Sebelum Vaksin Kucing, Perhatikan 6 Hal Penting ini Supaya Nggak Nyesel!

22 September 2018, at 12:00
0
0
Sebelum Vaksin Kucing, Perhatikan 6 Hal Penting ini Supaya Nggak Nyesel!

Vaksin adalah sebuah tindakan memberi produk medis melalui suntikan, oral, ataupun semprot  dengan maksud meningkatkan kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit. Ada banyak jenis vaksin, tergantung dari kebutuhan dan jenis penyakit yang akan dicegah.

Namun, tahukah kamu kalau tidak hanya manusia saja yang mebutuhkan vaksin, melainkan hewan peliharaan juga. Dalam dunia medis kedokteran hewan, vaksin itu sendiri fungsinya sama, yakni meningkatkan kekebalan tubuh agar hewan tersebut lebih kebal terhadap ancaman virus atau penyakit.

vaksin kucing
dokter-hewan.net

Nah, bicara tentang vaksin hewan, belakangan ini tengah santer pembahasan mengenai vaksin kucing oleh warganet di jagat maya. Tentunya kamu sudah tahu tentang salah satu prosedur kesehatan untuk hewan kesayanganmu itu, bukan? Yap, pembahasan tersebut mengenai pro dan kontra tentang fakta vaksin kucing yang masih simpang siur menurut mereka.

Sebab, dari beberapa kasus terjadi, tidak sedikit kucing yang justru mengalami gangguan kesehatan setelah dilakukan suntik vaksin. Bukannya lebih kebal, justru beberapa saat setelah disuntik, kucing menjadi aneh dan bertingkah tidak seperti biasanya, serta ada yang langsung sakit.

Kalau sudah begitu, siapa yang harus disalahkan? Padahal tujuan dari vaksin sendiri untuk membuat kucing itu lebih kebal terhadap penyakit.

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, apalagi pada kucing kesayanganmu. Maka sebaiknya kamu mengetahui beberapa fakta tentang vaksi kucing berikut ini.

Baca juga : Terungkap, Kenapa Golongan Darah O Rawan Kena Demam Berdarah yang Mematikan

1. Selalu Konsultasi

vaksin kucing
sofiavetclinic.bg

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berkonsultasi ke dokter, sebelum maupun sesudah dilakukan vaksin. Sebab, kamu tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Dokter hewan yang lebih paham tentang itu, jadi kamu harus konsultasi dan mengindahkan arahan dari dokter tersebut.

2. Pastikan Kondisi Kucing

vaksin kucing
animalwised.com

Selanjutnya, saat kamu ingin memberikan vaksin, pastikan bahwa kucingmu sedang dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Sebab, pemberian vaksin biasanya akan menimbulkan efek yang aneh bagi tubuh, jika kondisi sedang tidak baik justru bisa membuatnya sakit. Oleh karenanya, sebelum memberikannya, kamu harus tahu apakah kucingmu dalam keadaan sehat atau tidak.

3. Kucing Tidak Stres

kucing stres
denherdervet.com

Selain memerhatikan kondisi kesehatan kucing, kamu juga perlu memastikan bahwa kucingmu sedang tidak stres. Sebab, ada risiko sendiri yang akan dialami oleh kucing ketika dia diberi vaksin. Namun, risiko itu bisa ditanggulangi saat kondisinya sehat. Begitu pula sebaliknya, hal itu akan memburuk saat kucing tidak siap, alias dalam keadaan sakit ataupun stres.

4. Usia Kucing

vaksin kucing
kucing.org

Selanjutnya, kamu harus paham betul usia berapa seharusnya kucing diberi vaksin. Sebab, banyak terjadi, kucing yang masih di bawah umur sudah diberi vaksin. Akibatnya, tubuh kucing itu tidak mampu menahan reaksi obat yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga membuat kondisinya drop seketika. Biasanya, dokter hewan menyarankan agar kucing diberi vaksin pada usia antara 6 sampai 8 minggu.

5. Perhatikan Jadwal

vaksin kucing
ocico.co

Setelah semua syarat telah dipenuhi, maka kamu bisa melakukan vaksin pada kucing kesayanganmu. Tapi ingat, harus perhatikan jadwalnya. Sebab, ada beberapa vaksin yang diberikan lebih dari satu kali dengan rentang waktu tertentu. Jika salah jadwal, maka hal itu akan sia-sia, bahkan bisa memberi efek kurang baik bagi kucing.

6. Perhatikan Tempat

vaksin kucing
sabisoftware.com

Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu abaikan adalah tempat memberikan vaksin. Menurut pakar hewan, vaksin kucing harus dilakukan pada tempat dan lingkungan yang bersih. Sebab, jika kondisi kotor atau penuh bakteri, ada kemungkinan kucing itu sedang terkena penyakit. Selain itu, tempat yang kotor juga bisa memengaruhi kualitas dari vaksin itu sendiri.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan vaksin pada kucing kesayanganmu. Jangan sampai lalai, ya!

0 Comment