5 Risiko Kesehatan Ini Harus Kamu Waspadai

Banyak orang yang menganggap bahwa cokelat merupakan salah satu bentuk ungkapan cinta. Nggak cuma itu, makanan manis ini juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk memperbaiki suasana hati seseorang.

Tapi tahukah kamu bahwa ada risiko yang harus diwaspadai sebagai penggemar cokelat? Hal ini karena nggak semua jenis cokelat memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Cokelat hitam atau murni lah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sedangkan kebanyakan yang beredar di pasaran adalah permen cokelat atau yang sudah dicampur dengan berbagai bahan.

Baca Juga: Makan Cokelat Bisa Bantu Panjang Umur, Begini Caranya!

Sebagai pecinta cokelat, berikut ini 5 risiko kesehatan yang bisa kamu alami apabila mengonsumsinya secara berlebihan.

1. Berat Badan Meningkat

berat badan meningkat
pexels.com/@pixabay

Pernah nggak sih kamu mendengar bahwa orang yang sedang menjalankan program diet dilarang makan cokelat?

Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak dalam cokelat olahan yang tersedia di toko-toko cukup tinggi dan jika dimakan secara berlebihan bisa membuat berat badan meningkat.

Kenaikan berat badan juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

2. Gangguan Pencernaan

gangguan pencernaan
pexels.com/@rawpixel

Nggak terduga, ternyata di cokelat juga memiliki kandungan yang sama seperti kopi, yaitu kafein. Hal inilah yang membuat makanan tersebut dapat menjadi salah satu sumber gangguan pencernaan.

masalah pencernaan
gettyimages.com

Masalahnya, kafein bersifat stimulan pada usus. Jika kamu mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak, bisa saja terjadi infeksi yang menyebabkan diare.

Nggak cuma itu, cokelat yang bersifat asam juga bisa meningkatkan produksi asam lambung. Buat kamu yang punya penyakit maag, hati-hati ya!

3. Kalium yang Tinggi

kalium yang tinggi
pexels.com/@gratisography

Cokelat termasuk makanan yang memiliki kadar kalium tinggi. Meskipun baik untuk menjaga keseimbangan caitan tubuh dan mengendalikan tekanan darah, namun kalium ternyata  berbahaya bagi beberapa kondisi.

Bagi kamu pecinta cokelat yang juga merupakan penderita penyakit ginjal atau masalah kesehatan adrenal, hal ini akan semakin memperburuk keadaan.

Baca Juga: Anak Muda Juga Berisiko Terkena Batu Ginjal, Waspadai Penyebabnya

4. Kelebihan Asupan Gula

kelebihan asupan gula
pexels.com/@elli-559179

Sebagian besar produk cokelat yang beredar di pasaran memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Inilah mengapa makanan tersebut cenderung terasa manis.

Teralu banyak mengonsumsi cokelat akan membuatmu kelebihan asupan gula yang dapat memicu penyakit lain seperti masalah gigi hingga diabetes.

5. Migrain

migrain
maxliving.com

Tahukah kamu, terlalu banyak makan cokelat bisa membuatmu mengalami sakit kepala atau migrain? Kondisi ini disebabkan oleh kandungan tiramin, histamin, dan fenilalanin pada biji kakao.

Sebenarnya cokelat memang merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, asalkan bisa memilih jenis dan kandungan yang tepat. Cokelat hitam atau cokelat murni yang rendah lemak dan gula misalnya.

Bukan cuma itu, porsi juga akan menentukan bagaimana dampak cokelat bagi kesehatan. Sebaiknya konsumsi makanan tersebut secukupnya agar mendapatkan manfaatnya ya!

0 Comment