Qupas Family

Sebelum Tindik Telinga Bayi, Orang Tua Perlu Perhatikan 5 Hal Ini

19 December 2019, at 12:00
1
Sebelum Tindik Telinga Bayi, Orang Tua Perlu Perhatikan 5 Hal Ini

Melakukan tindik telinga pada bayi perempuan merupakan hal yang lumrah dan biasa dilakukan oleh para orang tua di Indonesia.

Beberapa orang tua bahkan memilih untuk melakukannya sedini mungkin. Pemasangan tindik tersebut dilakukan karena berbagai alasan termasuk yang berkaitan dengan budaya, memberikan "identitas perempuan" pada anak, atau sekadar untuk mempercantik buah hati.

Terlepas dari hal-hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebalum memasang tindik pada si kecil. Apa saja ya?

1. Usia yang Tepat

tindik bayi
jcpportraits.com

Sebenarnya, nggak ada waktu yang pasti untuk melakukan tindik telinga bayi. American Academy of Pediatric mengatakan bahwa mendindik telinga buah hati aman dilakukan kapan pun asalkan dilakukan oleh orang yang profesional dan dengan hati-hati.

Akan tetapi, sebaiknya orang tua menunggu hingga buah hati berusia 6 bulan. Pasalnya, sebelum itu sistem kekebalan tubuh si kecil belum terbentuk sempurna sehingga lebih mudah terkena infeksi.

2. Pastikan Anak Sudah Mendapatkan Imunisasi

imunisasi
medtalin.ca

Selain usia yang tepat, orang tua juga sebaiknya memastikan bahwa anak sudah mendapatkan imunisasi atau vasin difetri, tetanus, dan pertusis alias DTP.

Vaksin ini diberikan sebanyak empat kali pada anak-anak di usia 2, 4, 6, dan 15 bulan. Paling nggak, tunggu minimal 2 minggu setelah si kecil mendapatkan imunisasi tetanus pertamanya sebelum melakukan tindik telinga.

3. Tempat atau Orang yang Menindik

tindik telinga bayi
parentpundit.com

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebelum melakukan tindik telinga bayi adalah tempat atau orang yang melakukannya.

Kalau bisa, pilihlah dokter anak atau dokter kulit yang sudah profesional untuk menindik telinga si kecil ya!

Baca Juga: Nggak Boleh Sembarangan, Ini Panduan Tidur untuk Bayi Baru Lahir yang Aman

4. Perhiasan yang Akan Digunakan

tindik pada telinga bayi
babble.com

Selain orang yang melakukan tindik, orang tua juga perlu memperhatikan perhiasan atau anting yang akan dipasangkan pada bayi setelahnya.

Anting dengan bahan stainless steel adalah pilihan terbaik karena nggak mengandung nikel yang dapat menyebabkan alergi pada buah hati. Orang tua juga bisa memilih platinum, titanium, atau emas 14 karat.

Pilih anting yang bentuknya sederhana agar nggak mudah tersangkut di pakaian atau ditarik oleh si kecil ya!

5. Kenyamanan Bayi

tindik telinga pada bayi
compassionatesleepsolutions.com

Nggak bisa dipungkiri, proses tindik telinga akan menimbulkan rasa sakit dan kaget pada bayi. Maka dari itu, kenyamanan buah hati adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua.

Saat sudah memutuskan untuk menindik telinga bayi, orang tua bisa mengusahakan kenyamanan bayi dengan memilihkan baju yang juga nyaman atau mengalihkan perhatiannya dengan mainan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tindik telinga pada buah hati. Jangan asal ya!