Sederhana Tapi Dampaknya Luar Biasa, Ini Manfaat Bermain Bola untuk Anak Usia Dini

24 November 2019, at 00:00
0
0
Sederhana Tapi Dampaknya Luar Biasa, Ini Manfaat Bermain Bola untuk Anak Usia Dini

Bola merupakan salah satu alat yang biasanya dimainkan oleh anak-anak. Nggak hanya anak usia sekolah, anak usia dini pun bisa memainkannya lho.

Ada banyak jenis bola yang bisa digunakan, seperti bola dengan bahan karet, silikon, kain, atau yang bisa berbunyi, berisi, dan lain sebagainya.

Si kecil punya salah satunya nggak Bunda? Berbicara tentang bola, ini lho manfaatnya untuk anak usia dini yang perlu kamu ketahui!

1. Mengenal Tekstur

manfaat bola
infantino.com

Manfaat bermain bola untuk anak usia dini yang pertama adalah mengenal tekstur. Dilansir dari laman Livestrong, orang tua disarankan untuk menyediakan berbagai macam bola dengan tekstur, ukuran, bentuk, dan berat yang berbeda-beda.

Keberagaman bola tersebut secara nggak langsung akan melatih sensorik buah hati. Si kecil akan belajar tentang berat dan ringan, kasar dan halus, padat dan kosong, dan lain sebagainya.

2. Melatih Keseimbangan

keseimbangan anak
pinterest.com

Selain mengenal tekstur, mengajak anak usia dini bermain bola seperti menggulirkannya juga dapat membantu melatih keseimbangan.

Meskipun terkesan sepele bagi orang dewasa, aktivitas tersebut ternyata nggak mudah bagi bayi. Melibatkan banyak otot dan koordinasi tubuh, si kecil akan belajar tentang keseimbangan saat memainkannya.

3. Melatih Otot Tangan dan Kaki

manfaat bola untuk anak
depositphotos.com

Bermian bola juga akan membantu melatih otot tangan dan kaki anak. Kegiatan sepele seperti memencet-mencet, menendang, membawa bola, dan lain sebagainya lah yang berpengaruh dalam hal ini.

Kekuatan otot dan tangan dan kaki anak merupakan salah satu hal penting yang harus dilatih saat masa-masa awal pertumbuhan.

Baca Juga: 8 Mainan untuk Tumbuh Kembang Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

4. Mengasah Fokus dan Konsentrasi

anak bermain bola
pmshops.com

Apabila si kecil sudah bisa berdiri dan mulai berjalan, nggak ada salahnya untuk mengajarkan cara menendang bola. Nggak sekadar menyenangkan, permainan tersebut juga akan melatih fokus dan konsentrasi anak.

Bagaimana nggak, saat menendang bola si kecil harus melihat sasaran, menggerakkan anggota tubuh yang sesuai, serta mempertahankan keseimbangan secara bersamaan.

5. Melatih Keberanian

melatih keberanian
kicks-baby.blogspot.com

Jika buah hati sudah bisa berjalan, cobalah untuk mengajarkan padanya cara menggiring bola. Meskipun hal ini pada awalnya akan membuat anak takut dan ragu-ragu, namun orang tua harus tetap mendukungnya.

Secara nggak langsung, kegiatan tersebut akan membuat anak melatih keberanian lho. Jangan lupa berikan pujian apabila si kecil berhasil melakukannya ya!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat bermain bola untuk anak usia dini yang perlu kamu ketahui. Meski terkesan sederhana, namun manfaatnya luar biasa ya!

0 Comment