Sekian Bahan Alami untuk Memutihkan Warna Kulit yang Belang

14 December 2018, at 02:00
2
0
Sekian Bahan Alami untuk Memutihkan Warna Kulit yang Belang

Beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, dan kaki setiap hari akan berhadapan langsung dengan sinar matahari. Masalah yang bisa muncul karena hal ini adalah kulit yang belang.

Tampilan warna kulit wajah, tangan, dan kaki yang tidak merata terkadang bisa membuat rasa percaya diri kita turun. Apa kamu juga mengalaminya?

Eits, tapi jangan sedih dulu. Ternyata banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang belang lho.

Penasaran ada apa saja? Yuk langsung simak daftarnya berikut ini!

1. Bengkuang

bengkuang
berkabar.id

Khasiat bengkuang untuk memutihkan kulit secara alami sudah terkenal sejak dulu. Hal ini karena vitamin C dan B1 yang dikandungnya cukup tinggi.

Untuk memutihkan kulit belang, kamu bisa membuat masker alami dari buah ini. Caranya, haluskan bengkuang dengan cara diblender.

Ambil airnya dan diamkan semalaman agar saripatinya muncul. Nah, kamu bisa menggunakan saripati bengkuang ini sebagai masker ke kulit yang belang agar kembali cerah merata.

2. Beras

beras
medicalnewstoday.com

Tak hanya bengkuang, beras juga memiliki kandungan vitamin B1 yang baik untuk mencerahkan kulit. Itulah mengapa, bahan pangan ini juga sering digunakan untuk meracik produk kecantikan.

Supaya kulit belangmu hilang, buatlah pasta menggunakan beras yang telah ditumbuk dan aplikasikan pada bagian wajah, tangan, atau kaki yang belang. Diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan air hangat.

3. Kunyit

kunyit
medicalnewstoday.com

Meski berwarna kuning, kunyit adalah rempah yang bisa mencerahkan kulit. Ini karena kandungan kurkumin merupakan zat antioksidan yang efektif untuk mengurangi produksi melamin dan mencegah perubahan warna kulit menjadi gelap.

Cara paling mudah untuk memutihkan kulit belang menggunakan kunyit adalah dengan membuatnya jadi lulur. Kamu cukup oleskan kunyit yang telah dihaluskan ke area yang belang.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Jeruk Nipis

jeruk nipis
hellosehat.com

Air perasan jeruk nipis juga bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit yang belang. Caranya dengan mengoleskannya langsung pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari.

Fungsi pencerah ini berasal dari senyawa alami dalam jeruk nipis yang ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca juga: Spirulina dan Bahan Alami Lainnya yang Ternyata Bisa Untuk Maskeran

5. Pisang

pisang
demandstudios.com

Selain bisa digunakan sebagai masker rambut alami, vitamin, mineral, dan zat antioksidan dalam pisang juga mampu meratakan warna kulit yang belang. Caranya adalah dengan menggabungkannya bersama gula pasir dan madu untuk membuat scrub.

Oleskan scrub dari bahan-bahan tersebut secara merata pada kulit wajah, tangan, atau kaki yang belang sambil memijatnya. Setelah itu diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Mentimun

tomat
usda.gov

Kamu sering menggunakan mentimun untuk mengurangi tampilan kantung mata? Mulai sekarang, kamu sebaiknya juga manfaatkan buah ini untuk menangani warna kulit yang belang.

Campurkan mentimun yang telah dihaluskan dengan perasan lemon atau madu. Supaya hasilnya bisa lebih cepat, lakukan kompres pasta ini dua kali sehari.

7. Tomat

tomat
bonnieplants.com

Kandungan vitamin A, C, dan likopen dalam tomat memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Diantaranya adalah mampu mengurangi kemerahan, mengaburkan noda hitam, dan memperbaiki kerusakan pada kulit.

Bila pasta tomat digabungkan dengan santan, maka akan bekerja secara maksimal untuk menghapus bagian gelap pada kulit yang belang akibat efek buruk sinar matahari.

Untuk itu, campurkan tiga sendok makan sari tomat segar dengan dua sendok makan santan. Aplikasikan pasta ini ke bagian tubuh yang belang selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8. Susu

susu
rackcdn.com

Asam laktat dan senyawa lain pada susu mengandung beta hydroxyl yang bisa membuat kulit jadi lembut, kenyal, dan lebih cerah. Itulah mengapa, banyak pusat perawatan tubuh yang menawarkan fasilitas mandi susu.

Untuk memutihkan kulit belang, kamu bisa mencelupkan kapas ke susu mentah lalu mengoleskannya ke permukaan wajah, tangan, dan kaki secara merata. Diamkan selama 30 menit supaya kandungannya terserap sempurna hingga ke dalam kulit.

Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang ampuh untuk atasi warna kulit yang tidak merata. Cara memutihkan kulit belang secara alami ini patut kamu coba sebelum membeli produk perawatan tertentu.

0 Comment