Qupas Travel

Sehari Jadi 'Bangsawan' di Candi Umbul, Warisan Mataram Kuno di Magelang yang Memesona

10 February 2020, at 05:00
Sehari Jadi 'Bangsawan' di Candi Umbul, Warisan Mataram Kuno di Magelang yang Memesona

Candi Umbul adalah salah satu warisan masa kejayaan Mataram Kuno yang masih eksis sampai kini. Wisata Magelang ini pun bisa dibilang menjadi tempat liburan favorit warga di dalam maupun luar daerah.

Berupa pemandian air panas, konon Candi Umbul merupakan tempat berendam para putri raja pada masa lampau, lho. Beberapa ornamen khas kerajaan pun bisa kamu saksikan di sini.

Penasaran, kan? Intip deh ulasan singkat tentang tempat wisata di Magelang berikut!

1. Pemandian 'tua' di Magelang

Pemandian Candi Umbul (Foto: instagram.com/albertkend)
instagram.com/albertkend

Pemandian air panas di Magelang ini merupakan situs bersejarah yang usianya sudah ratusan tahun. Konon, Candi Umbul ini dulunya digunakan sebagai tempat mandi putri raja di masa Kerajaan Mataram Kuno yang berdiri sejak abad 8 Masehi.

Dilansir dari Tribun, katanya situs ini merupakan candi tertua di Magelang. Bahkan tempat ini diduga sudah ada sebelum adanya Candi Borobudur.

Yang lebih keren lagi, sumber di pemandian ini dikabarkan nggak pernah kering. Mau itu musim kemarau, mata air panas tetap mengalir ke kolam yang tersembunyi di tengah lembah di antara perbukitan dan lahan persawahan hijau.

2. Kolam yang sebelumnya terpendam di dalam tanah

Pemandian Air Panas Candi Umbul (Foto: instagram.com/yustinanvts_)
instagram.com/yustinanvts_

Sebelum ditemukan, kabarnya Candi Umbul terpendam di dalam tanah di lahan persawahan warga setempat. Saat banjir pun aliran Kali Elo tampak menggenang di atasnya.

Kemudian salah satu warga yang saat itu akan membuat kolam, menggali tanah. Nggak disangka, tiba-tiba ia pun menemukan bebatuan yang menyerupai struktur candi. Bahkan jumlahnya banyak dan membentuk struktur seperti kolam.

Warga tersebut pun terus menggali sampai terlihat kolam bekas tempat pemandian kuno. Di tengah-tengahnya juga tampak air panas memancar keluar dari umbul atau sumber.

3. Dua kolam di Candi Umbul Magelang

Candi Umbul Magelang (Foto: instagram.com/juniawan101)
instagram.com/juniawan101

Candi Umbul sendiri punya dua kolam. Dimana kolam besar letaknya lebih tinggi. Sedangkan yang kecil berada di sebelahnya.

Kolam pertama berukuran 12 x 8 meter dengan kedalaman mencapai 2 meter serta kedalaman air 1,25 meter. Sementara satunya lagi berukuran lebih kecil, yaitu 7 x 8 meter. Kedalaman kolamnya sekitar 1,5 meter dan kedalaman airnya cuma 1 meter.

Setiap sudut kolam ada empat batu ombak yang diduga dulu adalah tempat pondasi tiang bangunan peneduh. Sementara salah satu sisinya ada undangan dengan ukiran makara.

Baca juga: Menilik Jejak Misterius Bukit Rhema, Wisata Magelang yang Bius Turis Mancanegara

4. Konon air kolam bisa sembuhkan penyakit

Candi Umbul (Foto: instagram.com/dennyirawanphotos)
instagram.com/dennyirawanphotos

Setelah puas mengagumi bangunan serta ornamen khas masa kerajaan, coba deh berendam di kolamnya. Selain bikin rileks, konon air panasnya bisa menyembuhkan penyakit, lho.

Warga setempat percaya kalau air bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal atau penyakit lain seperti stroke, rematik, hingga darah tinggi. Katanya setelah berendam setengah jam, semua masalah kesahatan tersebut bisa sembuh.

Selain itu, fungsi air tersebut juga digunakan sebagai ritual. Konon beberapa pengunjung bakal melakukan kegiatan 'sakral' itu pada malam hari.

5. Lokasi dan tiket masuk Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul (Foto: instagram.com/muhammadsondanghidayatt)
instagram.com/muhammadsondanghidayatt

Lokasi Candi Umbul berada di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag. Wisata Magelang yang buka dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB ini bisa diakses melalui Jalan Magelang -Temanggung, kemudian melewati Pringsurat. Kamu juga bisa lewat Grabag, Magelang

Nah, soal tiket masuk, kamu cuma perlu bayar Rp6 ribu saja. Murah meriah kan?

Candi Umbul memang nggak sepopuler Candi Borobudur. Tapi tempat wisata di Magelang tersebut nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Apalagi kamu bisa menjadi 'kaum bangsawan' dalam sehari.