Sejarah Panjang Astronaut Bisa Makan di Luar Angkasa, Ternyata Awalnya Nggak Gampang!

11 August 2019, at 11:00
0
1
Sejarah Panjang Astronaut Bisa Makan di Luar Angkasa, Ternyata Awalnya Nggak Gampang!

Mungkin sebagian dari sobat Qupas, sudah mengetahui tentang sosok astronaut bernama Neil Armstrong. Ya, dia adalah orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki pertama di bulan.

Tapi tahukan sobat Qupas, jika Armstrong bukan orang pertama yang makan di luar angkasa. Catatan sejarah tentang pendaratan di bulan terjadi pada 1969 lalu.

Tapi pembuatan makanan untuk para astronaut sudah ada sejak tujuh tahun sebelumnya. Hm...seperti apa saja bentuk dari makanan para astronaut ini? Simak yuk!

1. Daging dan Sayur dalam Tabung (1962)

daging dan sayur dalam tabung
airandspace.si.edu

Orang pertama yang pertama kali pergi ke luar angkasa dan menyantap makanan di sana adalah Yuri Alekseyevich Gagarin.

Ia adalah seorang astronaut asal Rusia yang saat itu merasa kurang tertarik menghabiskan menu makan daging, olahan ati sapi, dan sayur-mayur dalam sebuah tabung seperti pembungkus odol.

2. Makanan Beku dalam Sebuah Plastik (1965)

makanan beku dalam plastik
gettyimages.com/timelife

Di tahun 1965, NASA menjalankan sebuah misi bernama Gemini. Pada misi tersebut, Badan Penerbangan dan Antariksa milik Amerika Serikat ini mengembangkan bahan makanan yang dijadikan makanan beku dan disimpan dalam kantong plastik.

Diantara bahan makanan itu ada puding beras, scrambled eggs, dan kari ayam. Untuk minumannya ada kopi dan susu yang dituang dalam kantong plastik.

3. Bahan Makanan Nggak Lagi Dibungkus dalam Tabung (1969)

bahan makanan di dalam plastik

Pada Misi Pendaratan Bulan di tahun 1969, dikembangkanlah sebuah inovasi pada bahan makanan seperti daging, sayur, kentang, bacon yang sudah nggak lagi dibungkus dalam sebuah tabung.

Sederet bahan makanan itu, dibungkus dalam sebuah plastik yang dipinggir-pinggirnya ditekan tertutup agar nggak kemasukkan udara.

Baca juga: 8 Jenis Es Krim Ini Wajib Dicoba, dari yang Lucu hingga Ogah Dimakan

4. Mengembangkan Es Krim (1973)

mengembangkan es krim
commons.wikimedia.org

Kalau sobat Qupas pernah menikmati es krim dengan bentuk kotak yang padat, itu sebenarnya dimaksudkan sebagai dessert untuk para astronaut selama di luar angkasa.

Misi Apollo pada tahun 1973 adalah yang pertama kali membawa makanan beku hingga sampai di luar angkasa agar para astronaut bisa menikmatinya dalam kondisi normal.

5. Menikmati Pizza di Luar Angkasa (2001)

astronaut makan pizza
thesun.co.uk

Pada tahun 2001 lalu, Pizza Hut menjadi restoran pizza pertama di dunia yang mengirimkan pizza ke luar angkasa. Menu spesial tersebut dikirimkan untuk Yuri Usachov yang tinggal di International Space Station.

Pizza Hut bahkan rela membayar organisasi luar angkasa Rusia sebesar 1 juta dollar untuk publisitas. Waw, mengagumkan bukan?

6. Bercocok Tanam di Luar Angkasa (2019)

bercocok tanam di luar angkasa
thesun.co.uk

Lanjut pada tahun 2019, saat ini NASA sudah berhasil mengembangkan sendiri taman luar angkasa yang bisa ditumbuhi selada, stroberi, dan kentang hanya dengan ditanam dibawah lampu LED.

Tanaman itu juga nggak membutuhkan banyak air, dengan begitu para astronaut bisa menikmati sayur-sayuran segar layaknya di bumi.

Nah, itulah enam fakta perkembangan makanan para astronaut yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Mulai dari memasukkan bahan makanan ke dalam tabung hingga menanam sendiri sayur mayur di luar angkasa. Keren bukan?

1 Comment
Vania Prima
19/08 - 10:33
aku suka ini yang berbau luar angkasa