Qupas Healthy

Sedang Musim, Ini Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

17 January 2020, at 08:00
Sedang Musim, Ini Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Siapa sih yang nggak kenal dengan buah rambutan? Memiliki nama latin Naphelium Lappaceum, buah yang memiliki kulit khas ini memang banyak digemari karena rasanya yang manis dan segar.

Nggak hanya menawarkan rasa, rambutan sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang masih jarang diketahui lho. Apa saja ya? Yuk cari tahu, mumpung sedang musim nih!

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat rambutan
feednutrition.com

Manfaat rambutan untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging buah rambutan mengadung serat tidak larut air yang langsung melewati sistem pencernaan dan mendorong kotoran dalam usus.

Sebagian kandungan serat lainnya termasuk serat larut air yang menjadi makanan bagi bakteri usus. Proses tersebut kemudian menghasilkan asam lemak rantai pendek yang berfungsi memperbaiki peradangan dan gejala gangguan usus.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat rambutan untuk kesehatan
depositphotos.com

Selain melancarkan pencernaan, mengonsumsi rambutan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Wah, cocok banget nih buat kamu yang sedang melakukan program diet.

Dilansir dari Healthline, daging rambutan mengandung 75 kalori dan 1,3 sampai 2 gram serat dalam setiap 100 gram-nya. Kandungan serat tinggi dan kalori rendah inilah yang bisa membantumu merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari kebiasaan makan berlebihan

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat rambutan untuk kesehatan
istockphoto.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya mendorong produksi sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi.

Baca juga: Sering Sakit? Hindari 5 Hal yang Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Ini

4. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat rambutan untuk jantung
doylestownhealth.org

Seperti yang telah di sebutkan di atas, rambutan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu mencapai 40 persen. Presentasi kurang lebih memenuhi sebanyak 66 persen kebutuhan gizi harian tubuh.

Selain menguatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C tersebut ternyata juga dapat memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

5. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

manfaat rambutan untuk ginjal
planoinformativo.com

Manfaat rambutan lainnya adalah membersihkan dan menjaga fungsi ginjal. Sebagai organ penting yang berperan sebagai tempat detoksifikasi alami tubuh, ginjal memang harus selalu dalam kondisi sehat.

Rambutan memiliki kandungan fosfor yang berfungsi untuk menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh. Mengonsumsinya akan membantu meringankan dan menjaga agar ginjal bekerja dengan baik.

6. Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil

manfaat rambutan untuk ibu hamil
parentinga.com
​​​​​​​

Tahu nggak sih, mengonsumsi rambutan juga bermanfaat untuk mengurangi morning sickness pada ibu hamil lho.

Kandungan zat besi di dalamnya dapat membantu meringankan rasa pusing, mual, letih, dan lain sebagainya yang biasa dirasakan oleh ibu pada masa-masa awal kehamilan. Nggak hanya itu, zat besi juga berfungsi untuk meningkatkan kadar hemeglobin dalam tubuh.

Jadi, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Meskipun demikian, jangan makan berlebihan ya!