Segera Hentikan! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuatmu Terkena Sinusitis

24 March 2019, at 00:00
0
0
Segera Hentikan! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuatmu Terkena Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi sinus, yaitu rongga yang membentuk tengkorak dan berada di area dahi, pipi, belakang mata dan hidung.

Masalah kesehatan ini biasanya disamakan dengan flu. Meskipun sama-sama disebabkan oleh virus, nyatanya kedua penyakit ini sangat berbeda.

Penyakit sinusitis merupakan masalah kesehatan yang menyiksa dan harus mendapatkan penanganan dari dokter secara serius.

Baca Juga: Penyakit yang Siap Menyerang di Musim Hujan

Selain disebabkan oleh virus yang menyebabkan infeksi dan produksi lendir berlebihan, beberapa kebiasaan sepele ini juga bisa menjadi penyebab sinusitis.

1. Merokok dan Menghirup Asap Rokok

kebiasaan merokok penyebab sinusitis
pexels.com/@kaiquestr

Siapa yang tidak tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan? Kebiasaan buruk yang satu ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit sinusitis.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh rokok dan asapnya yang dapat membuat hidung menjadi semakin sensitif karena sistem pembersihan alami yang dimilikinya mengalami kerusakan.

menghirup asap rokok penyebab sinusitis
pexels.com/@megan-forbes-347998

Kandungan berbahaya dalam rokok dapat menyebabkan hal tersebut dan meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada rongga sinus.

Sering menghirup asap rokok atau berada pada lingkungan kendaraan bermotor tanpa adanya perlindungan apapun terhadap hidung juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit sinus.

2. Mengeluarkan Ingus Terlalu Keras

mengeluarkan ingus terlalu keras
pexels.com/@public-domain-pictures

Ketika sedang flu, hidung akan terasa penuh karena tersumbat dan penderita merasa kesulitan untuk bernapas. Hal ini tentu saja membuat segala aktivitas menjadi sulit dan tidak nyaman.

Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha keras untuk mengeluarkan ingus dari hidung, terkadang terlalu keras dan memaksakan.

Padahal, hal tersebut sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan sinusitis.

mengeluarkan ingus terlalu kencang penyebab sinusitis
autoimuncare.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. J. Owen Hendley dan pakar infeksi lainnya di University of Virginia dan University of Aarthus di Denmark, kebiasaan membuang ingus terlalu keras dapat menyebabkannya mengalir ke dalam rongga sinus.

Tekanan yang terlalu keras yang dihasilkannya pun dapat menyebabkan peningkatan tekanan pembuluh darah.

3. Berenang

berenang penyebab sinusitis
pexels.com/@kira-schwarz-616468

Siapa sangka bahwa kebiasaan sepele seperti berenang juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit sinusitis. Khususnya apabila kegiatan sehat tersebut dilakukan di kolam renang umum yang mengandung klorin.

Kondisi tersebut sebaiknya dihindari karena klorin pada air kolam dapat menjadi penyebab iritasi lapisan hidung dan mengganggu rongga sinus.

kelamaan berenang penyebab sinusitis
pexels.com/@jim-de-ramos-395808

Selain berenang dalam waktu yang cukup lama, kegiatan seperti menyelam juga dapat memiliki efek yang serupa terhadap masalah kesehatan tersebut.

Hal ini karena tekanan yang besar ketika menyelam dapat mendorong air masuk ke dalam rongga sinus dan kemudian merusak jaringan.

Baca Juga: Tanda-Tanda Alergi Dingin yang Harus Kamu Ketahui

4. Sering Berpergian dengan Pesawat

sering naik pesawat penyebab sinusitis
pexels.com/@gratisography

Menggunakan pesawat untuk berpergian memang merupakan hal yang wajar dilakukan, apalagi bagi orang-orang yang cukup beruang.

Hal ini karena transportasi umum yang satu ini dapat memangkas waktu tempuh dengan cukup efektif dan memiliki fasilitas yang lebih menarik daripada yang lainnya.

sering berpergian dengan pesawat penyebab sinusitis
pexels.com/@jule-253832

Akan tetapi, kebiasaan berpergian dengan pesawat ternyata menjadi salah satu penyebab sinusitis yang harus diwaspadai.

Tekanan udara yang berkurang selama penerbangan akan menghalangi rongga sinus dan saluran pernapasan. Selain itu, tekanan tersebut juga akan meningkat ketika proses lepas landas dan mendarat.

5. Tidak Menjaga Kesehatan Gigi

tidak menjaga kesehatan gigi
pressandjournal.co.uk

Tidak menjaga kesehatan gigi ternyata juga berpengaruh pada masalah kesehatan yang satu ini. Membiarkan gigi rusak dan berlubang dapat menjadi salah satu penyebab sinusitis.

Kondisi ini dapat terjadi karena gigi atas yang berlubang bisa jadi tembus atau bertautan dengan rongga sinus.

tidak menjaga kesehatan gigi penyebab sinusitis
thedoctorschannel.com

Oleh sebab itu, apabila terjadi infeksi pada gigi yang berlubang maka hal tersebut juga akan menjalar dan memengaruhi rongga sinus.

Selalu pastikan bahwa kamu menjaga kesehatan gigi dengan menghindari makanan manis dan rutin menggosok gigi.

Nah, itu dia 5 kebiasaan sepele penyebab sinusitis yang tidak terduga. Sobat Qupas, yuk kurangi melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas agar terhindar dari masalah kesehatan yang menyiksa ini.

0 Comment