Sebelum Sawahlunto, Ini 11 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia yang Penuh Pesona

10 July 2019, at 11:00
1
0
Sebelum Sawahlunto, Ini 11 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia yang Penuh Pesona

Selain tujuh keajaiban dunia, kamu pasti pernah mendengar tentang Situs Warisan Dunia yang di dikelola oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau yang lebih sering disebut dengan UNESCO.

Terdapat tiga kategori utama dari Situs Warisan Dunia UNESCO yaitu situs budaya, situs alam, dan campuran dari keduanya.

Pada Sabtu, 6 Juli 2019 kemarin UNESCO menetapkan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto di Sumatera Barat sebagai salah satu Warisan Dunia Budaya. Hal tersebut tentu saja merupakan sesuatu yang membanggakan.

Baca Juga: 5 Wisata di Kota Sawahlunto yang Kini Ditetapkan Sebagai Salah Satu Warisan Budaya UNESCO

Sebelum Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, ternyata Indonesia sudah memiliki 11 Situs Warisan Dunia UNESCO, lho. Apa saja ya?

1. Candi Borobudur

candi borobudur
instagram.com/evelynchristiann

Siapa sih yang nggak tahu tempat bersejarah yang satu ini? Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sudah ditetap menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Nggak hanya menyajikan kemegahan bangunannya yang menawan saja, objek wisata Magelang yang masih dekat dengan Jogja ini juga menyuguhkan wisata budaya, sejarah, serta keindahan alam disekitarnya. Sudah pernah ke sini belum?

Alamat Candi Borobudur: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Candi Borobudur: Rp20.000,00 untuk anak-anak dan Rp40.000,00 untuk dewasa (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

2. Candi Prambanan

candi prambanan
instagram.com/fathurohman7

Selain Candi Borobudur, UNESCO juga menetapkan Candi Prambanan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

Berbeda dari Candi Borobudur yang merupakan peninggalan agama Budha nan berdiri megah, Candi Prambanan adalah situs agama Hindu yang berbentuk tinggi ramping dengan jumlah banyak.

prambanan
instagram.com/rindaaaaaaa_

Konon katanya, objek wisata legendaris tersebut dibuat berdasarkan permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso yang ingin meminangnya.

Karena keindahannya tersebut, Candi Prambanan bahkan disebut sebagai salah satu yang terindah di Asia Tenggara lho. Rugi deh kamu kalau belum pernah ke sini padahal merupakan warga negara Indonesia!

Alamat Candi Prambanan: Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Candi Prambanan: Rp30.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

3. Museum Manusia Purba Sangiran

museum manusia purba sangiran
instagram.com/sitinurjanah1990

Selain berbentuk candi, UNESCO juga memberikan predikat Situs Warisan Dunia pada Museum Manusia Purba Sangiran yang ada di Sragen dan Karanganyar.

Objek wisata sejarah ini memiliki banyak koleksi, nggak hanya fosil manusia purba dan peralatan kehidupan di masa lalu saja. Namun juga menunjukkan perubahan lingkungan alam sampai saat ini. Kalau berkunjung, dijamin kamu akan mempelajari banyak hal deh!

Alamat Museum Manusia Purba Sangiran: Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Sragen

Jam Buka: Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket Masuk Museum Manusia Purba Sangiran: Rp5.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

4. Cultural Landscape Subak Bali

subak bali
instagram.com/pergidulu

UNESCO kembali melebeli salah satu objek wisata Indonesia sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2012. Ialah Cultural Landscape Subak Bali atau lanskap pedesaan dan sawah bertingkat di Bali.

Lebih lengkapnya, yang dimaksud dengan Cultural Landscape Subak Bali meliputi kawasan subak Pakerisan dan Catur Angga Batukaru serta dua pura utama yakni Pura Ulun Danu Batur, Pura Taman Ayun dan Danau Batur.

Alamat Cultural Landscape Subak Bali: Jalan Jatiluwih No No.Desa, Jatiluwih, Penebel, Kabupaten Tabanan

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-19.00 WITA

Tiket Masuk Cultural Landscape Subak Bali: Rp15.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

5. Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional ujung kulon
instagram.com/rian6595

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan wilayah khusus untuk habitan hewan langka yaitu badak bercula satu atau biasa disebut sebagai Badak Jawa.

Di objek wisata alam yang satu ini kamu bisa menjelajahi hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropis dan padang rumput.

Selain itu, di sini juga terdapat tiga pulau dengan pantai pasir putih yang cantik lho! Sayang banget kalau kamu nggak pernah mengunjunginya.

