Sebelum Berburu Salju di Dieng dan Bromo, Tips-tips Berikut Ini Pantang Dilupakan

25 June 2019, at 12:00
0
0
Sebelum Berburu Salju di Dieng dan Bromo, Tips-tips Berikut Ini Pantang Dilupakan

Memasuki musim kemarau ini, suhu di dataran tinggi Dieng terus menurun secara drastis. Bayangkan saja, saat malam hari suhu di kawasan ini berkisar antara minus 2 sampai minus 5 derajat celsius.

Alhasil, muncullah bun upas atau embun beku. Hal ini juga yang membuatmu bisa menyaksikan fenomena langka ketika salju muncul di Indonesia.

dieng salju
mongabay.co.id

Selain di dataran tinggi Dieng, fenomena embun beku juga terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Karena peristiwa yang disebut frozen Bromo ini pula, ada peningkatan kunjungan wisatawan sampai 30 persen. Kebanyakan dari mereka sih penasaran dengan fenomena langka itu.

Kamu juga penasaran, kan? Mengingat kita tinggal di negara tropis yang nggak terbiasa dengan musim dingin, jangan lupakan beberapa tips berikut ini sebelum liburan ke Bromo dan Dieng yang lagi di bersalju, ya!

Baca juga: Fenomena Embun Beku di Dataran Tingginya Indonesia Ini Keren Banget!

1. Siapkan peralatan pribadi

gunung bromo
instagram.com/susifinsa

Hal utama yang pantang kamu lupakan adalah peralatan pribadi. Entah itu jaket tebal, sepatu, sarung tangan, kupluk, atau barang apapun untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, siapkan pula beberapa obat pribadi untuk jaga-jaga kalau nanti ada hal yang nggak diinginkan.

Nah, buat kamu yang punya riwayat penyakit seperti asma atau jantung, sebaiknya lupakan untuk datang ke wisata Bromo dan kawasan Dieng saat musim kemarau ini karena terlalu berisiko.

2. Titik-titik ini jadi lokasi pas untuk saksikan salju

kawasan candi arjuna dieng
instagram.com/fazizan_anwar

Dilansir dari Kompas, Sarif Hidayat selaku Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS mengatakan ada beberapa titik untuk melihat fenomena salju di Bromo, seperti Cemoro Lawang Lautan Pasir Gunung Bromo dan kawasan Bukit Penanjakan.

Baca juga: Itinerary Liburan ke Bromo-Batu-Malang, Ramah di Kantong!

Sementara itu, lokasi tepat untuk melihat fenomena bun upas di kawasan dataran tinggi Dieng ada di sekitar lapangan Candi Arjuna.

3. Waktu tepat melihat salju di Bromo dan Dieng

embun beku dieng wonosobo
instagram.com/purwadi_siswana

Sebenarnya fenomena embun beku ini sering terjadi, baik di kawasan Bromo maupun Dieng. Seperti diketahui, tahun lalu kabar tentang bun upas di Dieng sempat jadi sorotan. Kali ini pun demikian.

Seperti kata Sarif Hidayat yang mengatakan bahwa frozen Bromo mengalamai fenomena ini di saat musim kemarau. Diperkirakan bahwa embun beku ini bakal ada sepanjang bulan Juni sampai Agustus 2019. Puncaknya sendiri sekitar bulan Agustus menurut keterangan Subur Hari Handoyo, Kepala Resort Tengger Laut Pasir.

dieng plateau
instagram.com/edelweisdieng

Pun demikian dengan kawasan dataran tinggi Dieng. Kemungkinan embun beku bakal ada sampai Agustus 2019 nanti, dimana suhu udara bakal turun drastis saat memasuki puncak musim kemarau.

Kamu juga bisa menyaksikan fenomena bun upas di Dieng sebelum jam 06.00 pagi atau sebelum matahari terbit. Soalnya lebih dari waktu tersebut, suhu udara kembali normal.

Jadi gimana, sudah punya rencana liburan ke Dieng dan Bromo? Sebelum melunjur ke wisata di Jawa Tengah dan Timur itu, jangan lupakan tips-tips di atas ya!

0 Comment