Sebelum Taklukkan Gunung Raung, 5 Wisata Kalibaru Ini Pantang Kamu Lewatkan

05 September 2019, at 12:00
0
0
Sebelum Taklukkan Gunung Raung, 5 Wisata Kalibaru Ini Pantang Kamu Lewatkan

Gunung Raung merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang secara administratif terletak di tiga wilayah sekaligus yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.344 meter di atas permukaan air laut ini menjadi dambaan para pendaki karena memiliki kaldera terbesar di Indonesia.

Akan tetapi, sebelum menaklukkan Gunung Raung, ada beberapa alternatif objek wisata di Kalibaru yang bisa kamu kunjungi. Seperti berikut ini.

1. Air Terjun Tirto Kemanten

air terjun tirto kemanten
instagram.com/ramadhona15

Salah satu objek wisata Kalibaru yang nggak boleh kamu lewat adalah Air Terjun Wonorejo yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Tirto Kemanten.

Menurut warga setempat, Air Terjun Tirto Kemanten merupakan yang terakhir dari tujuh tingkat air terjun yang terletak di lereng Gunung Raung. Uniknya, surga tersembunyi yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini terbelah menjadi dual aliran karena batu besar di tengahnya.

Selain air terjun yang menawan, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan dan udara alam sekitar yang masih asri serta beberapa satwa liar seperti kera dan burung-burun cantik.

Alamat Air Terjun Tirto Kemanten: Dusun Sumber Baru, Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Air Tirto Kamanten: Rp5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Waduk Jatirono

waduk jatirono
instagram.com/hanafefriana

Terletak nggak jauh dari stasiun Kalibaru dan aksesnya yang mudah membuatmu nggak boleh melewatkan objek wisata yang satu ini. Suasana alam yang memberikan ketanangan pasti membuatmu nyaman dan betah berlama-lama di Waduk Jatirono.

Airnya yang jernih dengan pantulan dedaunan hijau pasti membuatmu ingin merasakan kesegarannya. Namun, kamu nggak bisa asal nyemplung karena Waduk Jatirono memiliki kedalaman sampai 4 meter.

Meskipun demikian, pihak pengelola telah menyediakan kolam-kolam kecil di yang aman di sisi-sisi waduk kok!

Alamat Wakduk Jatirono: Desa Kajarharjo, Jatinoro, Kalibaru, Dusun Karanganyar, Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Waduk Jatirono: Rp5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Wisata Alam Banyuanyar

wisata alam banyuanyar
instagram.com/nitaayu__

Baru dibuka pada bulan Januari 2019 kemarin, Wisata Alam Banyuanyar sudah banyak menarik perhatian wisatawan. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya kamu mampir ke objek wisata Kalibaru yang satu ini sebelum melakukan pendakian ke Gunung Raung.

Menyuguhkan telaga yang dikelilingi oleh pepohonan rindang, kamu bisa menikmati berbagai wahana mulai dari rumah pohon, flying fox, ayunan, kolam renang anak, sky bike, dan kolam dalam goa.

Kondisi alam yang masih terjaga di objek wisata tersebut membuatnya sangat cocok dikunjungi saat membutuhkan penyegaran pikiran.

Alamat Wisata Alam Banyuanyar: Dusun Curah Leduk, Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Wisata Alam Banyuanyar: Rp5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca Juga: 5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget

4. Cafe Gumitir

cafe gumitir
instagram.com/vinarahma29

Cafe Gumitir sebenarnya merupakan rest area di tepi jalan Banyuwangi-Jember yang mulai beroperasi sejak 14 Maret 2010 lalu.

Akan tetapi, selain merupakan cafe yang menyuguhkan makanan dan minuman destinasi ini juga memiliki berbagai fasilitas menyenangkan lho.

Kamu bisa beristirahat dan menikmati panorama alam perkebunan kopi dan pegunungan. Selain itu, disediakan juga tempat bermain anak-anak, wahana seru seperti flying fox dan outbound, serta spot foto instagenik berupa kursi raksasa, rumah terbali, dan lain sebagainya.

Alamat Cafe Gumitir: Jl. Raya Jember-Banyuwangi No.KM.39, Curah Damar, Sidomulyo, Kec. Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB

Tiket masuk Cafe Gumitir: Cuma bayar parkir kendaraan

5. Lori Wisata Kalibaru

lori wisata kalibaru
instagram.com/jainurrochman

Apabila ingin menikmati sensasi liburan yang berbeda, kamu sebaiknya mencoba Lori Wisata Kalibaru. Lori sendiri sebenarnya adalah kereta pengangkut tebu yang kini sudah beralih fungsi.

Lori Wisata Kalibaru akan membawamu melintasi perkebunan-perkebunan asri dengan ketinggian 4000 mdpl. Selain itu, kamu juga bisa memandangi megahnya Gunung Raung dan Gunung Gumitir di sepanjang perjalanan.

wisata lori kalibaru
instagram.com/martha_tomat_kurnia

Desain yang sangat sederhana dengan jendela terbuka memungkinkan wisatawan untuk merasakan hembusan angin segar saat menaiki wahana wisata ini.

Serunya lagi, Lori juga akan membawamu melintasi Terowongan Mrawan dengan panjang 690 meter yang sangat bersejarah dan selesai dibangun pada tahun 1910 silam.

Alamat Lori Wisata Kalibaru: Jl. Raya Kalibaru, Dusun Krajan, Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket Masuk Lori Wisata Kalibaru: Rp1,2 juta (dengan kapasitas 12 orang)

Jam Buka: Sabtu dan Minggu saja

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa objek wisata Kaliburu yang sayang kalau kamu lewatkan sebelum menakhlukkan Gunung Raung.

0 Comment