Sederhana, Cara Ini Ternyata Efektif Mengusir Jerawat Hormonal yang Membandel

03 February 2019, pada 11:00
1
0
Sederhana, Cara Ini Ternyata Efektif Mengusir Jerawat Hormonal yang Membandel

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya karena faktor hormonal.

Jerawat hormonal atau acne vulgaris akan muncul ketika adanya peningkatan hormon androgen. Masalah yang satu ini biasanya jauh lebih sulit diatasi dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Eits, tapi jangan sedih dulu. Bukan berarti tipe jerawat ini tak bisa diobati. Untuk itu, Qupas akan membagikan cara sederhana yang ternyata efektif untuk mengusir jerawat hormonal. Yuk simak langsung!

1. Menggunakan tea tree oil

tea tree oil
cloudfront.net

Beberapa tahun belakangan, tea tree oil begitu happening dan banyak dimanfaatkan dalam industri kecantikan, khususnya untuk mengobati jerawat.

Minyak esensial yang dihasilkan dari pohon Melaleuca Alternifolia ini tergolong spesial, karena kandungan di dalamnya memiliki sifat menenangkan dan desinfektan unik.

Baca juga: Selain Ampuh Membasmi Jerawat, Tea Tree Oil Ternyata Punya Khasiat Ajaib Ini!

Karena itulah minyak berlebih penyebab timbulnya jerawat akan disapu bersih. Dari sebuah penelitian, ditemukan juga bahwa di dalam tea tree oil ada zat yang bersifat sama dengan benzoil peroksida.

Senyawa yang biasanya ditemukan dalam skincare dan difungsikan sebagai obat jerawat.

2. Mengonsumsi teh hijau

minum teh hijau untuk menghilangkan jerawat
aacdn.jp

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Jurnal of Investigative Dermatology, dikatakan bahwa senyawa dalam teh hijau mampu mengobati jerawat dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebabnya. Kandungan yang dimaksud adalah katekin.

Katekin bersifat anti bakteri, anti inflamasi, dan membantu mengatur keseimbangan hormon. Sehingga akan sangat ampuh untuk mengobati jerawat hormonal.

Supaya jerawat hormonal yang membandel bisa hilang, minumlah teh hijau secara rutin atau buatlah daunnya sebagai bahan masker wajah.

3. Masker wajah alami dari kayu manis

masker wajah kayu manis
parkinsonsnewstoday.com

Bukan sekedar bahan masakan, kayu manis ternyata punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang ampuh untuk mengobati jerawat. Cara memanfaatkannya, kamu bisa membuatnya menjadi masker wajah alami.

Campurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan tiga sendok makan madu. Kemudian balurkan merata ke seluruh wajah dan tunggu hingga mengering.

Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih. Kombinasi dua bahan alami ini akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sekaligus menjaga kelembaban kulit.

4. Skincare dengan kandungan AHA

skincare dengan kandungan AHA untuk jerawat
sephora.com

Untuk mengobati jerawat yang muncul karena hormon, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan asam hidroksi seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA).

AHA diketahui sebagai kelompok asam alami yang diperoleh dari tanaman. Senyawa ini terbukti mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori dan memicu timbulnya jerawat.

Baca juga: Lendir Siput dan Bahan Unik Skincare Lainnya yang Bisa Kamu Pilih untuk Mengobati Jerawat

5. Skincare dengan kandungan salicylic acid

skincare berbahan slicylic acid untuk jerawat
health.com

Selain AHA, skincare dengan kandungan salicylic acid juga dikenal efektif untuk mengusir jerawat hormonal. Bahan ini akan bekerja meluruhkan sel kulit mati ataupun kuman penyumbat pori-pori.

Disamping itu, salicylic acid juga ampuh untuk membasmi bakteri dan meredakan peradangan pada jerawat.

6. Menjaga kebersihan kulit wajah

menjaga kulit wajah bersih
wakegreatskin.com

Telah disinggung sebelumnya, jerawat hormonal biasanya sulit disembuhkan dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah, salah satu kunci agar pengobatannya jadi lebih cepat adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah.

Kamu bisa memulainya dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Terutama saat sebelum tidur untuk menuntaskan sisa makeup, minyak, dan kotoran lainnya yang bisa memperparah kondisi jerawat.

Selain itu, hindari kembiasaan menyentuh wajah. Tangan yang kotor seringkali jadi penyebab jerawat hormonal semakin parah dan tak kunjung hilang.

7. Menjaga asupan makanan

makanan manis
cathe.com

Makanan yang kita konsumsi juga sangat mempengaruhi perubahan hormon di dalam tubuh. Maka dari itu, diperlukan diet yang tepat agar jerawat tak memiliki kesempatan untuk muncul.

Dari sejumlah penelitian, makanan yang mengandung insulin tinggi seperti kudapan manis, minuman bersoda, dan junk food bisa memicu sejumlah hormon untuk memproduksi minyak berlebih. Jadi ada baiknya untuk dihindari.

8. Menghindari stres

stres memperparah jerawat
timeincuk.net

Profesor Darmatologi dari Wake Forest University School of Medicine, Dr Gil Yosipovich mengatakan bahwa, pemicu tumbuhnya jerawat bisa berasal dari stres.

Hal ini karena saat stres, produksi hormon kortisol yang memicu peradangan akan melonjak naik dan membuat jerawat bermunculan.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengusir jerawat hormonal yang sudah lama mengganggu penampilan. Sangat mudah bukan?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Komentar