Sekian Bahan Alami untuk Mengobati Alergi Kosmetik yang Mengganggu Penampilan

05 January 2019, at 11:00
1
0
Sekian Bahan Alami untuk Mengobati Alergi Kosmetik yang Mengganggu Penampilan

Sekarang ini, makeup jadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari keseharian para wanita. Namun, karena bahan yang kurang bersahabat dengan kulit, penggunaan berbagai produk kosmetik terkadang bisa menimbulkan alergi pada wajah.

Umumnya, kosmetik yang tidak cocok akan menimbulkan reaksi alergi berupa bercak merah, gatal, terasa perih, bahkan bisa mengelupas. Tentunya hal ini bisa mengganggu penampilan serta kenyamanan.

Bila alergi akibat kosmetik terlanjur menyerang, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengobatinya. Seperti berikut ini.

1. Lidah Buaya

lidah buaya
stylecraze.com

Tanaman yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengobati alergi akibat penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit.

Lidah buaya bersifat menenangkan kulit yang gatal dan meradang, sehingga akan mencegah efek iritasi di wajah agar tak menyebar lebih jauh.

2. Air Mawar

air mawar
stay-lively.com

Air mawar sering ditemukan sebagai bahan dari produk kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya bisa menutrisi dan melembabkan kulit.

Namun tak berhenti disitu saja, air mawar ternyata bersifat mendinginkan kulit dan mampu meringankan reaksi dari alergi akibat kosmetik. Kamu cukup mengoleskan ramuan remedial ini pada wajah yang mengalami iritasi.

3. Madu

madu
brambleberry.com

Bila alergi yang dialami cukup serius, madu bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasinya. Bahan alami ini bahkan telah dipilih sejak lama untuk mengobati luka bernanah.

Khasiat ajaib madu dalam mengobati berbagai masalah pada kulit ini berkat kandungan antiseptik, anti inflamasi, dan nutrisi alami di dalamnya yang sangat tinggi.

4. Minyak Zaitun

minyak zaitun
lombokita.com

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang dikenal bisa melembabkan kulit secara mendalam. Disamping itu, kandungan antibakteri yang dimilikinya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi akibat penggunaan produk kosmetik.

Minyak zaitun akan bekerja membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori sekaligus meredakan kemerahan dan peradangan karena alergi makeup.

Baca juga: Cara Mudah Tes Skincare dan Makeup untuk Mengetahui Aman atau Tidak bagi Kulit

5. Minyak Kelapa

minyak kelapa
medicalnewstoday.com

Sama halnya dengan minyak zaitun, minyak kelapa juga kaya akan nutrisi yang efektif untuk merawat kulit yang mengalami alergi kosmetik.

Cara memanfaatkannya juga sangat mudah. Langsung oleskan minyak kelapa pada area wajah yang terkena iritasi.

6. Yoghurt

yoghurt
livesimply.me

Konsumsi yoghurt akan mendatangkan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Eits, tapi siapa sangka, cairan kental berwarna putih ini bisa membantumu untuk mengatasi alergi kosmetik.

Yoghurt tawar atau plain yoghurt mampu menghentikan reaksi alergi secara perlahan dan memberikan efek dingin untuk mengurangi rasa gatal yang mengikutinya.

7. Mentimun

mentimun
netdna-ssl.com

Menggunakan irisan mentimun untuk menghilangkan kulit yang belang ataupun mata panda mungkin pernah kamu lakukan. Bila terkena alergi kosmetik, kamu juga bisa memanfaatkan buah ini untuk menyembuhkannya.

Mentimun akan memberikan sensasi dingin yang meredakan rasa gatal dan kemerahan. Selain itu, kulit yang terkena alergi juga bisa dihentikan agar tak menyebar ke area lain disekitarnya.

8. Kantung Teh

kantung teh
rossmanautomotive.com

Bahan alami yang terakhir ini juga tak kalah efektif. Menempelkan kantung teh yang telah diseduh ke area iritasi ampuh untuk menghentikan efek dari alergi kosmetik.

Bila perlu, pilihlah teh hijau agar proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat. Hal ini karena tingginya kandungan tanin yang ada di dalamnya memiliki sifat anti peradangan.

Nah, itulah sekian bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati iritasi atau alergi kosmetik yang bisa mengganggu penampilan wajah. Selamat mencoba!

0 Comment