Sejuta Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Sering Diabaikan

11 March 2019, at 05:00
0
0
Sejuta Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Sering Diabaikan

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini karena sering mengonsumsinya ketika masih kecil. Buah kersen atau biasa juga disebut keres, kersem, talok, atau baleci memang sangat mudah ditemukan karena tergolong tanaman liar yang mudah bisa tumbuh dimana saja.

Buahnya yang berwarna merah ketika matang seringkali mengingatkan seseorang dengan ceri. Meskipun mirip, namun keduanya merupakan dua buah yang berbeda.

Keberadaan buah kersen sebagai peneduh jalan biasanya diabaikan. Buahnya juga seringkali dibiarkan berjatuhan dan membusuk.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga yang Kaya Antioksidan bagi Kesehatan

Hanya beberapa orang dan anak kecil yang biasanya iseng memetik dan memakan buah kersen. Padahal, baik daun maupun buah kersen ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Sumber Antibiotik dan Antiokasidan

buah kersen sumber antibiotik dan antioksidan
resepkoki.id

Para peneliti menemukan bahwa buah kersen memiliki sifat antibiotik kuat layaknya obat yang sering digunakan dalam dunia medis.

Hal tersebut karena adanya senyawa antibakteri yang kuat di dalam buah manis tersebut.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa buah kersen memiliki antioksidan yang tinggi. Kondisi tersebut dapat melindungi seseorang dari radikal bebas dan menguatkan imunitas.

2. Kaya Vitamin A

buah kersen kaya vitamin a
pexels.com/@pixabay

Siapa sangka, buah kecil yang mirip dengan ceri tersebuh kaya akan bitamin A dan betakaroten yang tinggi.

Ini membuat buah kersen menjadi asupan yang baik dan sangat dibutuhkan oleh mata untuk menjaga kesehatan retina dan daya penglihatan.

3. Mengurangi Asam Urat

buah kersen mengurangi asam urat
shutterstock.com

Mengonsumsi buah kersen dengan rutin setiap hari ternyata mampu meringankan rasa nyeri akibat asam urat, bahkan menormalkannya kembali.

Selain buah, kamu juga bisa memanfaatkan daunnya dengan cara direbus bersama air selama beberapa menit. Minum air ekstrak daun kersen akan membuat kadar asam urat normal kembali.

4. Meredakan Sakit Kepala

buah kersen meradakan sakit kepala
medicalnewstoday.com

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah. Siapa sangka, buah kersen bahkan bisa mengatasi hal tersebut.

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa buah kecil tersebut dapat merelaksasikan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir dengan normal kembali.

Baca Juga: Mengatasi Sakit Kepala dengan Ampuh Tanpa Obat

5. Baik untuk Penderita Diabetes

buah kersen baik untuk diabetes
dailypost.ng

Meskipun rasanya manis, ternyata buah kersen merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes.

Hal ini karena salah satu manfaat buah kersen adalah dapat membantu menurunkan gula darah. Mengonsumsinya dengan teratutr bahkan bisa mengurangi konsumsi obat penderita diabetes.

6. Menurunkan Tekanan Darah

buah kersen menurunkan tekanan darah
hellosehat.com

Manfaat buah kersen lainnya adalah dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Kondisi tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan kalium di dalamnya.

Karena dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah, maka buah kersen juga bisa menurunkan risiko stroke akibat hipertensi.

7. Kaya Vitamin C

buah kersen kaya vitamin c
picbon.com

Di balik rasanya yang manis, ternyata tersimpan banyak vitamin C di dalamnya. 100 gram buah kersen mengandung 150 miligram vitamin C.

Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin C dapat membantu mencegah penyakit flu, demam, bahkan memulihkan berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung.

8. Perpaduan Daun dan Buah Kersen dapat Mencegah Kanker

buah kersen mencegah kanker dan tumor
s.picmix.it

Vitamin A, C, dan betakarotem membuat kandungan antioksidan buah kersen tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga dapat menangkan radikan bebas penyabab tumor dan kanker.

Sedangkan kandungan falvonoid yang ada dalam daun kersen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsinya secara teratur akan sangat efektif sebagai pencegah dan penghambat sel kanker dalam tubuh.

Baca Juga: Bisa Mencegah Kanker, Begini Sejuta Manfaat Bawang Putih

Itu dia 8 manfaat buah kersen yang ternyata sangat baik bagi kesehatan. Mulai sekarang, jangan sepelekan buah kersen yang tumbuh liar disekitar rumahmu.

Manfaatkanlah khasiatnya yang melimpat tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh.

0 Comment