Seharian di Ruangan Ber-AC? Ketahui Dampaknya Bagi Tubuh dan Kesehatan

02 July 2019, at 07:00
0
0
Seharian di Ruangan Ber-AC? Ketahui Dampaknya Bagi Tubuh dan Kesehatan

Penggunaan penyejuk udara atau AC (air conditioner) sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa kalangan masyarakat, terutama yang hidup berkecukupan dan tinggal di derah panas seperti ibukota.

Selain itu, AC juga bisa dengan mudah ditemukan di tempat atau fasilitas umum seperti kantor, mall, minimarket, bus kota, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, AC merupakan salah satu perangkat yang biasa digunakan setiap harinya oleh sebagian besar orang. Lalu, apakah terpapar AC dalam jangka waktu yang lama setiap harinya memiliki dampak bagi kesehatan?

Baca Juga: Benarkah Penggunaan Teflon Berbahaya Bagi Kesehatan?

Meskipun menyejukkan dan membuat nyaman, ternyata AC dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan manusia lho.

dampak penggunaan ac
tn.com.ar

Sebuah penelitian di Louisiana Medical Center menyebutkan bahwa penyejuk udara tersebut dapat membuatmu terserang legoinairre atau infeksi saluran pernapasan akut yang berpotensi menghasilkan demam tinggi dan radang paru-paru.

Seharian berada di ruangan ber-AC dapat menghilangkan kelembaban udara yang nggak baik bagi sistem pernapasan dan bagian luar kulit. Lebih tepatnya, terlalu lama berada di ruangan ber-AC dapat menyebabkan 3 masalah kesehatan ini pada dirimu.

1. Kelelahan

kelelahan
highstreethospitality.com

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja atau setiap harinya berkecimpung di lingkungan yang ber-AC lebih rentan mengalami sakit kepala dan mudah lelah.

Hal tersebut disebabkan karena udara sejuk dan kering yang terus-menerus menerpa tubuh membuatmu memproduksi lendir iritasi membran dan mengakibatkan sesak napas.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah Bikin Minder? Obati dengan Cara Ini

2. Kulit Kering

kulit kering
manodeliar.com

Efek seharian berada di ruangan ber-AC lainnya adalah perubahan pada kulit yang cenderung menjadi lebih kering.

Biasanya dampak inilah yang paling mudah dirasakan. Kulit akan menjadi lebih kering dan rentan muncul lipatan atau kerutan. Secara nggak langsung penggunaan penyejuk udara dapat mempercepat proses penuaan tubuh, terutama pada wajah dan leher lho.

3. Toleransi Terhadap Panas Berkurang

toleransi terhadap panas berkurang
shutterstock.com

Terbiasa berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama akan membuat tubuh kesulitan menerima suhu tanpa penyejuk udara.

Tubuh akan kesulitan untuk beradaptasi dengan suhu yang panas dan hal tersebut akan membuat kamu kesulitan serta lebih banyak memproduksi keringat.

Untuk mengurangi dampak buruk penggunaan penyejuk ruangan, kamu bisa mencoba mengurangi intensitas penggunaannya dan menggunakan lotion pelembab pada tubuh ya Sobat Qupas.

0 Comment