Alamat Taman Nasional Ujung Kulon: Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Taman Nasional Ujung Kulon: Rp5.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Baca Juga: 8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!

6. Taman Nasional Komodo

taman nasional komodo
instagram.com/sarahazka

Kalau yang satu ini, pastinya kamu sudah tahu dong! Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Di pulau-pulau tersebutlah hidup komodo, alias kadal raksasa pemakan daging yang merupakan hewan endemik Indonesia yang hampir punah.

Bukan hanya melihat komodo dari dekat, destinasi wisata ini juga akan memanjakanmu dengan keindahan alam dan bawah lautnya yang luar biasa.

Alamat Taman Nasional Komodo: Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Komodo: Rp70.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

7. Taman Nasional Sembilang

taman nasional sembilang
instagram.com/arnovpriyono

Situs Warisan Dunia yang satu ini mungkin nggak terlalu familier di telingamu. Akan tetapi, Taman Nasional Sembilang manawarkan berbagai spesies burung unik lho.

Nggak hanya itu, pesisir dan hutannya merupakan habitat bagi harimau Sumatera yang kini sudah sulit ditemui. Jika berkunjung di bulan Oktober, kamu bisa melihat kawanan burung yang bermigrasi dari Siberia.

Alamat Taman Nasional Sembilang: Jalan AMD Talang Jambe, Kec. Sukarami, Talang Jambe, Sukarami, Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Sembilang: Gratis

8. Taman Nasional Lorentz

taman nasional lorentz
instagram.com/lorentznationalpark

Berlokasi di ujung timur Indonesia, Taman Nasional Lorentz merupakan pintu gerbang menuju Puncak Cartenz atau salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia.

Puncak Cartenz adalah satu-satunya tempat di Indonesia dimana kita bisa melihat gletser atau salju. Keren sekali bukan?

Pantas saja Taman Nasional Lorentz dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya, ya? Objek wisata seluas 2,4 juta hektas ini nggak hanya membeikan lanskap pegunungan bersalju, namun juga berbagai eksotisme perairan laut, keragaman flora, fauna serta budaya yang unik.

Alamat Taman Nasional Lorentz: Taman Nasional Lorentz, Papua

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Lorentz: Gratis

9. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

taman nasional bukit barisan selatan
instagram.com/sukmo_rambu_rabbani

Pada tahun 2002 lalu, UNESCO menetapkan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai Situs Warisan Dunia. Kawasan tersebut dibuat secara khusus sebagai tempat konservasi dan perlindungan bagi badak, gajah, dan harimau Sumatera yang jumlahnya terus berkurang.

Karena keanekaragaman hayati di dalamnya, taman nasional Bukit Barisan Selatan masuk dalam Global 200 Ecoregions yang merupakan peringkat WWF untuk habitat darat, air tawar dan laut di bumi yang paling mencolok dari sudut pandang biologi.

Alamat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan: Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB

Tiket Masuk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan: Rp65.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

10. Taman Nasional Kerinci Seblat

taman nasional kerinci seblat
instagram.com/tanah_surga

Merupakan taman nasional terbesar di Sumatera, kamu bisa menemukan sebagian besar dari bukit barisan berdiri kokoh, termasuk Gunung Kerinci.

Taman Nasional Kerinci Seblat membuatmu bisa menikmati indahnya danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Selain itu, banyak sekali mata air, sungai-sungai yang beraliran deras, goa, serta air terjun yang tersebar di area taman nasional. Kamu juga bisa menemukan bunga terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi di sini lho!

Alamat Taman Nasional Kerinci Seblat: Koto Renah, Pesisir Bukit, Koto Renah, Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Jambi

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Kerinci Seblat: Gratis

11. Taman Nasional Gunung Leuser

taman nasional gunung leuser
instagram.com/martajalonn

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu wisata Aceh yang terkenal. Salah satu yang menarik perhatian wisatawan adalah Bukit Lawang yang menjadi tempat pengamatan orangutan Sumatera.

Nggak hanya orangutan, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi gajah Sumatera dan berbagai jenis ikan tawar raksasa.

Alamat Taman Nasional Gunung Leuser: Hutan, Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Leuser: Rp10.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca Juga: Museum-Museum Paling Unik dan Aneh di Indonesia, Pernah ke Sini?

Dengan bertambahnya Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, maka warisan dunia UNESCO di Indonesia menjadi genap 12.

Ternyata Indonesia memang memiliki banyak sekali keindahan ya Sobat Qupas, nggak hanya alamnya saja melainkan juga kebudayaan dan sejarahnya. Yuk bantu lestarikan!

0 Comment